Dirjen Perhubungan Udara Keluar Edaran Larang Power Bank Berdaya Besar

Jakarta – Travelerstars. Dirjen Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan menerbitkan Surat Edaran Keselamatan terkait ketentuan membawa powerbank dan baterai lithium pada pesawat udara. Surat Edaran ini ditujukan pada maskapai penerbangan dalam dan luar negeri yang terbang di wilayah Indonesia.

Menurut Direktur Jendral Perhubungan Udara Agus Santoso, peraturan ini muncul sebagai bentuk perlindungan keselamatan dalam penerbangan di Indonesia.

Tentunya kita masih ingat kejadian kebakaran akibat meledaknya power bank di tas jinjing yang diletakkan di hatrack dalam sebuah penerbangan di China. Peristiwa ini sebagai peringatan terhadap potensi ancaman keselamatan penerbangan dengan adanya perkembangan teknologi dan kebiasaan sosial penumpang pesawat membawa powerbank kemana-mana.

Baca Juga : 2018, Semua Penerbangan Internasional di Soetta akan Pindah ke Terminal 3

Menurut Agus, Surat Edaran ini untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi di Indonesia. Mengingat sudah adanya kejadian dan kajian terkait bahayanya membawa powerbank dan baterai lithium cadangan dengan ukuran daya tertentu pada penerbangan.

Power bank yang boleh dibawa hanya yang mempunyai daya per jam (watt-hour) tidak lebih dari 100 Wh. Sedangkan peralatan yang mempunyai daya per jam (watt-hour) lebih dari 100 Wh (Wh < 100) tapi tidak lebih dari 160 Wh (100 ≤ Wh ≤ 160) harus mendapatkan persetujuan dari maskapai dan diperbolehkan untuk dibawa maksimal dua unit per penumpang.

Baca Juga  Oleh – Oleh Khas Beijing

“Hanya power bank dengan daya yang besar yang kami tangkal, yang kecil silahkan saja dengan perlakuan tertentu sesuai aturan, hal ini juga mulai diatur diberbagai negara maju dalam hal penerbangan, yang selalu responsif demi menjaga keselamatan penerbangan,” ujar Agus.

Baca Juga : Begini Cara Mengetahui Daya Power Bank Agar Aman di Pesawat

Pencegahan ini sangat perlu karena terkait dengan keselamatan penerbangan yang tidak bisa ditawar. Dengan adanya Surat Edaran ini, petugas regulator dan operator di lapangan mempunyai pegangan terhadap penanganan barang-barang tersebut baik di bandara maupun di saat penerbangan.

Sumber: dephub.go.id
FOTO: China Aviation Review

Dirjen Perhubungan Udara Keluar Edaran Larang Power Bank Berdaya Besar
Rate this post

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.