Islandia, Surga dan Keajaiban Dunia

Travelerstars – Salah seorang traveler menceritakan kepada Travelerstars pengalaman yang memukau selama di Islandia dengan berbagai tempat wisata Islandia yang sangat mengagumkan, sebagai salah satu dari negara skandinavia.

Islandia adalah sebuah negara kepulauan yang bergunung-gunung di Samudra Atlantik utara, yang terletak antara Eropa dan Amerika Utara. Meski bukan bagian daratan benua Eropa, namun negara ini dianggap Eropa Nordik yang merupakan bagian negara-negara skandinavia. Nama negara itu – Islandia – mungkin tidak sesuai, meskipun 10% daratan ditutupi oleh gletser dan danau, Islandia memiliki iklim yang sangat ringan dan hot spot yang tak terhitung jumlahnya dan sumber air panas. Ejaan asli (“Ísland”) juga sesuai dalam bahasa Inggris.

tempat wisata islandia
Pemandangan di Islandia (Foto : Anna Khristiantri)

Akses Menuju ke Islandia

Islandia memiliki dua buah bandara, yaitu Bandara Reykjavik terletak di pusat kota. Reykjavik (REK) hanya melayani penerbangan domestik dan penerbangan internasional ke Greenland dan Kepulauan Faroe. Jika Kamu datang dari tempat lain, Kamu akan mendarat di bandara internasional Keflavik (KEF/BIKF), yang terletak di dekat Keflavík (diucapkan : keplavik). Lokasi bandara ini terletak di barat daya negara ini sekitar 40 km dari Reykjavík.

Baca Juga  7 Hal Penting Sebelum ke Islandia

Transportasi di Islandia

Di Islandia tidak tersedia transportasi umum yang bisa menjangkau semua tempat wisata Islandia. Memang tersedia bus antar kota tapi sangat jarang dan rute nya sangat terbatas. Anda dapat menyewa mobil atau ikut dengan agen travel seperti :

Blue Lagoon (Reykjavik Excurcions)
Paket perjalanan dengan bus dari Keflavik Airport – Blue Lagoon (all in) – Reykjavik City. Harga nya 9.700 ISK (Rp1.034.560) per orang.

Aurora Tour (Reykjavik Excurcions)
Khusus bagi Kamu yang berburu Aurora. Northern Light Hunting, dengan bis. Harganya 6.400 ISK (Rp 673.000) per orang.

wisata di negara islandia
Kapal berlabuh di Pelabuhan Islandia (Foto : Anna Khristiantri)

Golden Circle (Reykjavik Excurcions)
Golden Circle Tour merupakan paket perjalanan paling popular di Iceland. Durasi tour selama 8 jam. Destinasi utama yang dikunjungi adalah Gullfoss waterfall, Geysir Geothermal area (Strokkur) and Thingvellir national park. Harga tour 10.500 ISK (Rp 1.102.000) per orang.

South Coast and Jokulsarlon (Viator / Greyline)
Tour dari Islandia sampai ke Jokulsarlon Glacier Lagoon. Paket 1 day trip dengan lama 14 jam. Destinasi yang dikunjungi adalah: Skogafoss Waterfall, Eyjafjallajokul, Jokulsarlon Glacier Lagoon, Seljalandfoss Waterfall, dan beberapa pemberhentian lain. Harga tour ini lumayan mahal USD 201.22 ( Rp 2.850.000,-) per orang.

Baca Juga  7 Tempat Wisata di Beijing China Saat Musim Panas dan Dingin

Biaya Hidup di Islandia

Biaya makan di Islandia lumayan mahal, sekitar 4x lipat dari biaya hidup di Jakarta. Sebaiknya bagi Anda yang ingin berhemat, ada baiknya membawa perbekalan sendiri. Yuk kita simak itinerary saya selama di sana.

Berburu Aurora di Islandia

tempat wisata islandia
Aurora di Islandia (Foto : Anna Khristiantri)

Salah satu tujuan traveler ke Islandia adalah menyaksikan secara langsung aurora. Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya).

tempat wisata islandia
Bongkahan Es Islandia (Foto : Anna Khristiantri)

Islandia memang menampilkan keindahan wisata alamnya yang sulit Anda temukan di belahan bumi lainnya. Perjalanan yang sangat berharga apabila Kamu bisa datang ke Islandia.

Sumber : Anna Khristriantri, Wikitravel

Penulis : TravelerStars

Islandia, Surga dan Keajaiban Dunia
Rate this post

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.