6 Makanan Khas India Pilihan Yang Terkenal dan Paling Enak

Makanan Khas India – Menjelajah kuliner dunia tidak akan pernah ada habisnya. Jika pada artikel sebelumnya kami mengulas tentang Makanan Khas China, maka saat ini makanan yang akan dibahas yaitu Makanan Khas India.

India merupakan negara yang sangat maju baik dari segi negaranya ataupun juga dari teknologi filmnya. Banyak film India yang sudah ditayangkan di Indonesia ataupun dunia. Film India di Indonesia sendiri sudah tenar sejak lama, dan saat ini penggemarnya pun terus bertambah.

Berhubungan dengan tenarnya film dan majunya negara, India ternyata juga menyimpan kuliner yang sudah terkenal hingga kemana-mana. Untuk lebih lengkapnya silakan simak informasi berikut ini.

  1. Pulao

makanan khas india yang enak pulao

 

Pulao atau disebut juga dengan Pilaf yaitu makanan khas India yang mirip dengan Nasi Biryani. Makanan ini merupakan hidangan tambahan ketika makan utama. Pulao disajihan secara sendiri dalam wadah dimana ada beras dan daging yang dicampurkan dalam satu cairan yang sudah diberi bumbu hingga meresap.

  1. Nasi Biryani

makanan khas india yang enak biryani

Berikutnya adalah Nasi Biryani, yaitu makanan khas India yang disajikan dalam hidangan utama dalam bentuk nasi yang dimasak bersama rempah-rempah khas India yang digabungkan dengan sayuran atau daging.

Baca Juga  6 Makanan Khas Brunei Darussalam yang Ikonik dan Harus Anda Coba

Biryani sebenarnya diketahui masyarakat India dan sekitarnya oleh pedagang atau pelancong dari bangsa Persia. Bahan utama dari Biryani adalah beras yang dicuci kemudian direbus dalam panci tanpa bumbu.

Selanjutnya direbus hingga setengah masak, lalu beras dicampur dengan kaldu yang dibumbui kemudian dibiarkan dalam kondisi panci tertutup sampai matang dan kaldu dapat terserap dalam nasi. Nasi Biryani dapat disajikan dengan lauk pelengkap seperti daging dan sayuran.

  1. Chapati

makanan khas india yang halal chapati

Untuk anda yang senang dengan drama Bollywood tentu saja sudah sering mendengar nama ini. Nama ini sering digunakan sebagai nama tokoh dalam drama India.

Namun dalam kuliner, Chapati adalah makanan khas India yang seperti roti yang terbuat dari adonan roti gandum yang sengaja dibuat agar tidak mengembang.

Orang India seringkali menyebut chapati dengan roti. Makanan ini tidak memiliki rasa atau hanya tawar karena tidak memakai perisa. Lalu agar mendapatkan rasa, chapati dimakan dengan lauk berbumbu. Walapun biasanya chapati dihidangkan dalam kondisi tanpa perisa, ada pula yang ditambahkan dengan paneer, lobak, atau jenis sayuran lain dalam Chapati.

Baca Juga  Curug Nangka Bogor : Sejarah, Lokasi, Harga Tiket Masuk dan Tips Berkunjung
  1. Dosa

makanan khas india yang populer dosa

Secara nama, mungkin anda akan bertanya-tanya mengapa nama makanan adalah Dosa. Tetapi ternyata ini adalah makanan yang mirip dengan lekker crepes. Mempunyai rasa yang enak, berbentuk kering dan teksturnya renyah. Dosa ini terbuat dari bahan dasar kacang dan beras yang sudah difermentasi.

Makanan khas China ini dapat dimasak dengan menggunakan minyak atau tidak. Di India, disebut dengan dosay atau dosai. Dosa dimakan ketika sarapan atau makan malam, dan seringkali juga diwaktu kosong.

  1. Kulfi

makanan khas india yang terkenal kulfi

Kulfi merupakan makanan pencuci mulut dai India yang sudah terkenal karena lezat. Kulfi terbuat dari bahan dasar susu segar dan gula yang direbus dengan menggunakan api kecil.

Di India kulfi sering dijajakan oleh pedagang gerobak kaki lima. Dan biasanya ditempatkan pada wadah dari tanah liat bernama matka yang berisi es batu dan garam supaya kulfi tidak cepat meleleh.

Makanan khas India ini dihidangkan pada selembar daun lalu disiram dengan rempah-rempah tropis dan juga bihun. Untuk rasanya sendiri sangat bervariasi antara lain rasa mawar, mangga dan vanili. Jadi anda harus mencoba makanan ini ketika berlibur ke India.

  1. Gulab Jamun

gulab jamun makanan khas india

Gulab Jamun adalah makanan yang disajikan sebagia penutup ketika selesai makan. Makanan ini selain terkenal di India juga sudah dikenal di Asia Selatan seperti Nepal, Pakistan dan Bangladesh.

Baca Juga  Makanan dan Minuman Khas Perancis

Gulab Jamun adalah makanan sederhana yang bentuknya bulat seperti bola dengan ukurannya yang kecil-kecil. Gulab Jamun dibuat dari bisquit, susu bubuk, susu cair dan mentega cair. Kemudian dibuat menjadi adonan dan dibentuk menjadi bulat-bula dan digoreng hingga matang lalu direndam dalam sirup tawar selama beberapa jam. Setelah sirup terserap maka gulab jamun dapat dimakan.

Itulah beberapa makanan khas India pilihan yang bisa anda cicipi kelezatannya. Semoga bisa menjadi referensi kuliner anda ketika mengunjungi negara India.

6 Makanan Khas India Pilihan Yang Terkenal dan Paling Enak
5 (100%) 7 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.