Tsukiji Market, Berburu Ikan Segar

Travelerstars – Pasar Tsukiji adalah pasar grosir besar untuk ikan, buah-buahan dan sayuran di pusat kota Tokyo. Salah satu pusat grosir yang paling terkenal dari sepuluh pasar grosir yang menangani distribusi makanan dan bunga di Tokyo. Tsukiji market paling dikenal sebagai salah satu pasar ikan terbesar di dunia, menangani lebih dari 2.000 ton ikan dan produk laut per hari.

Berbeda dengan berbagai tujuan wisata menarik di Tokyo lainnya, melihat berbagai jenis makanan laut segar dan suasana sibuk skuter, truk, penjual dan pembeli bergegas berkeliling, membuat Tsukiji Fish Market sebagai objek wisata utama. Faktanya, jumlah pengunjung telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir dan tentunya ini menjadi masalah dalam perjalanan bisnis, karena infrastruktur pasar yang menua tidak diantisipasi untuk dijadikan tempat wisata.

Tsukiji Market
Tsukiji Market (Foto : japan-guide.com)

Tsukiji Fish Market terdiri dari pasar bagian dalam di mana sebagian besar bisnis grosir dan pelelangan tuna terkenal berlangsung di sini dan pasar bagian luar yang terdiri dari toko ritel dan restorannya, diperuntukkan bagi wisatawan. Beberapa restoran juga ditemukan di pasar bagian dalam. Untuk menghindari gangguan pada jalannya bisnis, terdapat peraturan berbeda yang harus diikuti saat mengunjungi berbagai bagian di pasar.

Baca Juga  Menikmati Cantiknya Pulau Nami Di Korea Selatan?

Lelang Tuna Terbesar di Dunia

Jumlah pengunjung pelelangan tuna dibatasi hingga 120 per hari. Wisatawan yang ingin melihat pelelangan tersebut, harus mendaftar di Pusat Fukachi Osakana (Pusat Informasi Ikan) di Gerbang Kachidoki, mulai pukul 5:00 pagi (atau lebih awal pada hari-hari sibuk). Pelelangan akan dibagi dua kelompok, kelompok pertama yang terdiri dari 60 pengunjung akan dilelang antara 5:50 dan 6:05, sementara kelompok kedua yang terdiri dari 60 pengunjung akan diterima antara pukul 06:05 dan 6:20.

Baca Juga : 7 Tempat Tujuan Wisata Menarik di Tokyo

Pengunjung biasanya mulai antri berjam-jam sebelum jam 5 pagi dan jumlah maksimal kemungkinan akan terlampaui. Pengunjung yang berhasil mendapatkan nomor akan dapat melihat pelelangan dari area pengunjung yang ditentukan. Tidak diperbolehkan melihat pelelangan dari tempat lain atau menggunakan fotografi flash yang dapat mengganggu proses bisnis.

makan di tsukiji fish market
Pelelangan Tuna di Tsukiji Market (Foto : japan-guide.com)

Pasar Grosir dengan Peraturan yang Ketat

Area grosir terdiri dari ratusan kios kecil di sebuah aula besar yang ramai, tempat pembeli dan penjual saling bertemu. Ini adalah area yang menarik bagi wisatawan untuk melihat dan memotret ikan dan aksi dari para penjual. Namun ternyata juga merupakan daerah di mana para wisatawan cenderung mengganggu para penjual saat menjalankan pekerjaannya.

Baca Juga  Kini Tokyo Tower punya 'Deck Tour' baru dengan Interior Futuristik, Minuman Gratis dan Layanan Ekstra
Tsukiji Market
Area Grosir (foto : japan-guide.com)

Akibatnya, untuk mencegah kecelakaan dan gangguan terhadap proses bisnis, wisatawan tidak diperbolehkan memasuki area grosir sebelum jam 10 pagi.

Menikmati Sushi Segar

Setelah jam 7 pagi sampai sekitar jam 3 sore, “Tsukiji Outer Market” menjadi aktif dengan orang-orang di kota yang terus datang dan berbelanja dengan bebas. Ada sekitar 410 toko atau restoran di daerah ini.

cara ke tsukiji fish market
Sushi di Tsukiji Market (Foto : tsukijitour.com)

Banyak restoran terkenal yang membuka toko di sini. Anda bisa mencoba beberapa makanan dan menikmati belanja souvenir di sini. Sushi yang disajikan di Tsukiji Market tentunya memberikan sensasi yang sangat berbeda, karena ikannya benar-benar fresh. Jangan khawatir, walaupun ada beberapa toko yang menjual cukup mahal (sekitar 1000 yen untuk sushi), namun Anda dapat pula menikmati Sushi seharga 100 yen di beberapa toko tertentu.

Selain bisa makan di tsukiji fish market, Anda juga dapat belajar bagaimana membuat Sushi dari chef ahli yang ada di restoran di bagian luar Pasar Tsukiji.

tsukiji fish market
Belajar Membuat Sushi (Foto : tsukijitour.com)

Akses Menuju Pasar Tsukiji

Cara ke Tsukiji Market berada tepat di atas Stasiun Tsukiji Shijo di jalur kereta bawah tanah Oedo. Sebagai alternatif, dapat dicapai dalam lima menit berjalan kaki dari Stasiun Tsukiji di Jalur Kereta Bawah Tanah Hibiya. Stasiun JR terdekat adalah Shimbashi, dari mana Anda bisa berjalan ke pasar sekitar 15 menit.

Baca Juga  Ke Jepang PP Cuma 4Jt. Wow!

Dari Stasiun Tokyo
Ambil Jalur Kereta Bawah Tanah Marunouchi dari Tokyo ke Ginza (3 menit) dan transfer ke Jalur Kereta Bawah Tanah Hibiya untuk sampai ke Stasiun Tsukiji (3 menit). Tarifnya 170 yen.

Dari Stasiun Shinjuku
Naiklah Jalur Kereta Bawah Tanah Oedo langsung dari Stasiun Shinjuku ke Stasiun Tsukiji Shijo. Perjalanan satu arah memakan waktu 20 menit dan menghabiskan biaya 270 yen.

Sumber : japan-guide.com, tsukijitour.com

Penulis : TravelerStars

Tsukiji Market, Berburu Ikan Segar
Rate this post

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.