12 Destinasi Wajib Dikunjungi Di Malaysia

Travelerstars – Malaysia kini jadi salah satu negara tujuan liburan favorit Travelers Indonesia. Salah satu faktor pendukung banyaknya kunjungan Travelers nasional adalah karena sering adanya tiket promo maskapai penerbangan. Tak heran, banyak Travelers domestik yang memilih liburan ke Malaysia. Jika Travelers berencana mengunjungi negeri jiran dalam waktu dekat ini, berikut 8 tempat wisata di Malaysia yang wajib dikunjungi:

Tempat Wisata di Malaysia yang Wajib Dikunjungi

  1. Menara Kembar Petronas

Menara Kembar Petronas jadi andalan Malaysia untuk menarik para Travelers dan menjadi ikon tempat wisata di Malaysia.  Lokasinya  berada di Kuala Lumpur, maka tidak akan sulit untuk menjangkaunya. Bangunan yang menakjubkan ini benar-benar megah dan di dalam gedung ini pengunjung dapat menemukan gedung bioskop berikut mall untuk berbelanja setelah menonton misalnya.

menara petronas Malaysia
Menara Petronas Kuala Lumpur – Foto : Google.com

Pada waktu liburan bersiaplah mengantre dari pagi jika ingin naik ke menara ini. Waktu paling baik untuk bisa berfoto ria adalah sebelum jam 7 pagi dan bila ingin hasil foto lebih bagus, silakan berfoto pada malam hari karena segala kilau cahaya akan dapat diabadikan.

Menara Kembar Petronas buka dari hari Selasa hingga Minggu. Jam kunjungan adalah dari jam 9 pagi sampai 9 malam. Khusus pada hari Jumat, pelayanan tutup dari jam 1 siang hingga setengah 3 siang. Pengunjung dewasa dikenakan biaya RM 84,80 atau Rp 300 ribu, sementara untuk pengunjung anak-anak dikenakan RM 31.80 atau sekitar Rp 113 ribu.

  1. Genting Highlands

Tempat wisata di Malaysia lainnya yang tersohor adalah Genting Highlands. Berada di daerah pegunungan yang tinggi dengan udara di sini sangat dingin. Lokasi Genting Highlands ini mirip dengan Puncak atau Lembang. Di sini ada banyak sekali tempat bermain baik untuk anak-anak hingga dewasa. Ada permainan yang outdoor juga indoor.

genting highlands malaysia
Salah Satu Destinasi di Genting Highland – Foto : Google.com

Untuk pergi ke Genting Highlands tersedia bus dari beberapa terminal di Kuala Lumpur, yaitu Puduraya, KL Sentral, Terminal Putra, Pasarakyat. Di tempat pembelian tiket ini juga menyediakan paket untuk bermain ke genting selama 1 hari, termasuk tiket pulang pergi, dan permainan di sana.

Lalu setelah sampai di stasiun bus tujuan, perjalanan akan dilanjutkan dengan Cable Car menuju puncak Genting Highlands. Bus terakhir dengan tujuan Genting biasanya jam 7 malam dan bus yang akan meninggalkan Genting biasanya paling terakhir jam 8.30 malam.

  1. Bukit Bintang

Bukit Bintang bisa dikatakan sebagai ‘surga’ pencinta belanja di Kuala Lumpur, jadi anda bisa mencari oleh-oleh khas Malaysia disini. Di kawasan ini terdapat banyak hotel berbintang, kafe, hingga tempat hiburan. Meskipun begitu, Travelers masih bisa menjumpai pedagang kaki lima yang menjual souvenir khas dengan harga murah. Karenanya, kawasan ini menjadi salah satu spot favorit Travelers berbagai kalangan.

Baca Juga  Mengenal Terminal 4 Changi Airport di Singapura
bukit bintang malaysia
Suasana Bukti Bintang Malaysia – Foto : Google.com

Untuk menuju lokasi ini, Travelers bisa mengakses melalui Monorail dan turun di Stasiun Bukit Bintang.

  1. National Palace Royal Museum

The Royal Museum berada di lokasi Istana Negara lama. Bangunan   berdiri di sebuah lahan luas. National Palace Royal Museum buka setiap hari dengan jam operasional dari pukul 9 pagi hingga 17 sore. Tiket masuk untuk Travelers dewasa dikenakan RM 10 atau sekitar Rp 32 ribu, sementara Travelers anak-anak dengan usia antara 6-12 tahun dikenakan RM 5 atau sekitar Rp 16 ribu.

