8 Makanan Khas Maroko Yang Enaknya Bikin Pengen Terus Makan

Makanan Khas Maroko – Berlibur ke tempat wisata atau melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan bisnis di negara lain tentu memiliki pengalaman tersendiri.

Dari yang hanya sekedar untuk sekedar membicarakan project atau ngopi-ngopi di tempat nongkrong akan memberikan kesan tersendiri karena dilakukan di tempat yang tidak biasa.

Untuk itu jika anda sedang mengunjungi negara Maroko, atau sedang ada keperluan disana kurang lengkap jika tidak mencoba kuliner yang terkenal dan sudah menjadi favorit warganya.

Makanan Khas Maroko memiliki resep yang dijamin akan membuat anda ingin terus makan dan makan karena bumbu rempah-rempah yang kuat. Apa saja itu? Simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Couscous

Adalah makanan khas Maroko yang sudah banyak ditemukan di negara ini. Couscous terbuat dari gandum, yang berbentuk butiran namun tidak halus seperti tepung juga tidak seperti beras.

Disana couscous dapat disebut makanan pengganti nasi. Karena biasa dihidangkan dengan daging dan sayuran yang direbus sehingga couscous menjadi makanan pokoknya.

Selain di Maroko, couscous juga terkneal di Aljazair, Tunisia dan Libya. Selain itu di Eropa juga sudah banyak yang menjualnya karena dibawa oleh para imigran dari Maroko.

Baca Juga  Ini Lokasi Terminal Baru Seluruh Maskapai Penerbangan di Soetta

Makanan ini biasanya akan dihidangkan pada saat perayaan hari-hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Namun di Maroko sendiri makanan ini biasa dihidangkan di hari Jum’at karena sebagai lambang kebesaran menghormati hari itu.

  1. Makouda

Makouda adalah makanan Maroko yang terbuat dari bahan utama kentang yang dibentuk seperti bola-bola kemudian akan digoreng. Dalam menghidangkan makanan ini adalah dengan dicelupkan pada saus yang sangat pedas, yaitu saus Harissa.

Di Indonesia sendiri, makanan yang mirip dengan Makouda adalah perkedel. Walaupun ini sejenis makanan ringan, rasanya tidak bisa dilukiskan karena begitu lezat.

  1. Zaalouk

Berikutnya adalah Zaalouk, untuk anda yang sudah terbiasa makan salad maka ini adalah salad khas Maroko. Salad Zaalouk terbuat dari sayuran yaitu terong yang diasapi dan diberi bumbu bawang putih, paprika, jinten dan bubuk cabai. Biasanya akan dimakan dengan tambahan roti kering.

  1. Kepala Kambing Kukus

Sebagai negara yang kulinernya banyak mengandung rempah-rempah, Maroko juga memiliki makanan yang unik yaitu Kepala Kambing Kukus. Terbuat dari bahan dasar daging yaitu daging kambing.

Baca Juga  5 Restoran Halal Terenak di Bangkok

Biasanya pada kepala kambing akan dikukus sendiri. Proses pengukusan membutuhkan waktu selama kurang lebih 5 jam, lalu akan disajikan dengan ditaburi dengan jinten, garam dan cabai. Kemudian di hidangkan pada Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

  1. Sup Bekicot

Jika anda pernah makan daging bekicot, maka ketika berkunjung ke negara Maroko akan menemukan Sup Bekicot. Sup bekicot di Maroko biasanya dijual di kios di sebuah tong yang dinamakan dengan Negeri.

Untuk memakannya yaitu dengan dicukil dagingnya dengan memakai tusuk gigi, sesudah itu anda dapat menyeruput sup nya. Seperti yang dipercaya oleh masyarakat Maroko bahwa daging bekicot bermanfaat dalam pencernaan dan bisa menyembuhkan demam.

  1. Kho bz

Di negara Maroko sangat terkenal dengan banyaknya jenis roti. Ada roti panggang yang disebut dengan Khobz. Asal mula nama ini adalah dari bahasa Arab yaitu “Khubzun” yang artinya roti.

Khobz berbahan utama roti dan dihidangkan dengan banyak pilihan toping tetapi yang sering digunakan adalah madu dan keju kambing. Cara pembuatannya adalah dengan cara dipanggang pada oven dengan api dari kayu.

  1. Brochette

Ada juga makanan khas Maroko yaitu Brochette, sejenis sate. Bahan dasar brochette dapat menggunakan daging sapi, kambing atau daging ayam. Untuk memasak sate Maroko ini adalah dengan cara ditusuk lalu dibakar diatas arang.

Baca Juga  Kualanamu Larang Penumpang Bawa Power Bank Masuk Kabin Pesawat

Sebelum dibakar brochette dilumuri terlebih dahulu dengan garam dan rempah-rempah berupa merica dan jinten. Brochette ini biasanya akan dihidangkan bersama dengan Khobz, harissa, bawang merah, jinten dan garam.

  1. Harira

harira makanan khas maroko

Selain ada Sup Bekicot, di Maroko juga sup yang terkenal kelezatannya yaitu Harira. Harira adalah sup yang terdiri dari rempah-rempah dengan aroma kuat. Adapun rempah-rempah yang mengisi sup ini antara lain jahe, merica, kayu manis, ketumbar, peterseli dan tambahan seledri dan bawang.

Sedangkan bahan utama sup Harira adalah tomat dan kacang lentil. Harira biasa disajikan ketika bulan puasa sebagai menu berbuka. Jadi anda sangat disarankan untuk mencicipinya ketika berkunjung kesana.

8 Makanan Khas Maroko Yang Enaknya Bikin Pengen Terus Makan
5 (100%) 8 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.