Makanan dan Minuman Khas Perancis

TravelerstarsPerancis adalah salah satu negara yang memiliki nama resmi La Republique Francaise atau yang berarti Republik Perancis. Negara ini menjadi salah satu negara favorit bagi para wisatawan dari seluruh dunia. Hal ini dikarenakan musim yang ada di Perancis serta banyaknya tempat wisata yang menarik wisatawan untuk datang ke negara ini.

Baca Juga  Kunjungi 6 Tempat Wisata di Perancis Paling Terkenal

Salah satu hal yang menarik dan harus anda coba adalah kuliner perancis, baik minuman khas perancis ataupun makanan khas perancis. Karena selain menawarkan tempat wisatanya perancis juga menawarkan beraneka makanan dan minuman khas Perancis yang siap membuat anda kaget dengan kenikmatan rasanya.

Makanan Dan Minuman Khas Perancis

1. Sidecar

minuman khas perancis
Sidecar Cocktail

Sidecar adalah minuman Perancis yang berasal dari koktail, rasa utamanya adalah rasa asam dan manis yang bercampur menjadi satu. Sehingga rasa minuman ini tergolong unik dan khas sekali. Minuman  ini pertama kali ditemukan pada tahun 1920. Oleh penemunya minuman ini diberi nama yang unik dan berbeda yaitu salah satu bagian motor. Hingga pada tahun 1922 diresmikan namanya menjadi Sidecar oleh Harry Macelhone.

Hingga saat ini minuman Perancis yang satu ini menjadi minuman khas yang populer, jika anda berkunjung ke Perancis anda akan dengan mudah mendapatkan  minuman ini. Minuman ini juga sudah terdaftar dalam daftar 10 minuman terenak di seluruh dunia. Rasa dari minuman ini sangat pas di lidah para wisatawan sehingga sangat mudah dikenal oleh wisatawan.

Minuman ala Perancis ini bahkan bisa anda temui di negara – negara lain, namun mungkin nama dagangnya sedikit berbeda. Selain karena rasa khasnya yang membuat terkenal hingga seluruh dunia. Ternyata minuman ini juga memiliki harga yang cukup mahal untuk kalangan menengah ke bawah. Namun harga yang anda bayar akan terbalas dengan kenikmatan rasanya.

Menu minuman khas Perancis ini bisa anda buat di rumah anda sendiri jika anda sedang rindu ingin meminumnya. Atau mungkin anda ingin membuat minuman yang berbeda dari biasanya. Berikut ini adalah resep minuman khas Perancis yang mungkin bisa anda gunakan untuk referensi pembuatan minuman pembuatan minuman segar yang elegan.

Bahan Sidecar

  • ¾ ons Contreau
  • ¾ ons Jus lemon
  • 1 ½ ons Cognan
  • Lemon Twist Sebagai Hiasan

Cara Membuat Sidecar

  • Campur Contraeu, Jus Lemon, Dan juga Cognan menjadi satu untuk di Mixer atau di campur.
  • Kocok atau aduk hingga semua bahan menjadi satu
  • Setelah itu tuang ke dalam gelas minuman dan tambahkan es batu
  • Berikan hiasan lemon twist di tepi gelas, jika kurang manis anda bisa menambahkan pemanis brendi Spanyol de Jerez.

Makanan Khas Perancis

Bisa jadi banyak yang tak menyadari kalau ragam masakan Perancis setara dengan aneka ragam olahan asal Tiongkok. Tidak lain karena rakyat Perancis punya hobi menyantap masakan yang lezat. Sekaligus juga punya gaya tersendiri dalam menyajikan setiap hidangan.

Nah, supaya Travelers bisa mudah dalam memetakan menu yang diinginkan bisa menelaahnya berdasarkan wilayahnya. Namun secara umum menu asal Perancis banyak memanfaatkan bahan-bahan yang ditemui di satu daerah.

Wilayah pesisir seperti Brittany atau Normandia banyak memanfaatkan hasil laut seperti ikan maupun udang. Sementara itu area Barat Laut akan cenderung memasukkan bahan seperti keju dan buah-buahan dalam banyak menunya.

Berbeda lagi wilayah Selatan yang karakternya serupa area Mediterania. Bahan mentah seperti jamur, daging bebek, bahan herbal ataupun sayuran, serta daging akan menjadi karakter yang khas.

Di daerah Utara yang relatif lebih dingin, akan bisa ditemui unsure buah apel, susu, kentang, sosis, dan daging-daging hewan berkaki empat.

Berbaurnya sejumlah suku bangsa di negara dengan jumlah penduduk sekitar 67 juta jiwa itu (2015) ikut memperkaya variasi menu sekaligus pemilihan bahan mentahnya.

Itu pula yang membuat sejumlah menu dipengaruhi oleh asal suku-suku yang berdiam di wilayah tersebut.

Traveler bisa menengarai wilayah Alsace-Lorraine yang berada di Timur Laut yang punya sejarah pendudukan Jerman akan punya kesamaan menu seperti adanya acar, dagig asap, sampai sosis.

