4 Fakta Menarik Curug Bidadari Yang Jarang Diketahui

Wisata Curug Bidadari – Air terjun bidadari atau biasa juga disebut Curug Bidadari merupakan icon wisata kota Bogor, Jawa Barat dan juga menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Sentul Paradise Park. Setiap hari tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi pada saat hari libur.

Karena selain memanfaatkan keindahan alam air terjun yang alami, terdapat pula wahana kolam renang disekitarnya sehingga sangat cocok untuk dijadikan wahana liburan bersama keluarga kalian. Air terjun bidadari ini memiliki ketinggian mencapai 50 meter.

Di lokasi wisata ini juga disediakan wahana kolam renang yang khusus diperuntukan kepada anak-anak dan berada tepat di bawah air terjun dengan kedalaman 30 cm, sehingga sangat aman untuk anak-anak. Selain itu juga terdapat kolam renang khusus dewasa dengan kedalaman 1,5 meter.

Kalian dapat berenang dan berendam santai di kolam ini menggunakan ban pelampung yang dapat kalian sewa dengan harga yang sangat terjangkau. Terdapat juga wahana Wave Pool dan Lazy Pool yang akan memberikan sensasi ayunan dan ombak buatan saat kalian berenang di dekat air terjun. Kalian juga bisa menyewa wahana permainan flying fox yang terdapat di sekitar air terjun.

Baca Juga  7 Tempat Wisata di Beijing China Saat Musim Panas dan Dingin

Sejarah dan Legenda Curug Bidadari

 

fasilitas curug bidadari bogor

Awalnya, lokasi air terjun bidadari ini sangat tersembunyi. Untuk dapat mencapai air terjun ini pengunjung harus berjalan kaki sejauh 2 km. Adanya bukit yang membentuk lembah membuat air terjun ini hanya bisa terlihat sebagian, tidak secara keseluruhan. Karena hal ini lah, bukit yang membentuk lembah tersebut akhirnya digali untuk membuat akses jalan menuju air terjun. Penggalian ini juga bertujuan untuk membuat kolam penampungan dari air terjun tersebut. Selain itu, karena terdapat batuan yang sangat besar tepat di depan air terjun, akhirnya batu tersebut dibelah dan di buat akses jalan menuju air terjun.

Sedangkan legenda yang beredar di masyarakat, di antara bebatuan raksasa yang ada terdapat sebuah celah yang dulunya merupakan tempat persembunyian Jaka Tarub. Sesuai dengan cerita legenda yang ada, Jaka Tarub menggunakan celah tersebut untuk mengintip para bidadari dari khayangan yang sedang mandi di sana. Dan kisah inilah yang melatar belakangi asal usul nama Air Terjun Bidadari.

Baca Juga  10 Makanan Khas Myanmar Ini Wajib Anda Coba Ketika Travelling

Harga Tiket Masuk Curug Bidadari

harga tiket masuk curug bidadari bogor

Harga tiket masuk untuk weekday dan weekend dibedakan. Pada hari Senin sampai Jumat harga tiket sebesar 25 ribu per orang, sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu harga tiket sebesar 30 ribu per orang. Harga tiket biasanya akan naik sebesar 40 ribu sampai 50 ribu per orang ketika hari libur nasional atau hari-hari besar lainnya. Akan tetapi harga tiket masuk di curug bidadari ini tiap tahun mengalami kenaikan, tentunya disesuaikan dengan segala fasilitas terbaru yang disediakan.

Rute Lokasi Curug Bidadari

rute lokasi curug bidadari

Curug Bidadari atau Air Terjun Bidadari terletak di kabupaten Bogor, tepatnya di Desa Bojong Koneng, Sentul. Lokasi tempat wisata ini sangat strategis karena berada di perbatasan tiga wilayah, yaitu Bogor, Bekasi, dan Depok Jakarta.

Fasilitas Curug Bidadari

Disini pengelola menyediakan penyewaan berbagai macam perahu karet seperti, perahu kayuh, perahu donat, dan juga perahu bebek. Menyewakan juga pelampung yang bisa kalian gunakan untuk berenang di kolam, pelampung donat ukuran double dengan harga sewa 20 ribu rupiah, sedangkan untuk pelampung donat single disewakan dengan harga 15 ribu rupiah. Dibuat juga perosotan yang tingginya sekitar 7 meter yang akan meluncur langsung menuju kolam.

Baca Juga  Ini 12 Destinasi Wajib Dikunjungi di Singapura

Untuk kalian yang hanya ingin menikmati pemandangan sudah disediakan juga gazebo yang bisa kalian sewa untuk bersantai dan beristirahat. Disekitar lokasi juga terdapat kantin yang menjual aneka macam makanan khas Jawa Barat dan makanan lainnya dengan harga yang cukup murah. Hal ini merupakan bagian dari fasilitas sepesial yang di tawarkan pihak pengelola dengan memberikan harga makanan yang terjangkau bagi wisatawan yang berasal dari semua kalangan.

 

4 Fakta Menarik Curug Bidadari Yang Jarang Diketahui
5 (100%) 8 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.