7 Hal Penting Sebelum ke Islandia

Travelerstars – Kali ini kita akan jalan-jalan ke London untuk menikmati kota London yang eksotis. Selanjutnya terbang ke Islandia untuk melihat aurora di Islandia.

Kalau kalian ingin travelling ke Islandia dari Jakarta dengan harga tiket yang murah, ada 3 pilihan rute yaitu London, Amsterdam atau Copenhagen.

7 Hal Yang Harus Dipersiapkan untuk Ke Islandia

Tiket Ke London dan Islandia

Tiket ke Iceland dari Amsterdam atau Denmark lebih mahal dibanding tiket dari London ke Reykjavik. Tapi sebenarnya sama saja, karena kalau lewat London anda harus memiliki visa UK yang tentunya membutuhkan biaya yang juga tidak murah.

Saya memilih Garuda Indonesia dari Jakarta langsung ke London Heathrow Terminal 3. Berangkat pagi dan sampe di London pada sore hari. Istirahat di hotel Ibis Ibis London dekat Heathrow Airport. Akses dari hotel menuju airport sangat mudah. Ada shuttle bus dengan biaya 5 pound sekali jalan. Keesokan harinya saya berangkat dengan pesawat Iceland Air dari London – Reykjavik pada jam 12 siang dan tiba di Reykjavik pada sore hari.

Baca Juga  Cerita Wisata dari Johor Bahru ke Singapura

Visa Schengen

Karena saya ingin ke Stonehenge juga, akhirnya saya pergi lewat London dan karena itu membutuhkan 2 visa yaitu visa UK dan Visa SCHENGEN (Islandia) yg dikeluarkan dari kedutaan Denmark (VFS Kuningan).  Seperti Visa Schengen yang lain, saya mengajukan aplikasi visa schengen melalui VFS denmark tanpa melakukan perjanjian. Langsung datang dan menyerahkan berkas. Setelah visa schengen untuk ke Iceland selesai, selanjutnya mengajukan aplikasi untuk visa UK. Kedua Visa selesai dalam waktu kurang dari 1 bulan.

Pakaian Dingin

Pakaian adalah hal terpenting jika Anda ingin ke Iceland. Pilihlah pakaian yang dapat menahan dingin dan juga anti air baik bagian atas ataupun bawah. Ingat, tidak perlu membawa payung saat hujan karena Iceland sangat berangin, sehingga dapat merusakkan payung Anda. Pengalaman saya saat menunggu Aurora di malam hari, temperatur bisa mencapai minus 8 derajat Celcius. Uniqlo Ultra Light Down Jacket 550 ternyata kurang efektif menahan dingin. Padahal sudah dilapisi 3 layer wool dan polyester. Saran saya, carilah baju lapis luar down jacket parka 600 keatas seperti North Face, Columbia dan lainnya. Jangan menggunakan pakaian katun, pilih pakaian dengan bahan wool atau polyster. Temperatur di bulan Maret rata-rata sekitar minus 5 sampai minus 3 derajat Celsius ditambah angin membuat terasa lebih dingin. Untuk sepatu cari model seperti Waterproof Boot

Baca Juga  Tips Pakaian Saat Winter

Tranportasi Darat

Bus Straeto adalah transportasi utama di Reykjavik. Gunakan aplikasi di Iphone untuk memanfaatkan moda transportasi ini. Anda juga harus memiliki kartu kredit! Kalau ke airport sudah ada shuttle bus. Ingat, jangan pakai taxi di Eropa karena sangat mahal. Sebenarnya untuk menjelajahi Iceland, Anda bisa menyewa mobil hanya saja saya tidak memiliki pengalaman berkendara saat musim dingin.

Penginapan

Saya tingal di dua tempat yang berbeda saat di Reykjavik. Pertama di City Center Hotel – lokasinya tepat di center downtown dan akses strategis. Yang kedua di 22 Hill hotel, agak dekat ke laut sehingga dekat ke daerah Sun Voyager

Makanan di Islandia

DI Iceland, Anda wajib mencoba steak ikan paus dan lobsternya. Lobsternya sangat enak. Kebanyakan menunya hanya codfish, whale steak , lobster, lamb dan goose. Ada juga makanan khas Iceland yaitu Rotten Shark (hiu yg sudah difermentasi)

Biaya Hidup di Islandia

Sebenarnya biaya sangat relatif, namun kalau dibandingkan dengan negara lain, Iceland termasuk negara dengan biaya hidup tinggi. Makanan paling murah yg saya dapat adalah hotdog dengan harga sekitar 80 ribu per buah.  Burger Meal atau Kebab seharga  250-300 ribu untuk satu porsi. Makan malam yang layak, seharga 1.5 – 2 juta untuk 2 orang. Bahkan saat musim panas, biaya hidup di sana bisa 2x lipat dari harga saat winter karena Iceland sudah dipenuhi oleh turis.

Baca Juga  Islandia, Surga dan Keajaiban Dunia

Silakan pantau video saya untuk perjalanan saya selama di Iceland

MUSIC already Licensed for non-commercial use:
by Epic Soul Factory – Everdream

7 Hal Penting Sebelum ke Islandia
5 (100%) 6 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.