Daerah bernama Provence di Tenggara yang dekat dengan Italia membuat menu-menunya memakai bahan seperti minyak zaitun, bahan herbal berkarakter pedas, bawang putih, sampai beragam saus.

Bagi Traveler yang fokus berkunjung di Paris, menu-menu lokal yang otentik berupa sup bawang dengan berbagai variasi potiongan keju serta roti akan banyak ditemui.

  1. Soupe a I’oignon

minuman khas perancis
French Onioun Soup

Jika anda bertanya masalah makanan khas perancis yang paling enak dan bergizi tentu makanan yang satu ini adalah jawabannya. Soupe aI’oignan atau biasa disebut sup bawang Perancis ini memiliki cita rasa yang sangat enak dan cocok di lidah para wisatawan. Resep Makanan perancis ini dibuat dengan merebus kuah kental kaldu sapi yang kemudian dicampur dengan potongan bawang putih.

Cara penyajiannya adalah hasil dari rebusan kaldu kental dengan bawang putih tadi dimasukkan ke dalam mangkok kecil kemudian ditambahkan dengan daging ayam yang di potong kecil – kecil. Jangan lupa untuk menambahkan parutan keju sebagai toping di atasnya untuk menambah cita rasa sup bawangnya.

Sekarang sup ini telah mengalami variasi hingga dalam roti beroleskan keju, ayam ataupun keju masuk dalam resep pembuatan Soupe a L’oignon.

Kebanyakan masakan Perancis memang menggunakan keju sebagai bahan dasar ataupun pelengkap hingga ada sebuah pepatah Perancis yang sangat terkenal berbunyi “Un repas sans fromage comme un journée sans soleil” yang artinya makanan apapun tanpa keju laksana hari tanpa matahari.

Meskipun menu masakan perancis ini sudah ada sejak lama, namun baru saja dikenal oleh dunia mulai tahun 1960. Ketika ada beberapa investor yang membangun restoran khas Perancis di Amerika Serikat, dalam waktu singkat makanan ini sudah menjadi makanan populer secara Internasional.

  1. Escargot

 

makanan khas perancis Escargot

Escargot merupakan masakan berbahan baku daging bekicot. Eskargot yang dikonsumsi orang Prancis adalah bekicot jenis achatina fulica.

Bekicot sendiri merupakan sumber protein hewani yang bermutu tinggi karena mengandung asam amino esensial yang lengkap.

Biasanya escargot dimasak dengan saus yang terbuat dari bawang putih, peterseli, dan mentega sebagai hidangan pembuka.

Orang-orang Prancis mengatakan rasanya sangat lezat, bahkan ada restoran-restoran tertentu yang disediakan khusus untuk penikmat escargot.

Harga bekicot di Prancis berkisar Rp51.500 per 6 bekicot yang telah direbus, bekicot yang telah diolah harganya akan lebih mahal lagi.

  1. Foie Gras

makanan Foie Gras khas perancis

Foie Gras salah satu makanan khas Perancis yang terkenal di dunia. Makanan ini juga termasuk salah satu makanan paling tua di Eropa dan telah dikonsumsi oleh raja-raja di abad pertengahan.

Foie gras terbuat dari hati angsa yang dibuat pasta dan dapat disajikan dengan berbagai cara, baik digoreng, dipanggang, maupun dibakar bersama saus khas Perancis.

Foie Gras bertekstur sangat lembut karena memiliki kandungan lemak yang tinggi. Begitu dilahap, cita rasa yang sangat kaya meriah di lidah.

  1. Beef Bourguignon

rasa Beef Bourguignon makanan khas perancis

Beef bourguignon adalah sup tradisional Perancis yang terbuat dari daging sapi yang direbus dalam anggur merah dan kaldu sapi dengan waktu yang lama. Dimasak dengan bumbu bawang putih, rempah segar, dan jamur

BagI Travelers Indonesia, Boeuf bourguignon bisa dianggap semur daging sapi, namun tentu saja memakai bumbu-bumbu tambahan khas Perancis seperti dimasak perlahan.

Daging sapi yang digunakan dalam hidangan ini adalah daging sapi tenderloin yang sangat empuk dan tidak memiliki lemak. Cara memasaknya adalah dengan merebus daging sapi (braised) di dalam red wine dan kaldu daging sapi hingga empuk, kemudian ditambahkan bawang putih, bawang bombai, bouquet garni, pearl onion dan jamur menjelang akhir proses memasak.

Secara tradisional, daging sapi dalam hidangan boeuf bourguignon ini dimasak dengan cara di-braised. Namun cara ini memakan waktu memasak yang sangat lama sehingga saat ini, dilakukan banyak cara lain dalam memasak daging sapi yang lebih modern.

  1. Coq au Vin

makanan khas perancis Coq au Vin

Coq au vin adalah makanan Perancis yang berbahan dasar kaki ayam dan dimasak bersama anggur merah dalam waktu yang cukup lama. Coq au vin biasa disajikan dengan tambahan beberapa iris jamur serta bumbu khas Perancis yang membuat rasanya jadi lebih sempurna. Selain rasanya yang enak, makanan ini memiliki tekstur daging yang lembut.