Royal Palace Museum
Royal Palace Museum – Foto : Google.com
  1. Batu Caves

Salah satu tempat wisata di Malaysia lainnya adalah Batu Caves. Untuk berkunjung ke tempat ini tidaklah sulit karena jaraknya hanya 13 kilometer di sisi utara Kuala Lumpur. Batu Caves merupakan Batu Caves merupakan spot suci bagi para umat Hindu. Travelers yang datang ke sini bukan hanya umat Hinda Malaysia saja, tapi para umat Hindu yang datang ke Malaysia mendatangi Batu Caves.

batu ceves malaysia
Batu Ceves Malaysia. Foto : Google.com

Untuk memasuki kawasan wisata ini Travelers tidak perlu merogoh kocek untuk masuk. Walau merupakan tempat suci, Batu Caves adalah sebuah obyek wisata yang boleh dikunjungi siapa saja. Namun, bersiaplah untuk kelelahan karena ada sekitar 272 buah anak tangga yang lumayan terjal sehingga harus berhati-hati dalam melangkah.

Keunikan pada anak tangga tersebut adalah adanya angka di setiap anak tangganya sehingga para pengunjung yang melewati tangga tersebut bakal mengetahui dengan mudah sudah mencapai anak tangga ke berapa.

  1. Jalan Alor

Bagi Travelers yang senang jalan-jalan sekaligus icip-icip makanan, tempat seru untuk dikunjungi adalah Jalan Alor. Kawasan ini paling asyik didatangi pada malam hari. Setelah seharian berjalan-jalan, pasti malamnya ingin makan yang enak-enak, maka silakan langsung datang ke surganya penggemar kuliner ini.

Jalan Alor Malaysia
Jalan Alor Malaysia. Foto : Google.com

Jalan Alor jadi salah satu tempat wisata terkenal yang menawarkan beraneka ragam jenis makanan, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat yang bakal membuat perut kenyang setengah mati. Cita rasa dari makanan-makanan tersebut juga tidak usah diragukan lagi karena semuanya nikmat di lidah.

  1. Jembatan Putra Jaya

Jembatan Putrajaya jadi ikon Malaysia, jembatan ini merupakan sebuah mahakarya seni yang membuat semua orang terkagum sebab dibangun dengan lampu-lampu menarik yang dipadukan secara sempurna dan cantik. Jika ingin mengunjungi jembatan ini, disarankan Travelers datang pada malam hari karena akan lebih indah momen yang bisa diabadikan.

Jembatan Putrajaya Malaysia
Jembatan Putrajaya Malaysia. Foto : google.com

Jembatan yang lokasinya bisa ditemukan di kawasan kompleks Putrajaya yang dikenal sebagai area pemerintahan Malaysia ini memiliki konsep bangunan yang sangat Islami. Bila mencari lokasi ini dengan bertanya pada warga sekitar, gunakan nama Jambatan Putra agar lebih mudah mendapat panduan. Jembatan ini berada di atas sebuah danau bernama Putrajaya yang luasnya sampai 650 hektar. Ambil tur wisata kalau ingin menelusuri Jembatan Putrajaya yang hanya perlu membayar RM 1 atau sekitar Rp 3.550.

Baca Juga  Kunjungi 6 Tempat Wisata di Perancis Paling Terkenal

Tur wisata ini tersedia di setiap akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu jam 11 siang atau 3 sore masing-masing memakan waktu 2 jam.

  1. Kuala Lumpur Bird Park

Kuala Lumpur, Malaysia juga menawarkan atraksi seperti Kuala Lumpur Bird Park. Dengan luas area 20,9 hektar, taman burung ini diklaim sebagai taman burung terbesar di dunia. Lokasinya juga berada di pusat kota, sehingga mudah ditempuh dengan transportasi umum.

Malaysia Bird Park
Malaysia Bird Park. Foto : Google.com

Taman yang dilengkapi pohon besar, sungai, dan burung-burung yang terbang bebas akan membuat Travelers seperti berada di hutan alami. Selain itu, Travelers juga dapat menonton pertunjukan di amfiteater, memberi makan, hingga foto bersama burung. Cukup dengan membayar RM50 (dewasa) atau Rp 195 ribu dan RM41 (anak-anak) atau Rp 145 ribu.

Untuk menuju lokasi ini, Travelers bisa menggunakan Bis RapidKL nomor B101 atau B112, turun di Dayabumi Complex bisa juga dengan KTM Komuter turun di Stasiun Kuala Lumpur atau Bus Hop On-Hop Off, turun di terminal No 14.

  1. Kuala Lumpur City Centre (KLCC)

Kuala Lumpur City Centre (KLCC) merupakan salah satu taman hijau yang ada di salah satu sudut Ibu Kota Malaysia. Taman yang seluas sekitar 50 hektare ini merupakan hasil arsitek asal Brazil yaitu Roberto Burle Marx dengan konsep edukasi alam.

Kuala Lumpur City Centre (KLCC) berada tidak jauh dari menara Petronas. Jadi di taman ini tidak hanya memiliki panorama taman yang hijau tetapi juga tampilan gedung pencakar langit yang ada di Kuala Lumpur termasuk menara petronas.

