Pemandian Air Panas Cangar, Harga Tiket, Lokasi, Fasilitas dan Jam Operasional

Pemandian Air Panas Cangar – Kota Batu memang sudah terkenal dengan udara nya dingin serta kesejukannya. Dan sudah tidak heran lagi kalau Kota Batu memiliki banyak tempat wisata mulai dari wisata edukasi, wisata permainan, wisata alam dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali tempat wisata yang menarik di Kota Batu ini terutama wisata alamnya. Salah satu tempat wisata yang bisa kalian kunjungi saat berlibur di Kota Batu Malang ini adalah pemandian air panas Cangar yang terkenal di Batu Malang.

Obyek wisata pemandian air panas yang berada di daerah lereng gunung Wilerang ini merupakan tempat pemandian alami yang memiliki kandungan belerang lumayan tinggi. Sehingga sangat tepat sekali untuk dijadikan sebagai tempat merendam tubuh kalian agar tubuh kembali menjadi segar dan terasa enak.

Merasakan tempat pemandian air panas Cangar ini dapat menjadi alternative pilihan bagi kalian untuk melepas kelelahan dan akan membuat kalian menjadi rileks. Wisata pemandian ini memberi kesegaran air hangat yang berasal dari mata air Gunung Welirang.

pemandian air panas cangar
via wisatabatuindonesia.blogspot.com

Tempat wisata ini berada di atas ketinggian 3.000 mdpl serta memiliki suasana yang sejuk dan cukup nyaman. Selain itu, rimbunnya pepohonan yang mengelilingi pemandian ini menjadikan kesan terlihat asri. Wisata pemandian air panas Cangar ini terletak di area Taman Hutan Rakyat Raden Soerjo.

Bukan hanya menikmati kesegaran air hangat yang alami, disini kalian juga dapat melihat bermacam-macam fauna yang hidup liar di area hutan ini. Salah satu fauna yang menempati dan tinggal di wilayah hutan ini adalah Lutung Jawa. Saat berendam di pemandian air panas Cangar ini kalian akan ditemani dengan kicauan burung yang bersahutan, tentu ini akan membuat perasaan nyaman dan tenang ketika berendam. Dan otomatis kalian pun akan merasa betah berwisata di tempat ini.

Di pemandian air panas Cangar ini juga sudah disediakan kolam-kolam yang digunakan untuk berendam. Ada bermacam-macam jenis kolam. Ada kolam yang di khususkan untuk wanita, kolam ini dibuat tertutup sehingga privasi untuk wanita tetap terjaga, kolam khusus untuk berendam dan lainnya.

Ada juga kolam yang didesain seperti tempat sauna di jepang, jadi satu kamar mandi hanya dapat digunakan untuk satu orang tidak lebih sehingga kalian tidak perlu malu untuk berendam dengan orang lain. Dan disekitar sumber mata air dikelilingi oleh pepohonan yang hijau dan rimbun.

Bukan hanya itu, disini juga terdapat gua-gua dari peninggalan Jepang. Tempat ini pun masih alami, sehingga membuat banyak monyet-monyet yang bertahan hidup dan tinggal disitu. Jadi kalian tidak perlu kaget kalau tiba-tiba saja bertemu dengan monyet-monyet itu. Belibur di pemandian air panas Cangar ini sungguh menakjubkan. Bagaimana tidak, di tempat ini kalian bukan hanya dapat merasakan hawa sejuknya saja tetapi juga bisa menikmati air hangat yang natural dan alami sekaligus.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Cangar

rute ke pemandian air panas cangar
via maxnyoos.com

Biaya tiket masuk di tempat wisata ini cukup terjangkau, kalian hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 15.000/ orang untuk wisatawan lokal, dan Rp 25.000/ orang untuk wisatawan mancanegara. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan bermotor dikenakan tarif sebesar Rp 3.000/ motor, dan untuk mobil Rp 5.000/ mobil saja.

Jam Operasional Pemandian Air Panas Cangar

Dengan jam buka mulai dari jam 06.00 pagi sampai dengan tutup jam 05.00 sore.

Fasilitas Pemandian Air Panas Cangar

harga pemandian air panas cangar malang
via dolandolen.com

Fasilitas yang dimiliki tempat wisata Pemandian Air Panas ini sudah cukup lengkap. Jadi disini kalian bukan hanya menikmati berendam di air panasnya saja, tapi kalian juga bisa menikmati fasilitas lain yang telah disediakan. Ada taman bermain mini yang bisa dugunakan untuk bermain  anak-anak.

Selain itu ada juga tempat bersantai untuk yang ingin sekedar duduk-duduk saja. Jika kalian ingin bermalam ditempat ini terdapat Camping Ground yang telah disediakan, tapi sebelum itu kalian harus meminta izin dahulu ke kantor Perhutani jika ingin mendirikan tenda.

Kalian juga bisa menyewa villa yang sudah tersedia disini. Terdapat dua villa di area ini dengan harga sewa yang cukup terjangkau, harga sewa mulai dari Rp 500.000 per malam. Disamping villa juga ada aula yang bisa digunakan untuk gedung pertemuan. Terdapat pula kamar mandi yang bersih, toliet dan musholla. Untuk kenyaman kalian berlibur, kalian bisa datang dihari biasa, karena pada saat hari libur pemandian Air Panas Cangar Ini sangat ramai pengunjung.

Lokasi Pemandian Air Panas Cangar

Lokasi Wisata Pemandian Air Panas Cangar ini beralamat di Desa Cangar, Kelurahan Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Dengan jarak sekitar 20 km dari pusat Kota Batu Malang.

Artikel menarik lainnya:

5.0
08

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.