Tempat Wisata Yunani dan Tips Perjalanannya

Travelestars – Halo Sahabat Travelerstars! Saya akan berbagi pengalaman saya saat meluangkan waktu berjalan-jalan ke tempat wisata Yunani di tengah kesibukan saya mengikuti konferensi.

Sekilas Tentang Yunani dan Wisatanya

Yunani adalah tempat yang nyaman untuk travelling, terutama bagi perempuan. Di sini orangnya sangat baik dan ramah. Banyak dari mereka yang bisa berbahasa Inggris terutama di Athena (kalaupun mereka tidak bisa bahasa Inggris namun kebanyakan pasti mengerti kalau kita menanyakan sesuatu dalam bahasa Inggris).

Mereka tidak segan untuk membantu memberi petunjuk jalan ke berbagai temapt wisata Yunani. Negara ini masih belum bangkit dari krisis ekonomi dan biaya hidup disini relatif lebih murah daripada negara Uni Eropa lainnya, jadi Yunani adalah tujuan yang tepat bagi Anda yang ingin travelling dengan budget terbatas.

Wisata di Yunani
Salah Satu Situs Peninggalan Kuno di Athena (Foto : Dian)

Baca Juga: Promo Tiket Emirat Ke Eropa Rp 12 Jutaan Hingga 31 Maret

1. Cara Mendapatkan Visa untuk Wisata ke Yunani

Yunani merupakan bagian dari negara Uni Eropa, jadi diperlukan Visa Schengen untuk masuk ke negara tersebut. Mendaftar Visa Schengen melalui Kedutaan Yunani sedikit merepotkan karena beberapa alasan :

  • Pengajuan visa tidak melalui VFS seperti negara Uni Eropa lainnya. Jadi bagi yang di luar Jakarta menjadi agak susah. Lebih baik melalui travel agent, dengan biaya Rp.2.450.000 saya sudah mendapatkan Visa Schengen dalam waktu 1 bulan.
  • Kedutaannya kecil dengan jumlah staff yang hanya sedikit. Perlu waktu cukup lama untuk memproses dokumen kita. Kalau Kamu telepon hari ini mungkin baru dapat jadual untuk memasukan dokumen sekitar 2 – 3 minggu lagi. Tapi coba hubungi saja kedutaannya untuk mengetahui jadual yang tersedia karena informasi ini tidak bisa didapat di website.
  • Bagi yang sudah pernah mendapatkan Visa Schengen, sebenarnya tidak perlu hadir di kedutaan untuk pengambilan foto dan sidik jari. Tapi terkadang kedutaan Yunani tidak mendapatkan data dari kedutaan Negara Uni Eropa lainnya. Bersiap-siap saja kalau harus dipanggil ke kedutaan mereka.

2. Referensi Penginapan di Athena – Wisata Yunani

Hotel di Athena Yunani. Bagi yang waktu tinggalnya terbatas, lebih baik menginap di daerah Acropolis saja. Kebanyakan tujuan wisatanya terletak di area ini. Jadi Anda tinggal jalan kaki sekitar 5-15 menit.

Areanya juga lebih aman dan bersih dibandingkan area lainnya karena area ini adalah area untuk turis. Memang hotelnya cukup mahal, sekitar ± €80-120 / malam.

Baca Juga  Mengunjungi Area Wisata di Brighton, Inggris

Jauh lebih mahal dibanding area lainnya di Athena. Tapi ada juga backpaker hostel yang bagus dan harganya hanya €20-30 / malam. Hostel yg terkenal dan lokasinya strategis itu namanya Athens Studio, hanya 5 menit dari Acropolis

wisata di athena yunani
Yunani Kaya akan Situs Kunonya (Foto : Dian)

3. Transportasi di Athena – Wisata Yunani 

Transport di Athena Yunani. Kalau mau pergi dari area Acropolis bisa naik taksi atau Metro. Metro itu sistem kereta bawah tanah Athena.

