Cerita Wisata dari Johor Bahru ke Singapura

Travelerstars, Saya ingin berbagi pengalaman wisata dari Johor Bahru (JB) ke Singapura dengan menggunakan KTM. Jarak tempuh hanya 5 menit dari JB sentral ke Woodlands. Saya beli tiket secara online, dan tiket hanya bisa dibeli satu bulan sebelum keberangkatan, harganya cuma MYR 5 kalau dari Johor, dan SGD 5 kalau dari Singapura.

Panduan Wisata Johor Bahru ke Singapura

Nah, dianjurkan beli secara online biar dapatnya terjamin, karena pengalaman kemarin saat di JB sentral, tepatnya di ticket counter ada tulisan tiket yang bisa dibeli cuma saat jam siang. Padahal waktu di kereta, saya lihat juga tidak penuh.

Beli tiket bisa di web KTM langsung, selain itu ada di easy book, tapi kena biaya tambahan sebesar Rp 1.000. Kebetulan, trip kemarin saya mengajak dua keponakan tanpa didampingi orang tuanya. Sudah khawatir bakal ditanya macem-macem sama petugas, eh ternyata mereka lolos. Malah suami yang kena random checking, ditanya sekitar 20 menit, tapi akhirnya lolos juga. Pertanyaannya juga cuma seputar waktu pulang, tiket pulangnya, dan pekerjaan, serta tujuan kedatangan.

Setelah dari Woodlands Train Checkpoint, keluar gedung kemudian naik bus 950 ke Marsiling MRT, bayar SGD 1,4/orang. Dari Marsiling, lanjut ke Harbour Front sekitar 50 menit. Turun MRT, cari bus RWS8, bayar SGD 1.  Lebih irit daripada naik monorail yang biayanya SGD 4/orang.

Saya tinggal di Johor dan pulang pergi ke Singapura untuk perjalanan sehari penuh ke USS. Kemarin menginap di Johor karena penerbangan pulang pergi dari Johor. Dan pertimbangan kami pergi berenam, penginapan di Johor lebih terjangkau, jauh lebih bagus dari di Singapura degangan harga yang sama. Dan untuk koneksi internet, kita sewa modem dari Indonesia yang bisa terhubung kelima perangkat. Kalau dihitung-hitung lebih hemat daripada beli nomor lokal di Singapura atau Malaysia.

Dari USS, akhirnya kami kembali pulang ke Johor melalui bus TS8, dari Sentosa langsung ke Johor seharga 7 SGD tiap orang.  Walaupun jarak tempuh lebih lama, pertimbangannya biar bisa istirahat tidur di bus.

Selama di JB, transport pakai jasa taksi Uber atau Grab. Untuk mendapatkan Uber XL (6 seater) juga gampang, tidak terlalu susah seperti pengalaman Maret lalu ke Penang. Di Penang kemarin, banyaknya mobil kecil (1-4 penumpang).

Selain itu penginapan di Apartemen KSL City Mall di Johor, harga booking via airbnb cuma sekitar Rp 600 ribu/malam. Fasilitasnya lengkap, dua kamar double bed, dua kasur tambahan, dan dua kamar mandi (satunya pakai bathtub). Fasilitas semakin lengkap dengan adanya kolam renang, gym, play ground, dan di bawah kamar apartemen ada mall, mau belanja gampang. Ada juga TESCO dan yang paling penting ada mesin cuci, komplit sama setrikaan dan meja setrika nya.

Sumber : https://www.facebook.com/groups/1468005403448997/permalink/1982138138702385/

Komentar Anda