Curug Luhur Bogor : Harga Tiket Masuk, Lokasi & Fasilitas

Curug Luhur: Harga Tiket Masuk, Lokasi & Fasilitasnya – Saat liburan ke Kota Bogor ada salah satu referensi tempat wisata alam yang harus kalian kunjungi.

Tempat wisata ini bernama Curug Luhur, nama Curug Luhur ini sendiri berasal dari bahasa sunda. Kata curug berarti “air terjun” sedangkan kata luhur berarti “tinggi”, sehingga jika digabungkan memiliki arti “air terjun yang tinggi”.

Bagi warga Bogor dan sekitarnya, Curug Luhur ini menjadi salah satu destinasi wisata alam populer di Kota Bogor. Curug Luhur memiliki pemandangan alam yang masih asri dan udara nya yang sejuk, selain itu hal lain yang menarik dari Curug Luhur ini adalah adanya dua buah air terjun yang sejajar atau kembar.

Sedangkan untuk ketinggian Curug Luhur yaitu sekitar 50 meter, terdapat pula kolam air yang berada tepat dibawah curug yang memiliki kedalam sekitar 15 meter.

Tetapi demi keamanan pengunjung dasar kolam kini sudah di timbun dengan berton-ton material, sehingga jarak kedalamannya berkurang menjadi 7 meter. Uniknya meskipun hujan deras mengguyur kawasan ini, air kolam yang berasal dari Curug akan tetap jernih dan tidak keruh sedikitpun.

Disekitar kawasan wisata Curug Luhur terdapat juga sebuah kolam renang yang cukup luas. Kolam renang pun dibagi menjadi dua yaitu ada kolam untuk dewasa dan ada juga kolam yang khusus untuk anak-anak.

Untuk para orang tua tidak perlu khawatir dengan kedalaman kolam renang, karena sudah distandarkan untuk para anak-anak agar leluasa berenang atau bermain air. Kolam renang ini disediakan oleh pengelola untuk para pengunjung yang ingin menikmati sejuknya air pegunungan dan juga sangat menyegarkan.

Ada juga sebuah air terjun berukuran kecil yang letaknya berada disebelah kolam. Air terjun kecil tersebut bukan asli dari alam, tetapi merupakan buatan penduduk sekitar Curug Luhur sebagai spot tambahan bagi para wisatawan yang datang kesini.

Harga Tiket Masuk Curug Luhur

curug luhur bogor 2018

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Curug Luhur yang harus dibayar pengunjung adalah sebesar Rp 40.000 per orang, ditambah biaya parkir Rp 8.000 untuk sepeda motor, dan Rp 20.000 untuk mobil.

Harga tiket disini terbilang cukup mahal dari tempat wisata alam curug-curug yang ada disekitar kompleks Taman Nasional Halimun Salak. Ini dikarenakan Curug Luhur dikelola oleh perusahaan swasta. Jadi fasilitas yang ditawarkan pun berbeda, sehingga mempengaruhi tarif yang harus dibayar oleh para pengunjung yang datang kesini.

Lokasi Curug Luhur

harga tiket masuk curug luhur

Wisata Alam Curug Luhur Bogor ini letaknya berada di kaki Gunung Salak dan masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun – Salak.

Lebih tepatnya lokasi Curug Luhur ini berada di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Berjarak sekitar 24 km dari pusat Kota Bogor dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dengan menggunakan sepeda motor. Sedangkan kalau menggunakan mobil mungkin akan memakan waktu lebih lama.

Fasilitas Curug Luhur

penginapan curug luhur

Dulunya Curug Luhur Bogor ini hanya memiliki satu air terjun saja, kemudian warga sekitar berinisiatif membuat air terjun buatan itulah sebabnya kebanyakan pengunjung dan warga sekitar sering menyebut tempat ini memiliki air terjun kembar.

Untuk fasilitas yang terdapat di tempat wisata ini terbilang cukup memadai seperti adanya kolam renang dan waterboom.

Maka wajar saja kalau banyak didatangi pengunjung. Selain itu masih ada juga beberapa fasilitas lain seperti:

  1. mushola,
  2. kamar ganti,
  3. toilet,
  4. beberapa spot area untuk duduk santai dan lain-lain.

Untuk memanjakan perut pengunjung tersedia juga restoran yang menjual aneka menu makanan khas Bogor.

Untuk kalian yang membawa kendaraan sendiri tak perlu khawatir, karena area parkir yang tersedia disini lumayan luas yang berada sekitar 150 meter dari curug.

Saat kalian melintasi jalan menuju Curug Luhur, kira-kira jarak 1 km  sebelum mencapai lokasi utama terdapat warung-warung warga sekitar yangmenjual aneka makanan dan minuman. Dan untuk area parkir menjadi satu kawasan dengan warung-warung tersebut.

Bagi yang ingin menginap atau mengahbiskan beberapa hari di tempat ini, terdapat juga vila-vila di sekitar Curug yang nyaman dan bersih tentunya.

Curug Luhur Bogor : Harga Tiket Masuk, Lokasi & Fasilitas
5 (100%) 1 vote

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.