Curug Nangka – Untuk mengulas dan menikmati keindahan alam Indonesia memang tidak ada habis nya. Nah, salah satu wisata alam yang akan saya bahas kali ini ialah wisata air terjun bernama Curug Nangka.

Selain namanya yang unik, Curug Nangka juga menyimpan pesona keindahan alam yang membuat mata ini betah untuk memandangnya berlama-lama. Air terjun atau yang lebih dikenal dengan Curug Nangka ini di kelilingi hutan dengan beragam pepohonan yang rindang.

Karena letaknya yang berada di sekitaran kaki gunung salak, maka sudah  dipastikan kondisi nya masih asri dan mempunyai hawa yang sejuk. Curug Nangka bisa menjadi wisata alternatif yang murah meriah, karena tidak perlu biaya banyak untuk berwisata di tempat ini.

Sekilas Sejarah Curug Nangka

Daya tarik utama kawasan ini terletak pada keunikan curugnya yang memiliki 3 tingkat dengan ketinggian yang berbeda-beda satu sama lainnya pada kisaran 10 hingga 20 meter. Tingkatan curug ini sendiri memiliki nama unik masing-masing sesuai dengan vegetasi yang dulu sempat tumbuh di sekitarnya, yakni Curug Nangka, Curug Daun, serta Curug Kawung. Sedangkan jarak lokasi antara satu curug dengan curug lainnya, hanya sekitar 1 km.

Konon katanya, pada masa lampau di kawasan Curug Nangka ini banyak sekali pepohonan yang merupakan vegetasi pohon nangka yang tumbuh subur di sekitarnya mengelilingi kawasan air terjun, oleh sebab itu warga setempat menamakannya Curug Nangka. Namun secara perlahan pohon-pohon itu menghilang dari tempat nya dan tumbuhan khas tersebut kini sudah tidak ditemukan lagi. Meski demikian, banyak orang tetap menyebut air terjun tersebut dengan nama Curug Nangka.

Baca Juga  8 Makanan Khas China yang Paling Populer dan Ada di Indonesia

Pada Curug Nangka ini juga memiliki kesan mistis dan juga keramat, karena menurut warga sekitar di daerah tesebut pada awalnya sering kali dipergunakan oleh para pemuka dari beragam Agama untuk bermeditasi. Barulah kemudian wisatawan yang datang menggunakan area ini sebagai camping ground.

Lokasi dan Alamat Curug Nangka

Letaknya berada di kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Tepatnya di Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ketinggian Curug Nangka ini sendiri mencapai 750 mdpl yang menjadikan iklim di kawasan curug ini terasa begitu sejuk dengan suhu rata-rata berkisar pada 20-22 C.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Curug Nangka

Untuk harga tiket masuk Curug Nangka cukup terjangkau yaitu Rp 15.000 per orang. Untuk yang membawa kendaraan, maka dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 per kendaraan untuk satu kali parkir.

Karena tempat wisata ini dikelola oleh pemerintah Bogor maka fasilitasnya pun cukup lengkap. Fasilitas yang disediakan seperti pondok kerja, pos jaga, tempat parkir, gardu pandang, tempat duduk, MCK, ruang informasi, dan warung makan. Selain menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, tempat wisata di bogor ini juga sering digunakan sebagai bumi perkemahan karena tersedianya camping ground di daerah curug tersebut. Dan sering juga digunakan untuk kegiatan hiking.

Tips Berkunjung

Untuk kalian yang ingin berkunjung ke Curug Nangka, ada baiknya kalian menyimak sedikit tips ini agar perjalanan kalian dapat berjalan mulus tanpa hambatan. Berikut beberapa hal yang perlu kalian perhatikan diantaranya seperti:

  1. Pastikan kondisi tubuh sedang fit

Karena di sini kalian akan sibuk bermain air, salah-salah bila kondisi badan kalian sedang tidak fit, bukan tidak mungkin sepulang dari sini kalian akan langsung masuk angin atau flu.

  1. Membawa pakaian ganti

Agar kalian bisa menikmati kesegaran air Curug Nangka ini, siapkan satu stel baju ganti agar kalian lebih leluasa untuk berenang maupun basah-basahan di tempat ini.

  1. Perhatikan kondisi cuaca

Salah satu yang menjadi faktor yang sering kali membuat liburan banyak orang menjadi gagal atau tidak sepenuhnya berjalan lancar adalah karena tidak memperhatikan cuaca saat akan pergi berlibur.

  1. Perhatikan kondisi kendaraan

Untuk kalian yang suka pergi berlibur menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya mengecek segala kemungkinan yang akan terjadi. Seperti kondisi rem, kopling, air aki hingga komponen lainnya yang mungkin menjadi penghambat liburan kalian.

  1. Membawa perbekalan pribadi dan obat-obatan

Untuk yang satu ini ada baiknya kalian membawa perbekalan pribadi guna menghemat pengeluaran selama kalian berwisata. Selain itu ada baiknya kalian membawa juga obat-obatan pribadi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga  Penjualan Tiket Lebaran Sudah Mulai Dijual

Itu tadi sekilas ulasan tentang Curug Nangka, mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa kalian jadikan referensi liburan bersama teman ataupun keluarga.

Curug Nangka Bogor : Sejarah, Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Tips Berkunjung
Rate this post

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.