Makanan Khas Myanmar – Myanmar adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki pesona alam indah dan juga kuliner yang menggoga selera makan.

Untuk anda yang sedang traveling kesana, maka harus mencoba berbagai makanan khas Myanmar yang dijual di berbagai jalan di kotanya.

Berikut rekomendasi kuliner khas Myanmar yang dapat anda cicipi jika berkunjung di negara ini. Simak selengkapnya dibawah ini.

Ohn-No Khao Swe

Ketika ke Myanmar, maka anda dapat mencoba makanan tradisonalnya yaitu Ohn-No Khao Swe. Adalah mie khas Myanmar yang dihidangkan dengan ayam, telur bebek lalu ditaburi irisan bawang merah.

Ohn-No Khao Swe memiliki kuah yang dibuat dengan santan. Dengan rasa yang lezat, pasti anda akan menyukai sajian ini.

Mont Lone Yay Baw

Mirip seperti dengan makanan Indonesia, Mont Lone Yay Baw adalah makanan tradisional Myanmar yang dibuat dengan tepung ketan dan ditaburi dengan parutan kelapa. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan harga yang murah. Anda dapat menemukan Mont Lone Yay Baw disepanjang jalan di Kota Myanmar.

Lophet Thohk

Merupakan sejenis salad yang dibuat dengan bahan utamanya daun teh yang sudah difermentasi. Makanan khas ini dapat dijadikan camilan, makanan pembuka, atau dimakan bersama nasi.

Cara membuatnya juga tidak begitu sulit, daun teh yang telah difermentasi dicampur dengan irisan kubis, tomat, kacang sangrai, minyak bawang putih, irisan cabai dan juga bawang putih cincang.

Baca Juga  Ini Pilihan Transportasi Keluar Bandara Haneda

Nga htamin

Nga htamin adalah nasi ikan. Tampilan makanan ini jika di Indonesia seperti Nasi Kuning. Untuk membuat Nga htamin yaitu dengan memasak beras dengan kunyit dan rempah-rempah sampai berubah menjadi nasi. Lalu nasi itu dihidangkan dengan diberi taburan ikan dan minyak bawang putih.

Mohinga

Selain Ohn-No Khao Swe ada juga mie Mohinga. Mohinga terbuat dari tepung beras dan dihidangkan dengan kaldu ikan, telur rebus, chickpeas serta potongan batang pohon pisang yang renyah.

Rasa dari Mohinga sangat enak, gurih dan segar dengan kuah yang kental. Mohinga dapat disebut juda sebagai kuliner negeri Seribu Pagoda. Sehingga jika anda sedang Traveling di Myanmar harus mencoba sajian ini.

Kari Burma

Kari Burma adalah makanan yang terdiri dari makanan pembuka sampai dengan pencuci mulut. Dibuat dengan bahan daging sapi, kambing, ikan atau udang, lalu kadang ada yang menggunakan daging babi. Kari Burma juga dimasak dengan rempah-rempah jadi rasanya sangat khas Myanmar.

Hto-hpu nwe

Makanan khas Myanmar berikutnya yang kami rekomendasikan yaitu Hto-hpu nwe. Arti dari Hto-hpu nwe adalah “Tahu Hangat” namun sebenarnya makanan ini tidak menggunakan tahu sebagai bahan utama.

Hto-hpu nwe ini adalah sebuah bubur kentang yang terbuat dari bahan chickpeas atau sebutan lain untuk tepung kacang polong. Cara penyajiannya adalah disajikan diatas mie bihun, lalu ditaburi dengan daging babi atau daging ayam yang ditumis.

Baca Juga  Inilah 5 Masjid Paling Populer di Singapura

Kadang juga Hto-hpu nwe juga dihidangkan dengan tambahan minyak cabai, potongan sayur dan juga dapat ditambahkan dengan kaldu.

Sanwin Makin

sanwin makin makanan khas myanmar
via: kuali.com

Berikutnya ada Sanwin Makin, yaitu makanan hidangan penutup yang terbuat dari gandum, gula, kelapa dan mentega. Sanwin Makin memiliki rasa yang manis dan gurih sehingga sangat cocok dilidah anda yang menyukai perpaduan rasa tersebut. Anda bisa menemukan makanan khas ini di warung-warung tradisional di pinggir jalan di kota Myanmar.

Mi Shan

Mi Shan adalah sajian mi selain mohinga dan Ohn-No Khao Swe. Mi Shan seperti sup namun berisi mi beras dan potongan tofu.

Mont Di

Mont Di adalah makanan yang mirip dengan fast food. Tetapi di Myanmar Mont Di sangat populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakatnya serta turis yang sedang berkunjung kesana.

Mont Di terbuat dari bahan utama bihun yang dihidangkan dengan sup yang mana sup itu dibuat dengan nga-pi. Nga-pi sendiri adalah pasta ikan khas yang hanya terdapat di negara Myanmar.

Mont Di dihidangkan tanpa kuah, namun diberi tambahan dengan ikan goreng atau makanan pelengkap lainnya yang dapat menambah cita rasa dari makanan tersebut.

Itulah informasi tentang makanan khas Myanmar yang wajib anda coba ketika Traveling kesana. Selamat traveling

10 Makanan Khas Myanmar Ini Wajib Anda Coba Ketika Travelling
5 (100%) 6 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.