TravelerStars – Kali ini kita akan mengikuti perjalan sahabat TravelerStars, Anna Khristiantri saat ke ke negara skandinavia,  Norwegia.  Dia akan berbagi cerita perjalanan saat berada di kota Bergen, Flam dan Oslo. Yuk kita simak!

Perjalan ke Negara Skandinavia, Norwegia

Norwey In A Nutshell

Untuk perjalanan kali ini, kami mengikuti jalur Norway in a Nutshell (NiN).

Bagi Traveler yang belum tahu, Norway in a Nutshell (NiN) adalah paket perjalanan dari Oslo-Bergen (atau sebaliknya), melalui Flam dengan menggunakan beberapa moda transportasi. Masing-masing perjalanan tiap moda menyuguhkan pemandangan khas negara skandinavia yang sangat indah dan menakjubkan.

skandinavia
Rumah di Sudut Kota Foto : Anna K

Paket perjalanannya meliputi :

Bergen – Voss : Kereta
Voss – Gudvangen : Bus
Gudvangen – Flam : Fjord cruise
Flam – Myrdal : Kereta Flamsbana
Myrdal – Oslo : Kereta
Harga paket perjalanan NiN ini sebesar 1770 NOK (sekitar Rp 2,7 juta). Dapat dibeli di www.norwaynutshell.com

Baca Juga : MATF by Panorama Tour

Bila Traveler tidak ingin membeli paket, dapat juga membeli tiket untuk setiap perjalanan secara terpisah. Harganya akan lebih murah dan waktunya juga lebih fleksibel, tentunya akan sedikit menyita waktu Traveler.
Kereta dari Bergen – Voss : beli langsung di stasiun harga 330 NOK ( Rp 320. 000)
Bus dari Voss – Gudvangen : beli langsung seharga 204 noNOK  (Rp 167. 000)
Ferry dari Gudvangen – Flam: beli di www.visitflam.com seharga 305 NOK (Rp 491. 000)
Kereta Flamsbana dari Flam – Myrdal : beli di www.nsb.bo seharga 320 NOK (Rp 547. 000)
Kereta dari Myrdal – Oslo : beli di www.nsb.bo seharga 299 NOK (Rp 481.000)

Baca Juga  Tempat Wisata Jepang Sejuta Pesona

Total harga NiN ketengan 1606 nok (sekitar 2 juta). Lumayan lebih murah bukan?

skandinavia
Salah Satu Sudut Kota – Foto Anna K

Menginap di Bergen, Norwegia

Tiba di Bergen dengan pesawat dari Faroe Islands jam 10.20 pagi. Langsung menuju City Center dengan bis 80 NOK. Menginap semalam di Citybox Bergen. Bergen merupakan kota kecil yang dapat ditempuh dengan jalan kaki. Di Bergen kami hanya jalan ke Fish Market dan Bryggen. Bryggen yg merupakan Unesco Heritage karena terdapat banyak bangunan cantik berwarna warni yang sebagian merupakan toko souvenir dan museum.

Baca Juga : Faroe Island, Wonderful Heaven

Voss – Gudvangen – Flam

Dari Bergen menuju Voss memerlukan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Sampai Voss langsung ganti bis ke Gudvangen. Stasiun bus tepat berada di sebelah stasiun kereta. Perjalanan dengan bis selama 1 jam 10 menit. Perjalanan cruise dari Gudvangen ke Flam sangat menakjubkan. Kami berlayar menyusuri Naeroyfjord selama 2 jam 15 menit.

skandinavia
Stasiun Kereta Api membelah Gunung Salju – Foto Anna K

Menjelajah Flam, Surga Dunia di Skandinavia

Kami mendarat di Flam sekitar jam 14.15. Terdapat information center, souvenir shop dan beberapa restaurant. Ada juga Coop Marked yang merupakan satu-satunya supermarket disana.
Disebelahnya ada Flam Railway Station. Kami menginap di Flam Camping Youth Hostel selama 2 malam. Lokasinya jalan kaki sekitar 5 menit dari Flam station/pier. Hari kedua di Flam kami ikut tour ke Stegastein view point. Yaitu melihat indahnya Naeroyfjord dari atas ketinggian 650m. Sungguh pemandangan yang sulit untuk diungkapkan keindahannya. Tour ini memerlukan waktu selama 2 jam. Paket dapat beli langsung di Flam Visitor Center atau di www.visitflam.com seharga 220 NOK (Rp 345. 000)

Baca Juga  Liburan Asik ke Jepang
skandinavia
Pemandangan Surga di Norwegia. Foto : Anna K

Flam – Myrdal – Oslo

Pagi harinya kami check-out dan melanjutkan perjalaman menunu Myrdal dengan Flamsbana Train selama 40 menit. Flamsbana train adalahsa salah satu kereta yang memberikan pemandangan selama perjalanan terindah di dunia. Kami diberi kesempatan berhenti sebentar untuk melihat air terjun yang namanya Kjosfossen. Uniknya air terjunnya masih membeku karena masih winter. Sampai Myrdal kami hanya memiliki waktu beberapa menit untuk naik kereta menuju Oslo.
Perjalanan dari Myrdal ke Oslo selama 4 jam 53 menit. Cukup lama tapi tidak membosankan karena pemandangan di luar juga tak kalah indah. Mulai dari warna hijau, coklat, sampai putih karena salju dimana-mana. Pada bulan april sebagian wilayah Norway masih tertutup salju. Spring rasa winter.

skandinavia
Berlayar di antara Camar. Foto : Anna K

Cerita Singkat di Oslo.

Di Oslo, kami hanya punya waktu tidak sampai sehari. Yang kami lakukan hanyalah belanja coklat di supermarket, jalan jalan di sepanjang Karl Johan Street, mampir beli souvenir di Hard Rock Cafe Oslo. Kami menginap di Citybox Oslo semalam. Paginya kami masih sempat mengunjungi Oslo Opera House berjarak sekitar 5 menit jalan kaki dari hotel. Siangnya kami naik kereta menuju airport untuk kembali pulang.

Penulis : Anna Khristiantri

Editor : TravelerStars

Norway, Get Away
Rate this post

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.