Atomic Bomb Dome, Saksi Kejamnya Sejarah Perang Dunia Kedua

Travelerstars – Perang dunia kedua telah usai 73 tahun lalu. Akhir perang dunia kedua ini disudahi dengan menyerahnya tentara Jepang kepada tentara Negara sekutu. Salah satu yang memicu penyerahan ini yakni dahsyatnya kekuatan bom atom yang dijatuhkan tentara Amerika Serikat. Bom ini dijatuhkan di 2 kota di Jepang, yakni Hiroshima dan Nagasaki pada tanggal 6 Agustus dan 9 Agustus 1945.

Atomic Bomb Dome 1

Saking dashyatnya ledakan yang dihasilkan dalam kurun 2 sampai 4 bulan pertama setelah pengeboman terjadi, dampaknya menewaskan 90.000–146.000 orang di Hiroshima dan 39.000–80.000 orang di Nagasaki. Sebagian besar korban yang tewas karena efek luka bakar, penyakit radiasi, dan cedera lain disertai sakit dan kekurangan gizi.

Travelerstars mengunjungi salah satu peninggalan kejamnya perang dunia kedua di Hiroshima yakni Atomic Bomb Dome. Atomic Bomb Dome ini merupakan monumen berupa puing bangunan yang tersisa setelah ledakan bom atom. Sebelum peristiwa bom atom, gedung ini adalah sebuah gedung pameran yang akhirnya berkembang menjadi gedung kantor. Letaknya di tepi Sungai Ota, Hiroshima.

Baca Juga  6 Lokasi Kunjungan Wajib Di Phnom Penh Kamboja

Pagi itu, pada 6 Agustus 1945, bunyi ledakan keras terdengar di atas udara Hiroshima. Bom Little Boy meledak 600 meter di atas permukaan tanah. Pusat ledakan di atas Rumah Sakit Shima yang kini menjadi kompleks dan Museum Perdamaian Hiroshima. Atomic Bomb Dome letaknya tak jauh dari pusat ledakan dan satu-satunya bangunan yang tersisa.

Sangat mengerikan menyaksikan puing-puing dampak bom atom ini. Menurut informasi yang tertera di museum Perdamaian Hiroshima, saat kejadian energi yang dihasilkan ledakan mencapai suhu 4.000 derajat celcius. Bisa dibayangkan, besi saja meleleh di suhu 1.635 derajat celcius. Sungguh mengerikan!

Atomic Bomb Dome 2

Untuk menuju lokasi Atomic Bomb Dome ini sangat mudah. Travelers bisa menggunakan bus lokal Orange Route dari stasiun Hiroshima. Jika travelers memiliki JR Pass, biaya perjalanan keliling kota sudah tercover. Untuk masuk ke dalam lokasi Atomic Bomb Dome ini pun tak dikenakan biaya.

NASKAH/FOTO   : Travelerstars

Atomic Bomb Dome, Saksi Kejamnya Sejarah Perang Dunia Kedua
Rate this post

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.