Makanan Khas Jerman – Jika anda sedang jalan-jalan ke Jerman, maka tidak perlu khawatir untuk mencoba makanan disana. Makanan khas Jerman tidak jauh berbeda dan sangat cocok dengan lidah orang Indonesia.

Jerman yang merupakan bagian dari Benua Eropa barat, mempunyai pesona wisata yang indah. Banyak wisatawan yang sering mengunjungi negara ini.

Selain destinasi wisata yang indah, untuk itu wajib mencoba makanan khas Jerman yang sangat enak dan bisa bikin ketagihan memakannya. Apa saja kuliner yang bisa dinikmati? Yuk ikuti pembahasan berikut ini.

  1. Bratwurst

Bratwurst adalah makanan sosis khas negara Jerman. Cara mengolah makanan ini adalah dengan dipanggang. Setelah dipanggang, maka disajikan bersama dengan salad Kartoffelsalat.

Seiring perkembangan, bratwurst juga disajikan dengan taburan keju atau bawang. Selain itu makanan khas Jerman ini mempunyai banyak varian seperti dari daging sapi, babi, ayam atau ayam kalkun.

Untuk anda yang ingin menikmati Bratwurst maka sebaiknya bertanya terlebih dahulu, jadi tidak salah pesan makanan satu ini.

  1. Gulaschsuppe

Gulaschsuppe merupakan makanan dengan bahan dasar yang berasal dari daging. Tetapi bukan berarti makanan ini adalah steak atau sosis, namun adalah sup. Sup Gulaschsuppe mempunyai kuah yang kental dan warnanya merah.

Bahan untuk membuat sup Gulaschsuppe adalah daging sapi, kentang, tomat dan juga rempah-rempah khas Jerman. Dalam membuat sup ini biasanya selain daging sapi juga dengan daging babi.

Untuk mengolahnya pertama daging yang telah dibersihkan dicincang dengan ukuran potongan yang agak besar. Kemudian dicampurkan dengan bumbu-bumbu tadi.

Baca Juga  12 Makanan Khas Barcelona Yang Wajib Dicoba Ketika Mengunjunginya

Makanan ini mirip dengan sup merah jika di Indonesia, yang membedakan adalah jika sup merah dihidangkan dengan nasi hangat, Gulaschsuppe dihidangkan dengan roti. Di Jerman, makanan ini biasanya dinikmati ketika musim dingin atau dapat juga ketika makan malam.

  1. Apfelstrudel

Jika di Indonesia ada Apel Strudel di kota Malang, maka di Jerman ada juga Apfelstrudel. Makanan ini merupakan khas Jerman, berbentuk bulat dan memiliki tekstur yang lembut.

Apfelstrudel sangat tepat dihidangkan ketika selesai makan di restoran atau dirumah. Lebih dari itu juga Apfelstrudel juga dapat dimakan ketika sedang ada acara keluarga atau berkumpul bersama teman-teman. Rasa dari Apfelstrudel adalah manis dan asam, sebab menggunakan buah apel didalamnya.

  1. Bretzel

Selanjutnya makanan khas Jerman yaitu Bretzel, kue satu ini sering ditemukan di Indonesia. Bentuk dari Bretzel seperti pita dengan warnanya coklat. Kemudian dibagian atasnya ditaburi dengan garam kasar, biji wijen, atau biji bunga matahari.

Untuk membuat makanan ini maka bahan dasarnya adalah tepung gandum, garam, ragi, air dan malt. Tekstur Bretzel keras tetapi hal tersebut adalah daya tarik dari kue ini.

Perlu diketahui bahwah kue ini adalah makanan wajib di Jerman pada saat Oktoberfest. Dan varian makanan ini juga sangat banyak. Bentuknya ada seperti pita, stick atau bola-bola kecil. Untuk taburan diatasnya sendiri juga banyak ada keju, gula, bubuk kayu manis, irisan sosis dan lainnya.

Baca Juga  Islandia, Surga dan Keajaiban Dunia
  1. Bienenstich

Bienenstich adalah makanan khas Jerman yang biasa disajikan sebagai hidangan penutup. Bienenstich adalah kue manis yang terbuat dari krim vanilla, kacang almond, madu untuk melapisi bagian atasnya.

Arti dari kata Bienenstich adalah sengatan lebah. Disebut seperti itu karena ada kandungan madu didalam kue ini. Dan juga memiliki sejarah pembuatan yang berkaitan dengan sengatan lebah.

Dikisahkan di abad ke 15 terdapat pembuat roti dari kota Andernach yang tengah mengumpulkan madu. Tetapi datang pasukan Linz menyerang mereka. Para pembuat roti tadi melemparkan sarang lebah ke arah pasukan Linz.

Sampai pada akhirnya pasukan tersebut pergi. Lalu para pembuat roti merayakan kemenangan dengan memanggang bienenstich dan dimakan bersama-sama.

  1. Leubkuchen

Leubkuchen makanan khas jerman
via: https://www.thespruceeats.com

Leubkuchen adalah makanan camilan khas dari Jerman. Nama lain dari camilan in iadalah ginger bread atau roti jahe. Bahan-bahan yang dipakai dalam kue ini adalah seperti tepung, madu, telur, kacang walnut, kacang hazelnut, kacang badam, manisan jeruk, potongan buah lemon, marzipan dan rempah-rempah seperti jahe, adas manis, ketumbar, pimento serta kapulaga.

Kue Leubkuchen sangat tepat dimakan sembari minum susu atau teh hangat. Dan juga dapat dijadikan hidangan keluarga, berkumpul bersama dengan teman-teman.

Demikian beberapa makanan khas Jerman yang dapat anda nikmati ketika berkunjung kesana. Semoga dapat memberi inspirasi kuliner dan selamat berlibur.

6 Makanan Khas Jerman Yang Enaknya Bikin Ketagihan
5 (100%) 8 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.