10 Makanan Khas Thailand Yang Wajib Dicoba

Makanan Khas Thailand – Thailand selain terkenal dengan destinasi wisata nya yang menarik, ada banyak macam makanan khas nya juga yang wajib kalian coba saat berlibur ke Thailand. Jajanan khas Thailand juga mempunyai cita rasa yang mirip dengan makan khas Indonesia, yang terbuat dari bermacam-macam bumbu dan rempah yang menghasilkan kenikmatan yang sempurna. Ohya jangan lupa liat juga referensi oleh oleh khas thailand ya.

Berikut ini ada beberapa daftar makanan khas Thailand yang mesti kalian coba saat berlibur kesana:

  1. Tom Yam

makanan khas thailand halal tom yam

Makanan halal khas Thailand yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi untuk kalian. Tom Yam merupakan makanan khas Thailand yang sudah sangat terkenal dan mendunia. Tom Yam merupakan masakan berkuah yang memiliki dua macam kuah bening dan kuah santan. Yang disajikan dengan beraneka macam isi seperti Tom Yam Pla yang berisi ikan, Tom Yam Goong yang berisi udang, serta Tom Yam Po Taek yang berisi beraneka macam seafood.

Untuk rasa yang dimiliki Tom yam sangat kuat, karena dibumbui dengan berbagai rempah-rempah seperti serai, laos, jeruk nipis, saus ikan, daun jeruk dan juga cabai. Tom Yam asli Thailand biasanya memiliki cita rasa yang pedas, mirip dengan masakan Indonesia yang identik dengan rasa pedas.

  1. Pad Thai

makanan khas thailand yang aneh Pad Thai

Pad Thai adalah kuliner khas Thailand yang menjadi satu-satunya makanan yang mengandung kata Thai di dalam namanya. Sebab, di tahun 1930-an makanan ini dipopulerkan pada masyarakat dengan tujuan membangkitkan semangat nasionalisme.

Selain itu, Pad Thai juga dibuat sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan beras, meskipun Pad Thai sendiri tebuat dari beras. Bentuk dari Pad Thai mirip dengan kwetiau, mie nya berukuran lebar yang terbuat dari beras. Biasanya dihidangkan dengan kuah, kucai, tauge, tahu kuning dan sumber protein seperti udang, kepiting, daging sapi, atau daging ayam.

  1. Khao Pad

makanan khas thailand Khao Pad

Berikutnya ada makanan khas Thailand yang mirip dengan makanan Indonesia yaitu nasi goreng, kalau di Thailand namanya Khao Pad. Kesamaan dari Khao Pad dengan nasi goreng Indonesia yaitu sama-sama menggunakan bahan dasar nasi yang digoreng mengunakan bumbu. Bedanya, kalau nasi goreng Indonesia tidak terlalu banyak tambahan bahan pelengkap, sedangkan nasi goreng khas Thailand lebih banyak. Khao Pad biasanya diberi tambahan potongan mentimun, cabai, paprika, potongan tomat dan selada. Atau beberapa variasi nasi goreng Thailand ini di tambahkan juga dengan ptongan daging ayam, udang ataupun kepiting.

  1. Khao Tom

makanan khas thailand Khao Tom

Ada lagi nih makanan pokok orang Thailand yang memiliki kesamaan dengan makanan khas Indonesia. Kalau tadi ada Khao Pad nasi goreng khas Thailand, satu lagi ada Khao Tom bubur nasi khas Thailand. Khao Tom adalah bubur nasi yang dimasak bersama campuran daging atau produk hasil laut. Jika bubur nasi menggunakan campuran udang maka namanya adalah Khao Tom Goong. Kalau menggunakan campuran daging babi maka namanya Khao Tom Moo. Sedangkan yang menggunakan campuran ikan biasa disebut dengan Khao Tom Pla. Bubur nasi Khao Tom yang menggunakan campuran udang dan ayam termasuk kedalam makanan khas Thailand yang halal sehingga boleh dikonsumsi oleh setiap orang yang beragama islam. Karena Khao Tom mengandung bumbu rempah yang bersifat menghangatkan tubuh, bubur ini sangat cocok dihidangkan oleh orang yang sedang sakit atau  disantap saat udara dingin.

  1. Som Tum

Som Tum atau salad khas Thailand ini sangat menyehatkan, menggunakan beragam jenis sayuran dengan bahan utamanya adalah serutan pepaya muda. Untuk bumbu yang digunakan dalam membuat Som Tum ini sendiri adalah cabai, gula palem, saus ikan, irisan cabai putih dan perasan jeruk nipis.

