6 Makanan Khas Laos yang Paling Lezat dan Harus Anda Cicipi

Makanan Khas Laos – Untuk anda yang sedang berwisata di Laos, maka jangan lupa untuk mencoba makanan khas Laos. Mengapa kami merekomendasikan untuk mencicipi makanan negara Laos? Karena di sana makanannya mengandung banyak rempah-rempah dan memiliki rasa yang lezat.

Laos sendiri merupakan negara yang berada disekitar Cina, Thailand, Vietnam, Myanmar dan Kamboja. Sehingga masakannya juga terpengaruh dari negara-negara terdekatnya. Untuk itu berikut ini beberapa makanan khas yang ada di Laos yang layak untuk anda coba ketika berkunjung kesana.

  1. Khao Jee

Khao Jee adalah sejenis sandwich ala Laos yang biasanya berisi roti Perancis, tomat yang di iris, keju, irisan ham dan daging babi, ada tambahan wortel, selada kemudian disiram dengan saus bawang putih dan cabe. Untuk bahan rotinya sendiri dibuat dari tepung beras, sehingga terbebas dari gluten.

Jika anda yang sedang berlibur di Laos, tidak akan kesulitan menemukan Khao Jee, sebab makanan khas ini dijual hampir oleh semua pedagang kaki lima di jalan-jalan. Selain itu ada juga di Restoran-restoran di kotanya.

Baca Juga  Ini 4 Destinasi Menarik Di Brunei Darussalam

Sebelum dihidangkan Khao Jee akan dipotong menjadi dua kemudian disajikan bersama dengan kopi sehingga akan terasa nikmat untuk menyantapnya.

  1. Ping Gai

Ada ayam panggang yang sudah sangat terkenal di masyarakat Laos yaitu Ping Gai. Untuk memasak Ping Gai sangat mudah yaitu Ayam dibelah dan direndam dalam campuran bumbu yang biasanya terdiri dari saus ikan, bawang putih, bawang merah, kunyit, sereh, lengkuas, daun ketumbar, cabe, kecap manis, gula aren serta tambahan cuka.

Ayam akan direndam beberapa jam hingga bumbu tersebut meresap dengan sempurna sebelum kemudian dipanggang hingga matang. Ping Gai disana akan disajikan dengan ketan dan Tam Mak Hoong atau salad pepaya. Bisa dibayangkan bukan, lezatnya ayam panggang dengan bumbu rempah-rempah dimakan bersama ketan. Sungguh menggugah selera makan anda pastinya.

  1. Khao Niaw

Jika diatas adalah Khao Jee, maka ini adalah Khao Niaw. Khao Niaw adalah makanan khas Laos yang terbuat dari irisan buah mangga yang manis.

Mangga yang sudah di iris terseebut lalu dicampurkan dengan beras ketan yang telah dimasak sebelumnya. Hidangan ini kemudian dilengkapi dengan santan.

Baca Juga  Ini 8 Lokasi Belanja Murah di Kuala Lumpur Malaysia

Untuk anda yang pertama kali makan masakan ini tentu rasanya akan sangat enak, karena campuran asam dan manis mangga dipadukan beras ketan yang mempunyai rasa manis bercampur dengan santan kental.

Ketika anda makan mungkin akan teringat pada es campur di Indonesia. Sehingga cita rasa makanan ini sangat tepat jika dinikmati setelah makan berat.

  1. Khao Piak Sen

Ada satu lagi makanan khas Laos yang dapat anda santap kapan pun anda mau. Baik di kala sarapan, makan siang atau makan malam yaitu Khao Siak Sen.

Makanan ini adalah sajian kaldu ayam atau daging sapi yang disiramkan diatas mie beras. Jika di Indonesia mungkin disebut dengan gado-gado. Jadi jika ingin merasakan makanan ini namun bisa mengingatkan akan gado-gado di Indonesia, maka anda sangat disarankan untuk mencicipinya.

  1. Larb

makanan khas laos

Berikutnya ada Larb, yaitu sejenis salad daging cincang yang merupakan makanan khas Laos. Larb terbuat dari daging pilihan, bisa dari daging ayam, daging bebek, ikan, daging sapi dan lainnya.

Kemudian ditambahkan dengan jamur, lalu diberi bumbu air jeruk nipis, saus ikan dan rempah-rempah yang segar. Dengan adanya rempah-rempah ini akan menambah kenikmatan salad daging cincang.

Baca Juga  Kampung Warna Warni Jodipan: Harga Tiket, Lokasi dan Sejarahnya

Makanan khas di Laos ini bisa dihidangkan bersama sayuran segar, dapat dinikmati menjadi menu sarapan, makan siang maupun ketika makan malam. Untuk pilihan daging anda dapat menyesuaikan dengan selera makan anda, karena daging apapun dapat dibuat menjadi Larb, akan lebih nikmat jika anda mencampurnya dengan sayur mentah dan beras ketan.

  1. Nam Khao Tod

Nam Khao Tod yaitu salad yang didalamnya di isi dengan nasi goreng, kacang tanah, parutan kelapa dan potongan sosis babi yang ditaburi dengan bumbu saus ikan, air jeruk nipis, irisan cabe kering dan bumbu rempah-rempah yang khas Laos.

Makanan ini ditambah dengan selada, daun ketumbar, daun mint dan daun bawang sebagai pelengkapnya. Sehingga ketika anda memakannya akan terasa lezat dan nikmat di mulut.

6 Makanan Khas Laos yang Paling Lezat dan Harus Anda Cicipi
5 (100%) 8 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.