Inilah 5 Masjid Paling Populer di Singapura

Travelerstars Singapura memang bukan negara muslim, tapi jumlah mesjid di Singapore cukup banyak.

Negeri Singa ini sangat tinggi toleransi beragamanya dan memperhatikan keberadaan tempat-tempat ibadah. Tak lain karena jumlah penduduknya juga cukup banyak yang muslim, ditambah arus kunjungan Travelers muslim juga tinggi.

5 Masjid Populer di Singapura

Jadi kalau ke Singapura enggak usah bingung cari masjid, terutama jika Travelers mengunjungi negara kota ini waktu bulan Ramadhan.

Inilah sejumlah masjid yang terkenal di sana.

  1. Masjid Sultan di Bugis Singapore

cara ke masjid sultan singapore

Tempat ibadah ini bisa disebut ikon Singapura, lokasinya di wilayah Kampong Glam. Masjid ini merupakan masjid pertama yang dibangun di Singapura pada tahun 1826 dimana struktur bangunan awalnya dibangun oleh masyarakat Jawa yang menjadi pedangang.

Pada tahun 1920-an dibagun kembali dan direnovasi hingga berbentuk seperti yang bisa terlihat saat ini.

Bisa ada nama “sultan” di masjid ini karena pada awalnya pula tempat ibadah ini memang dibangung buat Sultan Hussein Shah (Sultan Pertama di Singapura). Lalu Sir Stamford Raffles memberikan bantuan dana guna perluasa bangunan.

Ciri khas kubah emas yang sangar besar dan megah,  didominasi oleh warna kuning perak khas Melayu masih sangat kokoh berdiri hingga saat ini.

Masjid yang berkapasitas 5 ribu jemaah ini terbuka untuk seluruh wisatawan. Namun setiap pengunjung wajib mengenakan pakaian yang sopan untuk menghormati orang yang sedang beribadah. Kalau tidak bawa, pengurus masjid menyiapkan jubah panjang yang wajib dikenakan bagi pengunjung perempuan untuk menutup aurat.

Baca Juga  Hua Hin, Surga Pantai Thailand Nomor satu

2. Masjid Abdul Gafoor

masjid abdul gafoor di singapura

Masjid Abdul Gafoor, adalah masjid yang unik di area Little India (Dunlop Street). Awalnya di bangun oleh kaum Muslim India Selatan yang bermukim di Kampong Kapor. Lokasinya merupakan tanah wakaf dari Ismail Mansor dan Shaik Abdul Gaffoor bin Shaik Hydert tahun 1881.

Menara berbentuk segi enam yang menjulang jadi salah satu penanda masjid ini. Arsitektur masjid yang satu ini terbilang megah. Dari luar, pintu masuknya terdapat beberapa dan semuanya tampak besar-besar dihiasi dengan ukiran kayu bernilai seni tinggi.

Arsitektunya unik, dengan dominasi warna kuning dan hijau khas warna-warna India. Banyak ukiran Kaligrafi di dalam masjid ini sehngga menjadikannya sebagai rumah ibadah yang indah di di Singapura.

3. Masjid Hajjah Fatimah

masjid hajjah fatima singapura

Lokasinya di 4001 Beach Road, tak jauh dari Masjid Sultan. Dibangun oleh seorang pengusaha wanita kaya bernama Fatimah bertempat tinggal di situ. Suatu ketika terjadi musibah kebakaran di rumah itu. Karena ia berhasil selamat, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa ia pun membangun masjid ini.

Baca Juga  Masjid Camii, Masjid Terbesar dan Terindah di Tokyo

Bangunan masjid yang dibuka pertama tahun 1846 itu sangat cantik dan unik, karena perpaduan arsitektur, Melayu, Tionghua dan Eropa. Asimilasi budaya antara Barat dan Timur itu hasil rancangan arsitek Inggris yang tak diketahui namanya.

Kubah berbentuk bawang, area wudhu yang menyerupai rumah khas Melayu dengan interior yang dihiasi ukiran kayu Melayu-Muslim tradisional. Lantainya berhias porselen Tiongkok yang kemilau.

Hal lain yang jadi ciri khas masjid ini adalah keberadaan satu taman yang asri di bagian depan masjid.

4. Masjid Malabar

masjid malabar singapura

Masjid ini bertempat di 471-Victoria Street. Nana lengkapnya Masjid Jamaath Muslim Malabar, atau disingkat Masjid Malabar. Dulunya ini dibangun oleh jemaah Muslim dari wilayah Kerala pada tahun 1927.

Pada tahun 1956 pembangunan masjid ini sempat terhenti karena tidak ada biaya. Beruntung ada banyak donasi masyarakat dari muslim dan non-muslim yang memberikan bantuan dana agar pembangunan Masjid ini tetap berjalan.

Warna biru jadi ciri khas rumah ibadah pemeluk agama Islam ini. Masjid dua lantai ini punya tiga kubah berwarna emas atasnya dengan tanda bintang dan bulan sabit. Masjid Malabar memiliki hiasan ubin warna biru dan hijau di sekjumlah sudut interior maupun eksteriornya.

5. Masjid Jamae Chulia

masjid di singapura

Masjid ini adalah termasuk juga salah satu masjid tertua di Singapura. Berada 218 South Bridge Road, di area Chinatown.Ciri khasnya ada pada desain gerbang yang serupa pagoda khas Tiongkok.

Baca Juga  Mengenal Terminal 4 Changi Airport di Singapura

Dulunya, masjid yang sering muncul di kartu pos klasik Singapura ini dibangun buat untuk kaum imigran asal Chulia, India.  Dibangun pada 1826, menjadikan masjid ini sebagai bangunan tempat ibadah pertama dari tiga masjid di Chinatown yang didirikan oleh kaum Chulia. Tak heran kalau di masjid Chulia masih ada kelas agama dalam bahasa Tamil hingga hari ini.

Gaya  arsitektur Masjid ini sungguh unik karena menggunakan warna yang berani dan mengusung perpaduan gaya Barat dan Timur. Gerbang masuknya diambil dari elemen gaya Indo-Melayu-Tioghua, lalu ruang shalat mengusung aksen neo-klasik, dengan tiang-tiang jendela yang besar dan lantai yang mengilap bermotif khas Tiongkok.

Berbeda dengan masjid-masjid tenar lainnya, bentuk bangunan dan detail masjid Chulia yang bisa disaksikan sekarang masih sama dengan bentuk awalnya saat baru pertama kali berdiri. Masjid Jamae Chulia ditetapkan sebagai monumen nasional Singapura pada tahun 1974.

Naskah : Travelerstars

Inilah 5 Masjid Paling Populer di Singapura
Rate this post

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.