  1. Madeleine

rasa Madeleine makanan khas perancis

Kue yang satu ini merupakan salah satu jenis kue tradisional yang ada di Prancis. Berdasarkan sejarahnya kue ini sudah ada sejak abad ke-19. Sesuai dengan namanya Madeleine merupakan kue yang dibuat pertama kali oleh Madeleine Paulmier.   

Keunikan dari Madeleine adalah karena dicetak dalam sebuah loyang menyerupai kerang. Tekstur kue yang lembut ditambah dengan rasa mentega dan lemon yang khas. Madeleine juga bisa dinikmati dengan taburan gula caster dan juga aneka topping lain seperti coklat.

Madeleine dibuat dengan menggunakan campuran telur, gula pasir, Orange Zest, Tepung terigu protein sedang, garam, Baking powder, Butter, dan lain-lain.

Saat ini Madeleine telah hadir dengan beberapa tampilan yang unik seperti  red velvet, coklat, dan juga matcha.

  1. Creme Brulee

makanan khas perancis Creme Brulee

Makanan khas Perancis yang terkenal selanjutnya adalah Creme Brulee. Creme Brulee merupakan jenis kue yang terbuat dari krim dan juga kuning telur. Creme Brulee dihidangkan dalam sebuah wadah kecil yang khas.

Untuk membuat kue Creme Brulee khas Perancis ini tidak terlalu sulit. Bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah whipping cream, susu, telur, Panila, gula pasir, dan karamel.

Cara membuat Creme Brulee mencampurkan bahan-bahan di atas. Setelah tercampur dan halus, adonan dituangkan dalam wadah kecil kemudian ditaruh di loyang dan tinggal di panggang di oven. Setelah matang kemudian dinginkan dan beri karamel.

Traveller juga bisa membeli kue ini di beberapa supermarket dan toko makanan.

  1. Crepes

resep Crepes makanan khas perancis

Makanan Crepes khas Perancis ini merupakan kue dengan bentuk tipis dan garing dengan varian toping dan juga isian berupa coklat, keju, selai, dan lain-lain.

Di tempat asalnya yaitu Bretagne, Crepes dinamakan Krampehouezh. Crepes disajikan pada saat Candlemas yang biasanya diperingati setiap tanggal 2 Februari.

Untuk jenisnya sendiri, Crepes memiliki dua jenis yaitu Crepes Manis dan Crepes gurih atau asin yang disebut dengan Crepes Salee.

Bahan-bahan untuk membuat Crepes diantaranya adalah tepung gandum, susu cair, telur, margarin, dan juga baking powder.

Secara umum Crepes manis berbahan utama tepung terigu. Sedangkan Crepes dengan rasa asin berbahan utama tepung buckwheat.

Untuk isian Crepes bisa disesuaikan dengan selera. Seperti selai, coklat, keju, meses, susu dan lain-lain.

Kue Crepes manis sendiri biasa dihidangkan  untuk cuci mulut atau makanan penutup (dessert). Sedangkan Crepes manis biasanya dihidangkan pemula.

  1. Bouillabaisse

makanan khas perancis Bouillabaisse

Bouillabaisse merupakan makanan klasik terkenal yang berasal dari Prancis. Makanan tradisional Prancis ini menjadi salah satu kuliner yang paling banyak dicari di Prancis.

Berdasarkan sejarahnya Bouillabaisse pertama kali dikonsumsi oleh para pemancing di Goudes tepatnya di kota Marseille.

Bahan-bahan untuk membuat Bouillabaisse diantaranya adalah bawang bombay, minyak zaitun, tomat, bawang putih, jeruk nipis, garam, ladda, ikan segar, dan bahan lainnya.

Untuk ikannya biasanya disajikan secara terpisah dengan roti panggang. Sup Bouillabaisse sangat cocok dihidangkan pada saat udara dingin bersama keluarga.

  1. Tarte Tatin

rekomendasi makanan khas perancis Tarte Tatin

Tarte Tatin merupakan jenis kue cake dari buah yang khas di Prancis. Kue ini biasanya terdiri dari campuran aprikot dan apel.

Berdasarkan historisnya Tarte Tatin pada mulanya adalah sebuah cake yang dimasak dan gosong dan dianggap gagal.

Namun  karena sayang jika dibuang, maka pembuat kue tersebut menghidangkan dengan cara dibalik. Tanpa disadari ternyata kue tersebut memiliki rasa yang sangat lezat.

Tarte Tatin dibuat dengan bahan-bahan seperti mentega, tepung terigu, dan gula halus. Sedangkan bahan untuk isinya meliputi air jeruk nipis, kupasan apel hijau, air, dan juga gula. Dan bahan perlengkapannya seperti crimmer kocok untuk menambah cita rasa.

Saat ini Tarte Tatin menjadi salah satu kue dari Prancis cake yang terkenal di dunia karena kelezatannya.

Makanan dan Minuman Khas Perancis
5 (100%) 5 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.