Menikmati Panorama Alam di Kepulauan Palawan Filipina

Emmanuel_Filipina3

Sahabat, kali ini saya ingin berbagi pengalaman ke salah satu tempat wisata menarik di dunia, yaitu Kepulauan Palawan, Filipina. Salah satu kepulauan di Asia Tenggara ini memiliki banyak tujuan wisata alam, di antaranya adalah pantai dengan keindahan bawah laut yang sudah mendunia. Sebut saja di Pantai Boracay, Coron, Cebu, dan El Nido.

Wilayah El Nido sendiri merupakan tujuan wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di Filipina. Sejumlah pulau karang yang membentang telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Sebelum berangkat ke area El Nido, sebaiknya pelajari terlebih dahulu moda transportasi yang tersedia. Dari Kota Manila ada layanan transportasi udara. Beberapa maskapai penerbangan seperti Air Asia, dan Cebu Pacific bisa melayani Anda melalui jalur Manila ke Pueto Princesa yang merupakan Ibukota dari Propinsi Kepulauan Palawan.

Jalur ini sering dipakai oleh para wisatawan lantaran biayanya lebih murah dan jam terbang yang rutin. Namun, sebenarnya ada penerbangan langsung dari Manila menuju wilayah El Nido melalui Maskapai Penerbangan Air Swift, tetapi harganya lebih mahal.

Selanjutnya dari Kota Puerto Princesa menuju El Nido dilakukan perjalanan darat yang memakan waktu 5 hingga 6 jam. Jalur ini bisa menggunakan kendaraan umum dan bisa sewa bus kecil. Namun, untuk kendaraan umum terakhir yang bisa disewa hanya sampai jam 6 sore. Menyoal tarif naik bus kecil untuk umum sebesar 750 PHP (Mata uang Peso Filipina) tiap orangnya.

Sedangkan untuk harga sewa bus kecil ke El Nido mencapai 5.000 PHP. Bus kecil itu mampu menampung 14 penumpang. Kalau harga memesan sewa bus kecil melalui online bisa mencapai 6.000 – 7.000 PHP.

Kini kita bicarakan soal penginapan yang cukup banyak di area El Nido. Di antara penginapan wisatawan itu ada yang dekat dengan pantai, tetapi harganya cenderung lebih mahal.
Saya pernah menginap di Big Mike Hostel dengan harga 500 PHP per malamnya. Sedangkan kalau untuk kamar pribadi dihargai 1.400 PHP per malamnya. Harga itu sudah termasuk biaya sarapan pagi.

Menurut saya yang punya hostel ini orangnya baik. Bagusnya, di dalam hostel itu ada dapur umum yang bisa kita gunakan. Saya berikan saran kepada Anda kalau bawa kopi dan mie Indomie buat pemilik hostel karena mereka suka.

Keuntungan menginap di hostel ini adalah dekat dengan pantai atau pelabuhan serta lokasi belanja dan makan sehingga tidak perlu menggunakan jasa transportasi.

Silakan hubungi pemilik hostel bernama Ibu Arlen di nomor +63 9273360441, atau bisa pesan melalui booking.com.

2 Komentar

  1. Thanks infonya bro sangat bermanfaat

    1. Author

      Terima kasih Mas Erwin…mudah-mudahan bisa memberikan informasi lainnya yang juga bermanfaat

Komentar Anda