8 Makanan Khas Rusia Ini Benar-Benar Menggoda Selera

Makanan Khas Rusia – Rusia yang beberapa bulan kemarin baru saja menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2018 dan telah sukses menyelenggarakan acara tersebut hingga selesai.

Ya, Rusia adalah salah satu negara terbesar di dunia yang memiliki kemajuan dan disiplin yang tinggi. Baru-baru ini Atlet Tinju Profesional dari Rusia yaitu Khabib Nurmagomedov telah membuat jagat Rusia dan dunia bangga karena sudah berhasil mengalahkan petinju Connor McGregor.

Terlepas dari Piala dunia dan kemenangan Khabib, Rusia patut menjadi referensi wisata dan kuliner untuk anda yang ingin berlibur ke Eropa. Selain memiliki tempat wisata yang banyak dan keren, berikut ini adalah makanan khas yang memiliki rasa unik dan lezat. Apa saja? Yuk simak daftar makanan berikut ini yang wajib anda coba!

  1. Shashlik

makanan khas rusia Shashlik

Shashlik yaitu daging tusuk atau jika di Indonesia disebut dengan Sate. Namun bedanya dengan sate di Indonesia yang dihidangkan bersama saus kacang atau saus kecap, maka shashlik dihidangkan dengan cream atau mayonaise.

Shashlik terbuat dari daging domba, tetapi seiring bertambahnya kemajuan saat ini sudah bervariasi. Ada yang membuatnya dari daging sapi, daging ayam dan juga daging babi.

  1. Salad Oliver

salad oliver makanan khas rusia

Mungkin makanan salad sudah biasa anda rasakan, namun menikmati Salad Oliver di Rusia tentu saja berbeda soal resep dan rasanya. Salad khas Rusia ini dibuat dari sayuran antara lain kentang, acar, timun, kacang polong, dan juga telur. Lalu dicampurkan dengan mayonaise.

  1. Honey Cake

makanan khas rusia Honey Cake

Makanan yang satu ini mempunyai tekstur yang lembut serta rasa yang manis, menjadikan banyak yang menjadikan makanan ini sebagai hidangan favorit.

Baca Juga  2018, Semua Penerbangan Internasional di Soetta akan Pindah ke Terminal 3

Honey Cake adalah makanan dessert yang tampil disetiap acara apapun di negara Rusia. Cake madu tersusun atas 5 sampai 15 lapisan spongecake madu tipis yang dicampur dengan krim manis atau asam. Kemudian diberi taburan kacang atau spons yang dilembutkan supaya rasanya manis dan lembut di mulut.

  1. Stroganoff

makanan khas rusia yang enak Stroganoff

Berikutnya ada Stroganoff yang sudah terkenal di seluruh Rusia dan penjuru dunia. Stroganoff dibuat dari tumisan daging yang dipotong kemudian diolah dengan saus Smetana yang asam.

Sejarah makanan ini di tahun 1890 dibuat dengan daging sapi yang dipotong dadu lalu ditumis, kemudian disiram dengan saus mustard dan kaldu daging yang telah disiapkan sebelumnya, lalu diolesi dengan krim asam diatasnya.

Kemudian di tahun 1909 bawang bombai dan saus tomat ditambahkan pada resep Stroganoff. Makanan khas Rusia ini biasanya dihidangkan bersama dengan parutan kentang yang kriuk.

  1. Blini

makanan khas rusia yang terkenal Blini

Blini merupakan pancake Rusia yang dibuat dengan bahan tepung gandum tradisional atau tepung soda. Makanan ini biasa dihidangkan dengan krim asam, quark, mentega, kaviar dan ditambahkan dengan hiasan. Blini khas Rusia tradisional dibuat menggunakan ragi, susu, susu asam, air dingin kemudian dibuat hingga terbentuk adonan.

Baca Juga  Garuda Kenalkan Tiket Eco Basic, Harganya Di Bawah Ekonomi

Setelah itu blini tradisional dipanggang pada oven. Tetapi sekarang sudah banyak orang Rusia membuat blini dengan cara digoreng seperti membuat pancake.

  1. Pelmeni

apakah makanan khas rusia Pelmeni

Sekilas makanan ini seperti pangsit, namun ini adalah Russian dumpling. Meskipun awalnya makanan ini dari Siberia, tetapi kemudian pangsitnya diadaptasi dari negara China.

Pelmeni adalah daging cincang dan daung bawang lalu dibungkus dengan adonan tepung. Sekarang orang Rusia dalam membuat Pelmeni biasa di isi dengan daging ikan, jamur dan sayur-sayuran.

  1. Shchi

makanan khas rusia Shchi

Ada juga Shchi yaitu Sup Tradisional Rusia yang sudah populer sejak abad ke-9. Sup Shchi dapat dimasak dengan daging ataupun tanpa daging.

Di Abad ke-10 Shchi merupakan makanan pokok untuk orang Rusia. Bahan penting dalam sup ini adalah kubis dan jamur serta ditambah dengan rempah-rempah. Lalu di Abad ke-15 bahan membuat sup ini ditambahkan dengan tepung.

  1. Pirojki

Pirojki makanan khas rusia

Adalah sejenis roti yang berisi dengan daging, nasi, bawang dan jamur. Tetapi juga ada yang berisi daging cincang halus seperti daging sapi, kemudian ditambah dengan keju, atau sayuran kentang.

  1. Borscht

makanan khas rusia Borscht

Borscht merupakan sup asam yang terkenal di bagian Eropa Timur, salah satunya di Rusia. Sup ini memiliki warna merah yang berasal dari akar bit. Jika dimasak dengan resep kuno, maka Borscht ini sebenarnya dibuat dari batang, daun dan akar Heracleum sphondylium (jenis tanaman rumput di padang rumput basah Slavia).

Baca Juga  Baru Pertama Pesan Tiket Pesawat, Silakan Sambangi Airy

Tetapi saat ini orang Rusia sudah banyak memasak Borscht dengan menggunakan akar bit, dengan menambahkan isian berupa kubis, wortel, bawang, kentang dan tomat.

8 Makanan Khas Rusia Ini Benar-Benar Menggoda Selera
5 (100%) 6 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.