5 Tempat Wisata di Kyoto Jepang

Travelerstarstempat wisata di kyoto – Kyoto adalah kota yang terletak di Pulau Honshu, Jepang. Kota ini merupakan bagian dari daerah metropolitan Osaka-Kobe-Kyoto. Kyoto memiliki banyak situs bersejarah dan merupakan ibu kota Prefektur Kyoto. Banyak tempat wisata di Jepang khususnya Kyoto yang dapat Kamu temukan, kebanyakan adalah kuil-kuil peninggalan jaman kekaisaran Jepang beberapa ratus tahun lalu .

Berikut 5 tempat wisata di Kyoto yang terkenal yang dapat Kamu kunjungi saat ke kota tersebut.

Tempat Wisata di Kyoto Yang Terkenal

1.  Fushimi Inari Shrine

Kuil Fushimi Inari adalah kuil Shinto yang penting di Kyoto Selatan. Terkenal dengan ribuan gerbang tato vermilion, yang menaungi jaringan jalan setapak di belakang bangunan utamanya. Kebanyakan pengunjung asing datang ke Kuil Fushimi Inari untuk menjelajahi jalan setapak menuju gunung meskipun bangunan kuil itu sendiri juga menarik.

Kyoto_2
Kuil Fushimi Inari di Kyoto (Foto : Lonely Planet)

Naik ke puncak gunung dan kembali memakan waktu sekitar 2-3 jam, namun, pengunjung bebas berjalan sejauh yang mereka inginkan sebelum kembali. Sepanjang jalan, ada beberapa kuil yang lebih kecil dengan tumpukan gerbang torii miniatur. Ada juga beberapa restoran di sepanjang jalan, yang menawarkan hidangan bertema lokal seperti Inari Sushi dan Kitsune Udon (“Fox Udon”), dengan potongan aburaase (tahu goreng), yang dikatakan sebagai makanan favorit rubah.

Baca Juga  8 Tips Backpacker Ke Jepang Lengkap, Mudah dan Murah

2. Kinkakuji (Golden Pavilion)

Kinkakuji (Golden Pavilion) adalah kuil Zen di utara Kyoto yang dua lantai atasnya ditutupi daun emas. Dibangun oleh shogun Ashikaga Yoshimitsu. Kinkakuji adalah inspirasi untuk Ginkakuji (Silver Pavilion) yang sama, dibangun oleh cucu Yoshimitsu, Ashikaga Yoshimasa, di sisi lain kota beberapa dekade kemudian.

Kuil Kinkakuji sangat mengesankan dan menghadap ke kolam besar. Beberapa kali mengalami kerusakan. Struktur sekarang dibangun kembali pada tahun 1955.

Kyoto_3
Kinkaku-Ji Temple (Foto : Japan National Tourism Organization)

Setiap lantai memiliki gaya arsitektural yang berbeda. Lantai pertama dibangun dengan gaya Shinden yang digunakan untuk bangunan istana selama Periode Heian. Dengan pilar kayu alami dan dinding plester putihnya kontras namun melengkapi cerita-cerita di atas yang disepuh paviliun. Patung Buddha Shaka (Buddha bersejarah) dan Yoshimitsu disimpan di lantai pertama. Pengunjung tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam pavilion, namun masih dapat melihat bagian dalam dari seberang kolam.

Lantai dua dibangun dengan gaya Bukke yang digunakan di tempat tinggal samurai, dan eksteriornya benar-benar tertutup daun emas. Di dalamnya ada Bodhisattva Kannon yang duduk dikelilingi oleh patung-patung Empat Raja Surgawi. Terakhir, lantai ketiga dan paling atas dibangun dengan gaya Chinese Zen Hall, disepuh emas dari dalam dan luar, dan ditutup dengan phoenix emas.

