Makanan Khas China – Jika anda berkunjung ke tempat wisata di China, pasti ingin juga merasakan makanan khas negeri tirai bambu ini.

Selain serbuan smartphonenya yang sudah membludak ke Indonesia, ternyata China juga sudah mengenalkan masakan khasnya (baca: oleh oleh khas China) hingga ke Indonesia. Makanan berikut ini sudah sering kita jumpai di Indonesia, namun bagi sebagian orang yang belum tahu bahwa sebenarnya makanan ini dari negeri tirai bambu.

Apa saja makanan khas China yang sudah terkenal di Indonesia? Selengkapnya simak informasi dibawah ini.

  1. Tamie Capcay

Anda mungkin sudah sering makan mie capcay, namun belum tahu jika makanan ini adalah salah satu khas di China. Makanan yang memiliki bahan utama dari sayuran segar dan mie Tamie ini sangat sering kita temukan di Indonesia, baik di restoran ataupun acara hajatan.

Mie Tamie adalah jenis mie yang sudah digoreng kering sehinga membuat sajiannya mempunyai tekstur yang kriuk dan tentu sjaa enak untuk hidangan disiang hari.

  1. Bakpao

Siapa yang tidak tau dengan Bakpao? Tentu saja makanan ini sudah sering kita dengar bahkan pernah memakannya. Bakpao adalah makanan khas China yang sudah populer di Indonesia.

Bakpao sebagai makanan tradisional dari Tionghoa yang memiliki rasa yang enak. Untuk asal mula nama Bakpao sendiri mempunyai arti bungkusan berisi daging. Sedangkan Bakpao original dari China berisi daging babi.

Baca Juga  Indahnya Wisata Sungai di Singapura

Di Indonesia sendiri banyak yang menjual Bakpao dengan isi yang beragam, karena menyesuaikan dengan lidah. Ada yang berisi dengan kelapa yang dicampur dengan gula merah, di isi dengan keju, kelapa mudah manis dan masih banyak yang lainnya.

  1. Kwetiau

makanan khas china

Selanjutnya makanan khas China yang sudah terkenal di Indonesia yaitu Kwetiau. Kwetiau adalah makanan mie dari Tionghoa yang berbahan dasar dari beras dan berwarna putih.

Makanan ini dapat dinikmati dengan cara dimasak dengan kuah atau dapat pula di goreng. Sedangkan jenisnya sendiri sangat banyak antara lain kwetiau sapi dan kwetiau jeroan.

  1. Lun Pia

Jika di Indonesia lebih terkenal dengan sebutan Lumpia, maka asalnya nama makanan ini dari China adalah Lun Pia. Lun Pia adalah makanan khas China yang terbuat dari adonan yang berisi telur, daging, rebung dan sayuran.

Lun Pia dibungkus dengan menggunakan tepung gandum yang dibuat menjadi lembaran tipis sebagai pembungkusnya. Anda tentu sering menemukan makanan ini disekitar tempat tinggal.

  1. Bebek Peking

Makanan khas China dengan bahan utama dari Bebek ini sangat populer di Indonesia. Cara mengolah Bebek peking ini dengan cara dibakar terlebih dahulu, kemudian diberi bumbu asam manis, lalu dipanggang kembali agar bumbu dapat meresap hingga kedalam. Adapun rasa bebek peking sangatlah gurih dan khas sehingga banyak peminatnya.

  1. Bakcang

Makanan Khas dari China yang satu ini terbuat dari beras ketan dilapisan luarnya dan berisi daging, adapun dagingnya bisa daging sapi, ayam, babi atau jamur. Dengan campuran berbagai isian tadi membuat rasanya sangat enak dan harus anda coba.

Baca Juga  Mengenal Istilah Jetlag Dalam Penerbangan

Bakcang dibuat dengan membentuk segitiga dan dengan balutan daun pisang yang mudah untuk dibawa kemanapun sehingga lebih efisien.

  1. Jiaozi

Jiaozi adalah jenis makanan yang hampir sama dengan siomay. Makanan khas china ini terbuat dari daging ikan ataupun daging udang yang diproses hingga matang kemudian dibungkus dengan adonan yang dibuat dari kanji dan tepung terigu.

Makanan ini di China sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Anda juga dapat menemukan jiaozi dimasak dengan cara dikukus tetapi ada juga yang dengan cara digoreng dan dihidangkan dengan saus spesial untuk menambah rasa dari makanan satu ini.

  1. Bakso Kepala Singa

Makanan yang unik namanya ini bukanlah makanan yang terbuat dari daging singa sesunguhnya. Tetapi bakso kepala singa diambil dari bentuk baksonya yang sangat besar seolah seperti kepala singa.

Makananan ini dihidangkan bersama dengan sup sayuran yang didalamnya terdapat kol, tahu dan rebung. Untuk rasa dari Bakso Kepala Singa sendiri sangat enak dan menggugah selera makan. Anda wajib mencobanya ketika berkunjung ke China.

Itulah beberapa makanan china yang sudah terkenal di Indonesia. Apakah anda sudah pernah mencoba semuanya? Jika belum sebaiknya segera mencicipinya.

8 Makanan Khas China yang Paling Populer dan Ada di Indonesia
5 (100%) 10 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.