7 Makanan Khas Turki yang Halal dan Harus dicoba Kelezatannya

Makanan Khas Turki – Bagi anda yang menyukai drama Turki di Televisi Indonesia mungkin sudah tidak asing dengan nama-nama makanan yang ada drama tersebut.

Turki merupakan negara yang mempunyai keragaman kuliner dengan cita rasa yang nikmat. Masakan-masakan di Turki didominasi dengan bahan baku daging baru kemudian diikuti dengan jenis sayuran yang jumlahnya berlimpah.

Untuk anda yang ingin mencoba makanan khas Turki yang halal serta nikmat, berikut ini kami akan berikan daftarnya. Yuk simak informasi lengkapnya dibawah ini.

  1. Tabouleh

Tabouleh adalah makanan asal Turki yang didalamnya banyak sayuran. Tabouleh terbuat dari sayur yang dicincang hingga halus lalu dipadukan pada satu wadah kemudian di lanjut dengan diberi bumbu.

Tabouleh juga sering disebut denan salad Turki. Adapun tambahan dalam penyajian Tabouleh adalah sayuran yang didalamnya ada tomat, bulgur, peterseli dan daun mint.

Sedangkan dalam membuat bumbunya digunakan bawang merah dan bawang putih yang dilumuri dengan minyak zaitun, perasan lemon, dan garam.

  1. Meze

makanan khas turki Meze

Meze adalah hidangan pembuka yang lezat. Dalam penyajian meze biasanya disajikan dengan minuman seperti adas manis raki, ouzo, atau arak. Jenis meze sendiri memiliki banyak macam yang berjumlah ratusan.

Baca Juga  Mobile Check-In Angkasa Pura II Semakin Memudahkan Travelers

Namun yang sangat terkenal adalah meze dolma. Untuk rasa dari meze sendiri biasanya ada yang manis, asam, gurih, dan juga pedas. Sedangkan bahan dalam membuat meze bias digunakan dari daging sapi, kambing, ayam, ikan, sayur, buah dan kacang-kacangan.

  1. Souvlaki

makanan khas turki Souvlaki

Selanjutnya makanan khas Turki yang seperti roti adalah Souvlaki. Karena camilan ini juga sering disebut dengan roti gulung khas Turki. Souvlaki menjadi makanan yang sangat digemari oleh warga Turki karena bisa dimakan di waktu pagi, siang atau malam hari.

Untuk mencoba masakan ini anda dapat mencobanya di Indonesia. Karena di beberapa restoran Turki di Indonesia sudah menjual Souvlaki dengan harga yang terjangkau.

Roti Sovlaki di Indonesia dapat dibeli dengan harga sekitar Rp. 20.000, berisikan daging sapi, bawang putih, daun selada, ketimun, tomat, parsley, youghourt, dan bumbu rempah yang khas dari Turki.

  1. Lokum

makanan khas turki Lokum

Wisatawan yang datang ke Turki biasanya membeli oleh-oleh yang tidak ketinggal adalah Lokum. Lokum adalah camilan manis yang dibuat dari bahan dasar tepung dan gula atau madu. Di Indonesia camilan ini mirip dengan mochi.

Baca Juga  Festival Layang-Layang Internasional Thailand di Hua Hin pada March 2018

Tekstur dari lokum adalah legit dan memiliki banyak rasa yang bisa anda pilih seperti jeruk, kayu manis, lemon, mint, serta air tawar. Di negaranya Lokum biasa dihidangkan ketika Bulan Ramadhan untuk berbuka puasa.

  1. Pilav

makanan khas turki Pilav

Ada pula makanan khas Turki yaitu Pilav, makanan yang dibuat dengan nasi dicampur dengan minyak zaitun dan kacang kuda. Namun makanan ini dapat di isi dengan daging ayam cincang.

Pilav seringkali dijual oleh penjual yang menggunakan gerobak kaki lima untuk sebagai pengganjal perut. Sedangkan harganya sendiri sangat terjangkau, untuk pilav yang biasa dijual dengan harga 3 lira. Sedangkan untuk yang lebih murah dijual dengan harga 2 lira. Makanan ini jika di Indonesia bisa disebut mirip dengan nasi kebuli.

  1. Iskender Kebab

makanan khas turki Iskender Kebab

Kebab, siapa yang tidak tau makanan ini. Di Indonesia sudah mulai banyak penjual kebab khas Turki, yang terkenal adalah Kebab Turki Babarafi.

Namun di Turki sendiri sebenarnya banyak jenis kebab salah satunya adalah Iskender Kebab. Iskender kebab merupakan kebab dengan isian daging doner. Doner merupakan olahan daging potong yang ditumbuk dan dibumbui dengan rempah-rempah bercampur lemak. Doner biasa dihidangkan didalam roti pide.

Baca Juga  Ke Jepang PP Cuma 4Jt. Wow!

Selain di isi dengan doner, iskender kebab juga dapat di isi dengan sayur, mentega, dan saus tomat. Cara menghidangkan iskender kebab biasanya digunakan roti terbuka yang diletakkan diatas piring.

  1. Roti Pide

roti pide makanan khas turki

Roti pide adalah roti yang hampir mirip dengan pizza dari Italia. Roti pide terbuat dari aneka toping seperti sosis, daging sapi, telur dan masih banyak jenis campuran lain. Namun harus diketahui bahwa roti pide hanya bisa ditemukan di saat bulan Ramadhan di Turki.

Bahan dalam membuat roti pide seperti ragi instan, terigu, susu murni, minyak zaitun, dan air. Kemudian adonan roti yang telah matang ditaburi dengan biji nigela khas Turki dan yoghurt yang selanjutnya diberi dengan toping.

7 Makanan Khas Turki yang Halal dan Harus dicoba Kelezatannya
5 (100%) 7 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.