TravelerstarsBagi Traveler yang pernah melancong ke Singapura pasti enggak asing dengan moda transportasi kereta atau MRT (Mass Rapid Transport). Pilihan penggunaan moda transportasi MRT ini bisa disebut sebagai sarana tercepat yang bisa dipakai untuk menjangkau setiap lokasi di negara kota itu. Sebab setiap stasiun didesain tak jauh dari lokasi pemukiman, perkantoran, pusat bisnis, sampai lokasi wisata.

Cara Membeli Tiket MRT Singapura

Nah, yang masih acap muncul bagi Travelers yang baru pertama melancong ke Singapura adalah berapa biaya menaiki MRT itu. Selain itu dimana lokasi untuk membeli tiket MRT?

Untuk membeli tiket MRT caranya gampang kok. Di sejumlah stasiun tersedia vending machine buat pembelian tiket sekali pakai. Caranya tinggal tekan lokasi pemberhentian yang hendak dituju maka tarif yang harus dibayar akan muncul.

Tarif MRT Singapura

Pembelian tiket hanya dengan uang tunai di vending machine. Untuk harga tiket di bawah 5 dolar Singapura, harus memakai uang pecahan 1 atau 2 dolar Singapura.

Baca Juga  Bandara Soekarno-Hatta Akan Memiliki Fasilitas Hotel Kapsul

Kalau enggak mau repot, Travelers bisa membeli kartu EZ-link pass. Ez-link itu semacam smart card kartu untuk multi pembayaran. Kalau  di Indonesia mirip kartu Flash BCA atau E-toll card.

Ez-link bisa digunakan untuk naik MRT dan naik bis umum. Cara penggunaan Ez-link card sama seperti di kereta komuter Jakarta atau busway. Yakni tinggal tap atau disentuhkan ke alatnya di gerbang masuk dan gerbang keluar. Secara otomatis dana yang ada di dalam EZ-Link langsung terpotong begitu keluar dari MRT.

Saat mengunjungi Singapura, Travelerstars.com membeli kartu EZ-Link di bandara Changi dengan harga 50 dolar Singapura. Untuk anak-anak dengan tinggi kurang dari 90 cm diberikan cuma-cuma alias gratis.

Selain di Bandara Changi untuk pembelian tiket secara ‘go show’ bisa dilakukan di lokasi seperti; stasiun Orchard, City Hall, Farrer Park, Changi, Bugis, maupun Jurong East.

Opsi lainnya bisa beli tiket secara online. Untuk membelinya,  silakan kunjungi situs seperti; www.changirecommends.com atau www.thesingaporetouristpass.com.sg.

Jalur MRT Singapore

Jalur kereta di Singapura saat ada lima jalur; North South Line, East West Line, North East Line, Circle Line, Downtown Line.

Baca Juga  Festival Layang-Layang Internasional Thailand di Hua Hin pada March 2018

Tetapi jangan lupa, meski teratur, jalur kereta di Singapura juga ada periode padat. Travelers perlu juga memperhatikan hal ini, pukul 07.00-08.00 lalu pukul 12.30-14.00, dan pukul 18.00-19.30 adalah jam-jam padat yang sekiranya bisa dihindari dengan lasan kenyamanan.

PENULIS : TRAVELERSTARS

FOTO     : TRAVELERSTARS

Keliling Singapura Naik MRT Saja, Begini Cara Belinya
Rate this post

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.