6 Makanan Khas Brunei Darussalam yang Ikonik dan Harus Anda Coba

Makanan Khas Brunei Darussalam – Berlibur ke Brunei Darussalam sebaiknya mencoba juga berbagai makanan khas dari Negara ini. Sebagai Negara dengan basis penduduk Islam dan terkenal dengan negara yang kaya dan maju Brunei Darussalam tak kalah dengan negara Timur Tengah untuk soal kemajuan dibidang pembangunan dan teknologi.

Terlepas dari hal diatas, Brunei Darussalam juga memiliki makanan yang menjadi ikon Negara ini, sehingga untuk anda yang berkunjung kesana wajib untuk mencobanya. Apa saja makanan ikonik dari Negara dengan sumber minyak salah satu terbesar dunia ini? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Soto Khas Brunei

Wah, ternyata tidak hanya di Indonesia saja memiliki makanan soto. Di Brunei Darussalam juga mempunyai makanan khas berupa soto yang ternyata rasa dan isinya juga tidak jauh dari soto Indonesia.

Soto di Brunei Darussalam biasanya berisi suwiran ayam, irisan daging sapi, babat sapi, potongan telur ayam yang sudah direbus, ditambah dengan kuah bening kecoklatan kemudian diberi taburan seledri dan bawang goreng. Untuk menikmati soto khas Brunei anda hanya perlu mencari tempat nongkrong atau foodcourt yang tersebar di Brunei Darussalam.

  1. Soto Babu Nini

Membaca namanya terkesan aneh ya? Namun jangan parno dulu, Soto yang satu ini merupakan makanan khas di Brunei yang menjadi favorit masyarakatnya.

Baca Juga  9 Oleh-Oleh Khas Korea Paling Unik

Dalam Soto Babu Nini anda akan menemukan irisan daging sapi, potongan telur ayam rebus, kuah bening yang sangat enak, mie kuning yang lebih tebal lalu taburan daun seledri dan bawang goreng.

Untuk menemukan Soto Babu Nini anda dapat berjalan ke arah Kota Batu, Kampung Sungai Besar. Dengan menikmati pemandangan indah disekitar pantai dan bangunan diatas air, makan soto Babu Nini ini akan lebih romantis jika ditemani oleh pasangan ataupun bersama keluarga.

  1. Nasi Katok

Tidak salah ketik atau baca, di Brunei memiliki makanan siap saji yang banyak ditemukan di restoran-restoran atau tempat nongkrong. Nasi ini ibarat nasi kucing jika anda pernah pergi ke Jogja atau tempat angkringan didaerah.

Dalam setiap porsi nasi katok biasanya terdiri dari nasi, potongan ayam (dapat memilih sendiri), dan juga sambal yang dibungkus dengan kertas atau plastik pembungkus nasi.

Untuk harga 1 bungkus nasi katok cukup terjangkau yaitu 1 dollar Brunei. Makanan ini banyak ditemukan di beberapa tempat makanan, kedai yang ada di Brunei jadi jangan sampai tidak mencicipi ya.

  1. Ambuyat

ambuyat brunei darussalam

Baca Juga  Scoot Airlines Sediakan Menu Halal Untuk Penerbangan Ke Eropa

Selanjutnya ada Ambuyat, yang merupakan makanan tradisional dari masyarakat Brunei Darussalam. Dalam satu porsi ambuyat anda akan menemukan bubur sagu yang bertekstur sangat lengket dan warnanya putih seperti lem, lalu sup ikan atau terkenal dengan nama ampap ikan, ada juga ikan goreng ala kampung, sambal belacan, saus tempoyak, cah kangkung ikan bilis, lalapan dan jeruk bambangan.

Jika melihat isinya diatas, sekilas makanan ini mirip dengan makanan khas dari Papua dan Maluku yaitu Pepeda. Karena bahan dasarnya sama dari tepung sagu dan dimakan dengan ikan, hanya saja kuahnya berbeda.

Ambuyat dapat dinikmati dengan banyak pilihan kuah dari kuah ikan sampai dengan saus tempoyak yang dibuat dari durian. Untuk menikmati Ambuyat anda dapat berkunjung di beberapa rumah makan yang tersebar di Brunei.

  1. Kuih Celurut

Untuk makanan ringan di Brunei memiliki ikon yang hampir sama dengan Indonesia, yaitu Kuih Celurut. Kuih Celurut dibuat dari tepung beras, gula merah, santan dan garam kemudian dicampurkan menjadi satu lalu dibungkus dengan daun kelapa muda dengan membentuk kelongsong.

Baca Juga  Promo Tiket Emirat Ke Eropa Rp 12 Jutaan Hingga 31 Maret

Kuih ini memiliki rasa yang gurih dan cocok untuk makanan pendamping sembari minum teh di pagi hari. Anda dapat menemukan makanan ini di toko oleh-oleh di Pasar Gadong dan Pasar Tamu Kianggeh.

  1. Kuih Cincin

Meskipun namanya kuih cincin, kue ini ternyata tidak berbentuk bundar yang tengahnya berlubang seperti donat. Kuih ini dibuat dari adonan tepung beras, gula pasir, gula merah, ditambah air. Untuk membuatnya maka digunakan alat yang mirip dengan cetakan kembang goyang yang dimasukkan ke dalam adonan dan dipindah ke minyak panas.

Itulah beberapa makanan yang menjadi ikon masyarakat Brunei Darussalam sebagai pilihan kuliner anda ketika berkunjung. Selamat mencoba.

6 Makanan Khas Brunei Darussalam yang Ikonik dan Harus Anda Coba
5 (100%) 9 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.