Travelerstars.com – Kota Bogor menjadi salah satu kota favorit bagi para wisatawan,yang menjadi alasan adalah karena Kota Bogor memiliki banyak sekali pilihan tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah dan iklim yang sejuk. Nah, di Kota Bogor ada salah satu spot wisata yang selalu ramai di kunjungi wisatawan pada saat hari libur yaitu, Curug Leuwi Hejo yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan mampu menyejukan mata. Tempat wisata ini bahkan sering disebut sebagai Green Canyon nya Kota Bogor, hal ini dikarenakan curug Leuwi Hejo memiliki kolam berwarna hijau toska di bawah curug nya atau air terjun.

Kolam berwarna hijau toska yang dimiliki curug leuwi hejo ini semakin menambah keindahan curug. Saking jernihnya kolam dibawah curug ini, kita dapat meilhat dasar kolam yang berupa tanah dan bebatuan. Bahkan saat air kolam di bawah curug ini terkena pancaran sinar matahari akan memantul dan membias yang semakin menambah keindahan nya.

Para pengunjung juga bisa berenang di kolam tersebut yang memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter. Namun tetap harus berhati-hati pada saat berenang, karena dasar kolam yang merupakan bebatuan yang sangat licin. Sedangkan air terjun nya sendiri memiliki ketinggian hanya sekitar 2 meter saja. Curug ini pun semakin bertambah keindahannya dengan adanya tebing-tebing yang menjulang tinggi yang mengelilingi sekitar curug.

Lokasi dan Fasilitas Curug Leuwi Hejo

harga tiket masuk curug leuwi hejo
via sinarmanto.blogspot.com

Lokasi Curug Leuwi Hejo berada di kawasan Sentul, lebih tepat nya beralamat di Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Selain memiliki pemandangan yang indah, curug ini juga memiliki fasilitas penunjang yang akan membuat para pengunjung betah dan nyaman. Fasilitas yang terdapat di curug ini antara lain seperti area parkir yang luas dan aman, toilet, gazebo dan masih banyak lagi. Di kawasan ini juga disediakan beberapa warung makan yang memudahkan para pengunjung yang ingin membeli makanan dan minuman tanpa perlu keluar kawasan ini.

Harga Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo

sejarah Curug Leuwi Hejo
via kesiniaja.com

Untuk harga tiket masuk yang harus dibayar oleh para pengunjung yaitu sebesar Rp 15.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir motor yaitu sebesar Rp 8.000 dan Rp 10.000 untuk biaya parkir mobil. Dengan harga tiket yang terbilang murah tersebut kalian sudah bisa menikmati keindahan alam dan fasilitas yang ada. Sedangkan untuk jam operasional Curug Leuwi Hejo buka setiap hari pada pukul 08.00 pagi sampai 17.00.

Baca Juga  Curug Ciherang: Harga Tiket Masuk, Fasilitas & Lokasinya

Sejarah Penamaan Curug Leuwi Hejo

rute menuju Curug Leuwi Hejo via
liberica-magazine.blogspot.com

Penamaan Curug Leuwi Hejo ini sendiri berasal dari dua kata dalam bahasa Sunda yaitu kata Leuwi dan Hejo. Leuwi sendiri dapat di artikan sebagai area maupun tempat tertentu yang menjadi bagian dari sebuah sungai. Selain itu, Leuwi juga dapat diartikan sebagai tempat yang dipergunakan sebagai pemandian, dengan aliran sungai yang tenang dan adanya bebatuan dan pepohonan disekitarnya. Sedangkan nama Hejo tentunya merupakan penyebutan untuk warna Hijau dalam bahasa Sunda. Karena kejernihan dari air kolam yang berada di bawah curug menimbulkan  semburat gradasi biru kehijauan hasil dari pantulan cahaya matahari yang kini menjadi asal mula penamaannya.

Sebelum dikenal dengan nama Leuwi Hejo, dulunya kawasan ini lebih dikenal dengan nama Curug Bengkok oleh warga sekitar. Penamaan ini sendiri merujuk pada aliran air terjun dan juga sungai nya yang berkelok atau tidak lurus sebagaimana seperti air terjun pada umumnya. Curug ini baru dibuka pada tahun 2014 silam, dan semakin terkenal setelah banyaknya blogger dan pengunjung yang mempublish ceritanya tentang Curug Leuwi Hejo ini.

Cerita Mistis Curug Leuwi Hejo

Berdasarkan mitos yang beredar di lingkungan warga sekitar, siapa saja yang berniat jelek seperti melakukan hal yang melewati norma, mengotori curug dengan membuang sampah sembarangan maupun bertutur kata yang kasar, akan mendapat nasib buruk dan tidak selamat saat di tempat maupun pada perjalanan pulang. Konon terdapat dua tokoh setempat yang menjaga Curug Leuwi Hejo yaitu bernama Mbah Barong dan juga Aki Jawa.

Mitos lainnya yang berkembang di tempat ini juga sering dikaitkan dengan keberadaan dari Nyi Blorong dan juga keberadaan Mbah Uyud Marsinah. Meski belum jelas bagaimana keterkaitannya, namun nama Mbah Uyud Marsinah sendiri memang masih terdapat peninggalannya berupa petilasan/kuburan yang letaknya sendiri masih berada disekitar Curug Leuwi Hejo. Meski terkesan angker, namun belum banyak yang mengulas cerita mistis ini. Sehingga masih sulit untuk diceritakan secara utuh dan mungkin hanya beberapa penduduk sekitar yang paham mengenai hal ini.

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.