10 Oleh-Oleh Khas Turki Yang Paling Banyak di Cari

Turki merupakan salah satu negara  yang mempunyai daya tarik tersendiri, negara yang terletak di antara dua benua yaitu Eropa dan Asia ini mempunyai perpaduan budaya timur dan barat sehingga membuat negara ini mempunyai pesona yang luar biasa menarik. Selain menikmati keindahan alam dan hidangan lokal khasnya, kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas Turki untuk dibawa pulang.

Ketika kamu berlibur ke Turki, maka kamu akan mudah tergiur dengan berbagai barang indah dan unik khas dari negara ini. Dengan membeli souvenir khas Turki maka kamu akan mempunyai kenangan tersendiri. Bukan hanya barang yang unik, negara ini juga menawarkan hidangan lezat yang akan memanjakan lidahmu ketika berlibur di negara ini.

Tempat membeli oleh-oleh khas Turki

tempat belanja oleh oleh di turki

Turki menjadi salah satu negara di Eropa barat yang banyak dikunjungi wisatawan. Selain itu, turki juga menjadi destinasi favorit bagi wisatawan muslim dari seluruh dunia. Ketika kamu berwisata ke negara ini, jangan lewatkan tempat perbelanjaan untuk membeli buah tangan khas Turki. Berikut ini adalah tempat-tempat belanja yang menjadi favorit para turis di Turki :

  1. Grand Bazar

Tempat yang bisa kamu kunjungi untuk membeli oleh-oleh adalah Grand Bazar. Pasar yang didirikan oleh Sultan Mamed II ini sudah berdiri sejak tahun 1455 usai penaklukan Konstatinopel. Pasar ini berlokasi di kompleks Tua Kota Instanbul, yang berada di distrik Fatih yang dekat dengan Masjid Biru.

Ada lebih dari 4000 kios yang menjual aneka kebutuhan di pasar ini. Kamu bisa membeli aneka barang, mulai dari sepatu,baju, dan aksesoris. Bukan hanya itu, kamu juga bisa membeli emas, keramik, karpet turki, souvenir, dan perhiasan perak.

  1. Spice Bazar

Tempat selanjutnya bisa dijadikan tempat belanja adalah Spice Bazar, yang berlokasi di Eminou Quarter of the Faith District. Di sini kamu bisa menemukan buah kering dan aneka rempah-rempah dan akan disuguhi dengan pemandangan warna-warni dan harumnya rempah-rempah.

Selain buah kering dan rempah, kamu juga bisa menemukan beraneka makanan kecil, souvenir, dan keramik khas Turki. Selain itu, keramahan penjualnya yang berusaha menyapa dengan bahasa setempat membuat kamu semakin nyaman untuk berbelanja di sini.

Oleh-oleh khas Turki

Setelah mengetahui tempat perbelanjaan yang ada di Turki, tentunya jangan sampai melewatkan untuk berbelanja. Berikut ini oleh-oleh khas Turki yang bisa kamu beli untuk keluarga maupun kerabat di Tanah Air :

  1. Turkish delight

oleh oleh khas turki

Turkish delight atau yang biasa disebut lokum merupakan makanan manis yang banyak digemari di Turki karena rasanya yang unik. Makanan khas turki ini  tersedia dengan berbagai rasa, ada kayu manis, mawar, lemon, kacang, dan mint. Harga turkish delight memang terbilang mahal, dengan takaran 500 gram dibandrol sekitar 100 ribuan. Selain mempunyai banyak rasa, makanan ini mempunyai ciri khas yaitu adanya lapisan tepung kelapa dan tepung gula sehingga tidak saling menempel  dan memunculkan rasa unik. Kamu bisa mendapatkan makanan ini di Spice Bazar .

  1. Teh Apel

oleh oleh teh khas turki

Teh apel juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan oleh-oleh. Teh yang mempunyai banyak paduan rasa ini merupakan salah satu hidangan populer di Turki, jadi tidak heran teh ini menjadi buruan para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.  Biasanya penyajian teh ini menggunakan gelas berukuran kecil 125 ml.

Kombinasi rasa asam dan rasa manis dari teh ini membuat setiap peminumnya merasa lebih rileks. Biasanya masyarakat Turki sendiri mengkonsumsi teh ini saat hangat pada cuaca yang dingin. Kamu bisa mendapatkan teh bubuk ini di Spice Bazar seharga 19 ribuan dengan ukuran 200 gram.

