Mengenal Terminal 4 Changi Airport di Singapura

Travelerstars, Beberapa traveler yang sudah ke Singapura dalam 1 tahun terakhir ini tentunya sudah pernah boarding di terminal 4 Changi Airport. Penampakannya memang jauh lebih modern dibanding dengan Terminal 1 – 3, namun bukan hanya itu yang membuatnya berbeda. Terminal 4 Changi Airport ini No Human Crew alias semua menggunakan mesin. Sejak dari cek in untuk mendapatkan boarding pass, drop bagasi, imigrasi hingga Anda masuk menuju Terminal keberangkatan. Luar biasa bukan?

Ajibnya, ini adalah bandara pertama di dunia yang semuanya menggunakan full mesin tanpa campur tangan tenaga manusia. Bagaimana kalau ternyata ada kegagalan dalam mesin? Tentunya traveler dapat menemukan beberapa crew yang siap membantu jika ada kesulitan. Yuks kita lihat video yang diambil dari web resmi Changi Airport.

Terminal ini secara resmi buka pada 31 Oktober 2017. Dengan konsep “Fast And Seamless Travel at Changi” (FAST@Changi), terminal ini memiliki pelaporan mandiri, bagasi otomatis, dan imigrasi otomatis.

Terminal 4 memiliki dua lantai setinggi 25 meter dengan luas 225.000 meter persegi. Tersedia 17 garbarata atau passenger bridge untuk pesawat berukuran sedang dan 4 garbarata untuk pesawat besar. Sebuah jembatan memungkinkan bus dan kendaraan bandara bergerak dari T4 ke apron. Ramp Control Tower baru setinggi 68 meter juga dibangun untuk memudahkan penanganan pergerakan pesawat di apron dan jalan rayap oleh pengawas lallu lintas udara. Terminal ini terhubung dengan terminal lain melalui transportasi darat (bus).

Baca Juga  Ini 8 Tempat Belanja Murah di Singapura

Konsep Terminal 4 Changi Airport

Kebudayaan dan warisan lokal menghiasi bagian dalam terminal. Pertokoan di ‘Heritage Zone’ dirancang dengan ciri khas tradisional Peranakan. Changi Airport Group (CAG) menyetujui lebih dari 80 kontrak komersial untuk berbagai toko dan restoran seperti Charles & Keith, Coach & Furla, Gassan Watches, Michael Kors, London Fat Duck, Old Street Bak Kut Teh, dan Sushi Goshin by Akashi.

Akses Menuju Terminal 4

Di bawah ini adalah transportasi yang dapat Traveler gunakan apabila ingin menuju ke Terminal 4.

Bagaimana? Mudah bukan? Welcome to the new era of the world. Kapan ya Bandara Soekarno Hatta akan punya terminal seperti ini? Hmmm…

Di bawah ini ada lagi video yang diulas langsung oleh salah seorang traveler yang sempat viral saat pembukaan Terminal 4 Changi Airport. Check it out!

Sumber : wikipedia, web resmi Changi Airport, #KokohReview (Thanks for the video)

 

Mengenal Terminal 4 Changi Airport di Singapura
Rate this post
Baca Juga  Tsukiji Market, Berburu Ikan Segar

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.