Canberra, Kota Kecil Yang Jarang Disinggahi

Travelerstars – Banyak tempat wisata di Canberra yang dapat Kamu kunjungi. Tahun 2015, saya tinggal di Canberra selama satu tahun dengan Work and Holiday Visa Australia (WHV) dan bekerja sebagai Au Pair (nanny) sekaligus jadi room attendant di salah satu hotal bintang lima di sana.

Satu tahun di sana, saya jatuh cinta dengan kota ini. Tidak banyak orang tahu apa saja yang bisa dilakukan dan di mana tempat wisata di Canberra. Di sini, saya merekomendasikan beberapa tempat dan festival yang bisa dikunjungi.

Wisata Canberra, Australia Festival Multicultural

Karena Canberra adalah ibukota, pastinya semua kedutaan ada di sana. Festival ini adalah salah satu event untuk memperkenalkan budaya negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Festival pada musim panas di bulan Februari ini  diadakan di pusat kota di sepanjang jalan utama. Jadi, cocok sekali buat Kamu yang travel ke Australia bulan Februari, bisa mengunjungi Canberra dan sekalian ikut serta di festival ini.

Baca Juga : Meet Authentic Japan in Kyoto

Festival Lampu Musim Gugur 

Festival ini diadakan di bulan Maret, saat memasuki musim gugur. Berpusat di city center, museum ataupun gedung pemerintahan di mana bangunan-bangunan sekitarnya disulap menjadi lebih cantik dengan cahaya dan lampu-lampu yang dipantulkan. Di samping itu, tersedia juga food festival yang memanjakan lidah sambil nonton lampu-lampu cantik.

Baca Juga  Festival Cherry Blossom
Rien_Asagi_Canberra1_small
Saya dan Bunga (Foto : Rien Asagi)

Festival Bunga Australia

Nah, ini festival yang paling ditunggu. Salah satu tempat wisata di Canberra adalah festival bunga tahunan ini diklaim yang terbesar di Australia. Diadakan di bulan September – Oktober sebagai penanda musim semi tiba, festival bunga ini berada di Commonwealth Park tak jauh dari pusat kota.

tempat wisata di canberra australia
Berpose Cantik (Foto : Rien Asagi)

Selain Festival-festival di atas, Canberra juga terkenal dengan museum nya. Beberapa yang gratis diantaranya adalah; National Museum of Australia, National Gallery of Australia, National Portrait Gallery, War Memorial Museum. Adapula Old Parliament dan New Parliament House yang wajib dikunjungi di Canberra. Namanya juga ibukota, tak heran wisata nya banyak berkaitan dengan sejarah dan pemerintahan.

Bagi yang tidak suka museum, Canberra punya Lake Burley Griffin untuk relaksasi dan piknik. Tepat berada disekitaran Commonwealth Park, sebaiknya pergi saat sunrise ataupun sunset.

Rien_Asagi_Canberra10
Sunset di Canberra (Foto : Rien Asagi)

Ingin melihat Canberra dari ketinggian? Bisa datang ke Telstra Tower di Black Mountain ataupun Lookout di Mount Ainslie.Bagi yang hobby belanja, bisa ke Canberra Centre di pusat kota ataupun Westfield Belconnen dan Woden. Kalau mau cari barang branded tapi murah bisa ke Canberra Outlet Centre di Fyshwick. Lumayan jauh dari city, sekita satu jam dengan bus.

Baca Juga  Twelve Apostles, Pesona Batu Karang di Antara Dinginnya Air Antartika

Baca Juga : Dongdaemun Market, Surga Belanja Fashion di Seoul

Salju di New South Wales

Mau liat salju? Bisa donk.
Walaupun berada di New South Wales, Mount Perisher ditempuh hanya 3 jam saja dari Canberra. Di musim dingin, tempat ini jadi idola wisatawan untuk bermain salju.

tempat wisata yang dapat di kunjungi di kota canberra
Salju di Canberra (Foto : Rien Asagi)

Kapan waktu terbaik mengunjungi Canberra? Saya sarankan datang di musim dingin, semi atau gugur karena pengalaman pribadi di sana, musim panas Canberra sangat tidak bersahabat dengan kulit saya, kering dan berjerawat. Plus, Summer di Canberra adalah waktunya red bellied snakes keluar dari sarang nya.

Penginapan Hotel di Canberra

Tempat menginap di Canberra?
Kebanyakan traveller stay di YHA. Rate di sana lumayan mahal sekitar $40/night. Lebih baik book di AirBnB. Sewaktu saya di sana, saya bertemu dengan tante Ida, orang Indonesia yang sudah menetap di sana dan sudah jadi citizen. Beliau menyewakan kamar di rumah beliau via AirBnB. Kalau ada yang berminat, mungkin saya bisa bantu komunikasikan dengan beliau. Orangnya super baik.

Baca Juga  Sim Internasional, Begini Prosedur Pembuatannya
hotel di canberra australia
Musim Gugur di Canberra (Foto : Rien Asagi)

Kelebihan Canberra dari kota lainnya adalah, selama di sana, saya bisa mengikuti kursus bahasa Inggris, termasuk kursus IELTS gratis di perpustakaan2 di setiap district. Point lainnya adalah, Canberra sebagai kota mahasiswa di mana saya lebih banyak berbaur dengan mahasiswa Indonesia baik yang S2 ataupun S3 dan merasakan kekeluargaan yang sangat erat dengan mereka.

Baca Juga : 2018, Semua Penerbangan Internasional di Soetta akan Pindah ke Terminal 3

Satu lagi, di Canberra, Kangguru ada di mana-mana jadi tak perlu ke kebun binatang, cukup liat di belakang rumah saja. 

Rien_Asagi_Canberra9
Canberra in Colors (Foto : Rien Asagi)

Kekurangannya adalah, transportasi di sana memang terbatas. Walaupun bisa ditempuh dengan city bus, tapi kalau bisa bawa kendaraan sendiri bisa explore kota lebih banyak lagi. Untuk bus fare pun sebesar $2.91 sekali jalan (2016) dan gratis perjalanan di hari yang sama jika sudah menghabiskan $9. Sebaiknya membeli kartu bus My Way di mini market dekat city bus station.

Penulis : Rien Assagi

Editor : TravelerStars

Canberra, Kota Kecil Yang Jarang Disinggahi
Rate this post

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.