Biaya sekali jalan €1.40, tapi ada juga tiket harian yang lebih murah kalau mau keliling kota Athena. Beli tiketnya di mesin tiket di pintu masuk stasiun (ada bahasa Inggrisnya), lalu divalidasi di mesin kuning sebelum discan pas masuk gate. (Note: tiketnya harus divalidasi yah, kalau tidak divalidasi dan kena cek itu dendanya sama dengan gak beli tiket).

Dari airport ke pusat kota bisa naik Metro juga, harganya tergantung jauhnya stasiun tujuan. Waktu itu saya dari airport ke Acropolis non-stop tiketnya €10 (ini udah yang paling mahal disbanding stasiun tujuan lainnya). Di Athena gampang juga dapet taksi, biasa ada taxi stand di ujung2 jalan.

Memang ga ada tandanya, liat aja kalo ada taksi2 ngumpul dan bapak2 ngobrol2 sambil ngerokok, tinggal deketin aja bilang mau kemana. Taksi disini semua pasti pake meter dan relatif murah (dibanding kota2 Eropa lainnya loh yah), jadi ga usah repot2 nawar deh.

Dan selama saya disana sih selalu beruntung ketemu supir2 taksi yang baik, ada yang khawatir saya travelling sendirian lalu ngasi wejangan2, ada juga yang nawarin rute memutar lewatin bangunan2 bersejarah free of charge sambal diceritain, ada juga yang ngasi makanan. Hehehe.

Untuk transport ke kota2 lain dari Athena, bisa naik kereta (http://www.trainose.gr/en/). Booking tiket sebaiknya online jauh2 hari sebelum berangkat supaya dapat tempat di kereta eksekutif (yang sekabin isi 4 penumpang ala2 Hogwart Express gitu), harga tiketnya €42.40/passenger.

Tiket di kelas ekonomi lebih murah €10, TAPI sangat rawan copet. Jadi kalau naik keretanya berjam2 atau solo traveller, yah mending di eksekutif saja.

4. Referensi Tempat Wisata di Yunani 

Tempat Wisata di Yunani. Sebenarnya ada free walking tour dan jadwal2nya bias ditanyakan di tiap hotel. Titik kumpul biasanya di Acropolis Museum.

Baca Juga  Tips Liburan di London dengan Mobil Sewaan

Tapi waktu itu saya tidak ikut free tour karena saya mau bebas menentukan jadwal saya sendiri. Ada tiket terusan untuk wisata tempat2 sejarah harganya €30 berlaku untuk 5 hari dan sudah termasuk: Acropolis, Ancient greek agora, ancient cemetery of Kerameikos, Lykeion of Aristotle, The library of Hadrian, Olympieion, dan Roman Agora. Tiket terusan ini lebih hemat daripada beli satu2 dan hemat waktu ngantri.

Tips: beli tiket terusannya di tempat lain selain Acropolis (saranku sih ke Olympieion dulu) , jadi pas di Acropolis tinggal tunjukin tiket dan masuk dan ga ngantri tiket lama.

Di Acropolis ngantri tiketnya panjang banget dan panas. Untuk ke Acropolis Museum biaya tiketnya €5, lokasinya tepat di seberang Acropolis. Disarankan sih ke museum ini dulu baru ke Acropolis biar lebih ngerti sejarahnya. [/su_box]

Lalu kalau sempat mampir juga ke National Archeological Museum, cuma 2 stop naik Metro dari stasiun Acropolis, lalu jalan kaki sekitar 15 menit. Atau bisa juga naik taksi €4 – 6 (tergantung macet atau ngga). Disini bisa lihat Antikythera Mechanism yang terkenal itu, komputer pertama dalam sejarah.

Kalau ada waktu harus ke daerah Plaka juga, disini banyak kafe2 dan toko2 kecil di jalan2 kecil berbatu. Daerahnya cantik sekali, dan surga bagi yang senang shopping pernak-pernik. Area ini dekat dengan Acropolis (masih area kota Athena dari jaman dahulu kala), bisa jalan kaki sekitar 15 menit. Sayangnya saya gak sempat muter2 disini jadi ga bias cerita banyak. Dilihat sendiri aja langsung yah, cantik banget kok tempatnya.