3. Kiyomizudera Temple

Kiyomizudera adalah salah satu kuil paling terkenal di Jepang. Didirikan tahun 780 di lokasi Air Terjun Otowa di perbukitan berhutan di timur Kyoto. Pada tahun 1994, kuil tersebut ditambahkan ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Baca Juga  Bisa Lho Order Spesial Menu Halal di Pesawat

Kiyomizudera terkenal dengan panggung kayu yang menonjol dari aula utamanya, 13 meter di atas lereng bukit di bawahnya. Panggung memberi pandangan yang bagus dari banyak pohon ceri dan maple di bawahnya yang merebak di lautan warna di musim semi dan musim gugur, serta kota Kyoto di kejauhan.

Kyoto_4
Kiyomizudera Temple (Foto : Japan National Tourism Organization)

Air Terjun Otowa terletak di dasar aula utama Kiyomizudera. Airnya terbagi menjadi tiga aliran terpisah, dan pengunjung menggunakan cangkir yang menempel pada tiang panjang untuk diminum dari mereka. Setiap aliran air dikatakan memiliki manfaat yang berbeda, yaitu menyebabkan umur panjang, sukses di sekolah dan kehidupan cinta yang beruntung. Namun, minum dari ketiga aliran tersebut dianggap serakah.

Di sekitar pintu masuk Kiyomizudera, di luar area berbayar, berdiri berbagai bangunan kuil lainnya, termasuk sebuah pagoda bertingkat tiga vermilion, gudang untuk sutra, gerbang masuk yang besar dan Aula Zuigudo.

4. Ginkakuji (Silver Pavilion)

Ginkakuji (Paviliun Perak) adalah kuil Zen di sepanjang pegunungan timur Kyoto (Higashiyama). Ginkakuji menjadi pusat budaya kontemporer, yang dikenal sebagai Budaya Higashiyama yang memiliki dampak luas di seluruh negeri. Kesenian yang dikembangkan dan disempurnakan selama ini meliputi upacara minum teh, rangkaian bunga, teater noh, puisi, desain taman dan arsitektur.

Saat ini, Ginkakuji terdiri dari Paviliun Perak, setengah lusin bangunan candi lainnya, taman lumut yang indah dan taman pasir kering yang unik. Hal ini dinikmati dengan berjalan di sepanjang rute melingkar di sekitar pekarangannya, dari mana taman dan bangunan dapat dilihat.

Baca Juga  Ini 4 Destinasi Menarik Di Brunei Darussalam
Kyoto_5
Ginkaku-Ki (Silver Pavilion) (Foto : Buffalo Trip)

Meski namanya, Paviliun Perak tidak pernah ditutupi perak. Sebagai gantinya, diyakini bahwa namanya muncul sebagai nama panggilan lebih dari satu abad setelah konstruksi bangunan itu kontras dengan Paviliun Emas. Dijelaskan pula bahwa cahaya bulan yang memantulkan eksterior gelap gedung (yang dulu dilapisi pernis hitam di masa lalu) memberikannya penampilan yang indah.

5. Higashiyama District

Distrik Higashiyama yang terletak di sepanjang lereng bawah pegunungan timur Kyoto adalah salah satu distrik bersejarah yang paling terpelihara di kota ini. Tempat yang tepat untuk mengenal Kyoto yang otentik dan tradisional. Terutama di antara Kuil Kiyomizudera dan Yasaka, di mana jalur sempit, bangunan kayu dan toko pedagang tradisional menambah kesan kota tua.

Kyoto_6
Higashiyama District (Foto : Japan-Guide.com)

Toko-toko dan restoran di sepanjang biasanya buka sekitar pukul 9 atau 10 pagi dan tutup sekitar puluk 5 atau 6 di malam hari. Kecuali pada sepuluh hari yang lalu pada bulan Maret ketika jalan-jalan di Higashiyama dilapisi oleh ribuan lentera dan banyak Kuil.

Itulah sekilas 5 tempat wisata di Kyoto yang harus kamu kunjungi saat ke Jepang!

Sumber : japan-guide.com

Penulis : TravelerStars

5 Tempat Wisata di Kyoto Jepang
5 (100%) 9 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.