Di tengah taman Kuala Lumpur City Centre (KLCC) ini juga terdapat danau Simfoni dengan luas 10 hektar dipercantik dengan sebuah jembatan sepanjang 43 meter yang melintasi danau tersebut.

Jika beruntung, pengunjung bisa menyaksikan sebuah pertunjukan air mancur dengan sorotan lampu warna-warni saat malam hari.

Kuala Lumpur City Centre (KLCC) dilengkapi dengan taman bermain anak seluas 2 hektar, lintasan joging dengan panjang 1,3 kilometer, tempat duduk taman, dan juga terdapat jalan setapak untuk berjalan kaki yang sangat indah.

Untuk menikmati taman di Kuala Lumpur City Centre (KLCC) ini traveller tidak perlu membayar tiket masuk atau gratis.

  1.  Sri Mahamariamman

Sri Mahamariamman salah satu wisata ikonik yang ada di Malaysia. Sri Mahamariamman merupakan sebuah kuil Hindu tertua yang ada di Jalan Tun H S Lee, City Centre,  komplek Chinatown, Kuala Lumpur, Malaysia.

Berdasarkan historis Kuil Sri Mahamariamman didirikan pada tahun 1873 oleh Thamboosamy Pillai. Kemudian dibuka untuk umum pada tahun 1920.

Kuil Sri Mahamariamman memiliki arsitektur yang ikonik. Dimana daya tarik Kuil Sri Mahamariamman ini terdapat pada arsitektur Gopuram atau menara lima tingkat yang ada di Kuil tersebut.

Selain itu struktur bangunan kuil yang mengagumkan jangan sampai terlewatkan untuk diabadikan. Traveller juga bisa bertanya langsung tentang historis Kuil Sri Mahamariamman kepada penjaga yang ada disana.

Jika beruntung traveller dapat menyaksikan dan mengabadikan sebuah momen perayaan umat Hindu di Kuil Sri Mahamariamman.

  1.  Malaysia Textile Museum

Malaysia Textile Museum merupakan sebuah museum yang memberikan informasi tentang historis pakaian dan kain Malaysia. Museum ini beralamat di Jalan Sultan Hishamuddin, City Centre, Kuala Lumpur Malaysia.

Malaysia Textile Museum memiliki arsitektur campuran  Moghul-Islamic. Museum ini berada tepat di samping gedung Sultan Abdul Samad (Sultan Abdul Samad Building).

Berdasarkan historis gedung museum ini sudah ada sejak tahun  1896. Dahulu gedung Malaysia Textile Museum ini berfungsi sebagai kantor Departemen Pekerjaan Selangor.

Malaysia Textile Museum mulai dibuka untuk umum pada tahun 2010. Di dalam museum traveller dapat melihat aneka macam kain Malaysia berikut alat dan cara pembuatannya.

Selain menampilkan kain-kain asal negeri Jiran, di Malaysia Textile Museum ini juga ditampilkan kain-kain tradisional dari beberapa negara di Asia seperti India, Thailand, dan juga Indonesia.

Traveller juga bisa membeli aneka souvenir unik yang ada di Gift  Shop tepatnya berada di lantai dasar Malaysia Textile Museum.

Yang lebih keren adalah untuk  masuk ke Malaysia Textile Museum pengunjung tidak perlu membayar uang sepeserpun alias gratis.

  1. Sunway Lagoon Theme Park

Sunway Lagoon Theme Park merupakan salah satu arena taman bermain yang ada di Petaling Jaya, Selangor Malaysia.

Sunway  Lagoon Theme Park memiliki 6  taman bermain dengan wahana dan tema yang berbeda. Taman tersebut meliputi Waterpark, Wildlife Park, Nickelodeon Lost Lagoon, Amusement Park, dan Extreme Park.

Untuk wahana yang tersedia di  Sunway Lagoon Theme Park sendiri lebih dari 80 wahana yang bisa dinikmati oleh traveller dengan tantangan yang berbeda.

Sunway  Lagoon Theme Park juga menyuguhkan Tarian Selamat Datang (wellcome dance). Tarian Mali Cove Dancewear biasanya yang menjadi suguhan selamat datang. Ditambah karakter-karakter lucu yang bisa di ajak berfoto.

Untuk harga tiket masuk ke Sunway  Lagoon Theme Park disesuaikan dengan usia pengunjung. Berikut kisaran harga tiket masuk yang sewaktu-waktu juga dapat berubah.

Anak-anak RM 126
Dewasa RM 153

Naskah : Travelerstars

Baca Juga  8 Tempat Wisata di Sri Lanka

Foto : Google.com

12 Destinasi Wajib Dikunjungi Di Malaysia
Rate this post

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.