Kota Thessalonika di Yunani

Saya jatuh cinta dengan kota kecil ini. Orang2nya amat sangat ramah dan daerah pusat kotanya sangat aman, bahkan larut malam sekalipun. Restoran dan kafe2 pun banyak yang tutup jam 2 atau 3 subuh, jadi bagi yang suka jalan2 malam2 jangan kuatir. Sejarah kotanya pun sangat menarik. Disini berbagai budaya kuno bercampur karena kota ini merupakan pusat dagang dan kota terkaya zaman Byzantine Empire.

1. Transport di Kota Thessalonika Yunani

Kota ini kecil sekali, dari ujung ke ujung naik taksi mungkin hanya 30 menit. Disini tidak ada Metro atau kereta, jadi kemana2 naik taksi atau bus. Gampang kok cari taksi tinggal setopin aja di pinggir jalan. Naik bus tiketnya bisa beli lgsg di mesin tiketnya di dlm bus dan divalidasi (harga sekitar €0.50 – €1, tergantung tujuan). Tapi saya waktu itu kebanyakan jalan kaki kemana2 sih, ga jauh2 kok tempatnya.

Baca Juga  Cerita Wisata dari Johor Bahru ke Singapura

2. Penginapan di Kota Thessalonika Yunani

Hotel di pusat kota harganya sekitar €40-60/malam (tergantung high season atau ngga). Saya waktu itu menginap di hostel baru yang sangat bagus namanya Stay Hybrid Hostel (http://www.thestay.gr/), harga ± €20-30/malam.

3. Wisata di Kota Thessalonika Yunani

Yang pertama kali dilihat pasti area jalan2 disepanjang garis pantai menuju ke White Tower (tiket €5, atau bisa langsung beli tiket terusan €15 untuk ke museum2 lain juga), museum yang menceritakan sejarah pertahanan di Thessaloniki, kalau datang jam 6 sore waktu mau tutup bisa lihat prajurit2 upacara turunin bendera di puncak tower. Sepanjang garis pantai itu banyak restoran2 dan kalau hari Minggu ada banyak stand2 jualan pernak-pernik juga, dan pastinya sangat ramai.

Seperti di Athena, wisata sejarah disini ada tiket terusannya juga, harga €15 (kalau tunjukin kartu perlajar jadi €2) sudah termasuk Archeological Museum of Thessaloniki, Museum of Byzantine Culture, White Tower, Roman Agora complex and museum, Galerian complex (Galerius Palace). Roman agora complex sangat recommended untuk mengetahui sejarah kota ini.

Satu lagi yang harus dikunjungi adalah Rotonda (tiket €2). Bangunan tempat ibadah ini satu2nya bangunan yang masih utuh dan jadi saksi jatuh bangunnya kota ini sejak kekaisaran Romawi.

Tips :

  • Selalu bawa sebotol air kemana2. Disini udaranya kering jadi gampang haus walaupun tidak berkeringat banyak. Terutama kalau ke Yunani selama musim panas, jangan sampai kena heat stroke.
  • Wear proper walking shoes! Terutama kalau mau ke Acropolis soalnya jalannya menanjak. Beberapa tempat sejarah tidak diperbolehkan masuk mengenakan heels, karena bisa merusak situs sejarah yang sangat mereka jaga. Saya sudah lihat beberapa wisatawan China ditolak masuk gara-gara ini.
  • Budaya orang Yunani ramah dan suka bercerita sama seperti budaya kita. Banyaklah tanya2 dengan orang sekitar ataupun pelayan2 restoran, pasti kita banyak dapat rekomendasi (dan bahkan gratisan).

Penulis : Dian Maria Blandina

Editor : Travelerstars

Tempat Wisata Yunani dan Tips Perjalanannya
Rate this post

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.