Baca Juga  5 Taman Layak Dikunjungi Saat Musim Gugur di Tokyo

Sehingga rasa yang ditimbulkan pun cukup unik yaitu pedas, manis dan asam bercampur menjadi satu. Biasanya Som Tum juga menggunakan bahan pelengkap tambahan seperti udang kering, irisan tomat, dan kacang sangrai yang ditumbuk kasar. Menurut berbagai sumber yang didapat, makanan khas Thailand ini berasal dari daerah Isaan yang terletak dibagian timur Thailand. Penduduk Thailand biasanya menyantap Som Tum untuk mengganti makanan berat.

  1. Tom Kha Kai

makanan khas thailand halal Tom Kha Kai

Tom Kha Kai merupakan makanan berkuah yang mirip dengan makanan khas Thailand yang populer lainnya seperti Tom Yum. Tom Kha Kai berbentuk seperti sup dengan kuah santan putih dan memiliki rasa lebih pedas dari Tom Yum. Adapun yang di gunakan sebagai bahan utama dari makanan ini adalah suwiran ayam. Agar Tom Kha Kai tidak hanya memberikan rasa pedas, biasanya masyarakat Thailand menggunakan daun jeruk sebagai bahan tambahan sehingga menimbulkan aroma yang segar.

  1. Mango Sticky Rice

makanan khas thailand Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice merupakan kombinasi makanan yang unik bagi orang yang belum pernah merasakannya. Makanan khas Thailand ini sedang naik daun akhir-akhir ini sehingga namanya tentu tak asing lagi di telinga kalian. Bahkan saat ini sudah banyak restoran-restoran di beberapa negara yang menyajikan menu Mango Sticky Rice termasuk di Indonesia. Mango Sticky Rice terdiri ketan, potongan mangga kuning, santan sebagai fla yang disiram di atas santan, dan di beri taburan wijen.

  1. Khanom Chin Nam Ya

makanan khas thailand Khanom Chin Nam Ya

Karena namanya yang terlalu panjang, orang Thailand biasa menyebut makanan ini dengan Khanom saja. Walaupun tidak banyak yang mengetahui makanan ini, padahal di Thailand sendiri Khanom menjadi salah satu hidangan yang selalu diburu oleh para pencinta kuliner di negeri asalnya. Khanom Chin Nam Ya berupa mie putih yang disiram kuah kari ikan yang mempunyai rasa pedas. Khanom bisa ditemukan dengan mudah di pusat kota Bangkok. Harga dari Khanom Chin Nam Ya juga tergolong murah.

  1. Khao Soi

makanan khas thailand yang aneh Khao Soi

Untuk setiap wisatawan yang berkunjung ke Thailand, wajib baget nih untuk mencicipi snack khas Thailand ini. Khao Soi merupakan makanan yang begitu populer di Thailand. Sebenarnya makanan ini bukan berasal dari Thailand, tetapi dari Myanmar yang kemudian di modifikasi sehingga sesuai dengan selera masyarakat Thailand. Makanan ini berupa mie kuning yang disiram kuah santan dengan rasa yang gurih. Mie kuning yang dipakai untuk Khao Soi dibuat dari campuran mie kering dan mie basah. Untuk menambah kenikmatan, Khao Soi disajikan bersama daging sapi atau daging ayam, acar timun, cabai, irisan bawang merah dan jeruk nipis.

  1. Gai Yang

makanan khas thailand halal Gai Yang

Gai Yang merupakan makanan khas Thailand berupa ayam bakar utuh yang cocok dimakan beramai-ramai. Karena utuh, jadi pembeli tidak bisa memesan hanya bagian paha atau dadanya saja seperti direstoran atau warung makan ayam pada umumnya. Gai Yang bisa didapatkan di daerah Chiang Mai, Thailand. Sebelum dibakar ayam terlebih dahulu dibaluri bumbu-bumbu khusus yang menjadikan rasanya lebih khas. Setelah dibakar, baru dipotong-potong kasar agar lebih mudah dimakan dan disajikan menggunakan piring besar.

Baca Juga  Yuk Marathon Sambil Nikmati Sakura Di Gyeongju, Korea Selatan

Itu tadi beberapa daftar makanan khas Thailand yang terdiri dari berbagai jenis hidangan. Wajib kalian coba saat berkunjung ke Thailand, dan tidak perlu bingung lagi memilih makanan yang akan kalian cicipi.

10 Makanan Khas Thailand Yang Wajib Dicoba
5 (100%) 10 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.