  1. Minyak zaitun

Turki merupakan pemasok terbesar minyak zaitun ke negara-negara Eropa, ada banyak ekstrak olahan zaitun yang dijual, seperti sabun, krim tangan, hingga pelembab rambut. Minyak zaitun juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Turki yang mempunyai banyak manfaat, minyak ini mengandung kandungan antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan.  Kamu bisa membelinya di Grand bazar dengan harga 53 ribuan dengan ukuran 250ml.

  1. Baklava

makanan khas turki

Makanan ini juga menjadi salah satu oleh-oleh favorit bagi para wisatawan. Baklava mempunyai beberapa isian seperti kacang atau coklat yang disiram madu atau sirup. Selain itu, makanan ini dapat bertahan selama dua minggu  jadi kamu tidak perlu mengkhawatirkan ketahanan makanan ini. Kamu bisa mendapatkan makanan ini di Grand Bazar dan Spice Market.

  1. Turkish blue eyes

pernak pernik khas turki

Salah satu oleh-oleh khas Turki yang tidak boleh dilewatkan adalah turkish blue eyes. Penduduk setempat mempercayai bahwa benda ini adalah penolak bala, biasanya benda ini digantung di rumah dan di pohon, ada pula yang menggunakannya sebagai perhiasan atau tasbih.

  1. Pashmina

Buat kamu yang suka dengan dunia fashion, maka kamu bisa membeli pashmina di Turki yang sudah terkenal kualitasnya. Dengan berbagai macam corak dan dan warna yang menarik membuat kamu semakin tergoda untuk membelinya.

Kamu bisa mendapatkannya di kios-kios souvenir di area Masjid Biru yang menawarkan dengan berbagai varian harga dari yang terendah hingga yang tertinggi. Tetapi sebelum membeli, hati-hati ketika memilih pashmina karena sudah banyak produk tiruan buatan China yang mempunyai kualitas yang hampir sama dengan pashmina Turki.

  1. Peci Merah

peci khas turki

Peci merah khas Turki atau biasa disebut dengan sebutan Fez ini bisa kamu jadikan oleh-oleh, ciri khas dari topi peninggalan Yunani kuno ini yaitu warna merah dan terdapat tali pendek di bagian atasnya. Sejarah dari peci merah ini adalah pemerintahan Turki Ottoman yang telah mengadopsi budaya pemakaian topi ini. Kamu bisa menemukan peci merah ini di kios souvenir Grand Bazar. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari 45 ribu hingga 50 ribu rupiah.

  1. Keramik unik khas Turki

souvenir khas turki

Berbagai macam bentuk ukuran dan jenis keramik ini bisa kamu beli untuk dijadikan oleh-oleh maupun sebagai koleksi untuk diri sendiri. Bentuknya dapat berupa piring, gelas teh, asbak, dan bentuk lainnya yang bisa menjadi daya tarik. Keramik ini bisa kamu jumpai di Grand Bazar.

  1. Gantungan kunci

gantungan kunci khas turki

Jika kamu mencari buah tangan yang simpel dan mudah dibawa dalam jumlah banyak, maka kamu bisa membeli gantungan kunci. Biasanya gantungan kunci yang banyak dijumpai adalah gantungan berbentuk sepatu atau lampion berukiran lukisan khas Turki. Selain bermanfaat, gantungan kunci juga bisa menjadi kenang-kenangan sudah pernah mengunjungi Turki.  Kamu bisa menjumpai banyak penjual gantungan kunci di Grand Bazar.

  1. Magnet

Selain gantungan kunci, kamu juga bisa membeli magnet kulkas untuk dijadikan oleh-oleh. Dengan beragam bentuk dan tulisan yang unik dan harga yang terjangkau sehingga tak membuat kantongmu menipis. Kamu bisa memilih magnet dengan desain yang sesuai dengan karakter orang yang ingin kamu berikan. Magnet ini bisa kamu temukan di Grand Bazar.

Artikel menarik lainnya:

10 Oleh-Oleh Khas Turki Yang Paling Banyak di Cari
5 (100%) 7 vote[s]
Categories Berita

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.