Travelerstars, Beijing kota yang kaya akan bangunan bersejarah. Hingga kini bangunan-bangunan tersebut masih berdiri megah dan menjadi ikon Ibukota China.

Objek Wisata di Beijing

Di Kota Beijing juga terdapat tempat-tempat favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Jika travelers berkunjung ke Beijing, ini 5 destinasi keren yang jangan sampai dilewatkan.

  1. Lapangan Tiananmen

tempat wisata di beijing tiananmen square

Jika membicarakan tentang Lapangan Tiananmen di Beijing,  maka teringat peristiwa yang terjadi di sana pada 4 Juni 1989. Saat itu terjadi demonstrasi besar-besaran di sana.

Lapangan Tiananmen terletak di jantung kota Beijing. Lokasi ini selalu menjadi pusat perhelatan perayaan nasional. Tiananmen Square menyajikan berbagai atraksi menarik. Seperti tentara China yang sedang melakukan parade berbaris seperti yang dilihat Travelerstars.com saat mengunjungi Lapangan Tiananmen beberapa tahun lalu.

Tiananmen Square memiliki luas 44 hektar. Alun-alun ini diapit 2 gerbang kekaisaran di utara dan selatan, Gerbang Heavenly Peace (Tiananmen Gate) dan Gerbang Front Gate (Qianmen Gate).

Cara menuju ke Lapangan Tiananmen, jika travelers dari Bandara Internasional Beijing, pilih Line 2 (Airport – Xidan) menuju Halte Xidan naik Bus biaya sekitar 24 CYN (Rp 50 ribu). Lama perjalanan sekitar 30 menit. Turun Halte Xidan dan berjalan kaki sedikit menuju Stasiun Xidan ,langsung naik Subway menuju Tiananmen.

  1. Forbidden City

tempat wisata beijing forbidden city

Forbidden City dahulu merupakan istana kekaisaran China semasa Dinasti Ming hingga Dinasti Qing, pada kisaran tahun 1420 menuju tahun 1912.

Disebut dengan istilah “Forbidden City’ pasalnya di dalam kota ini terdapat sebuah istana yang berfungsi sebagai tempat Kaisar dalam menjalankan pemerintahannya. Keberadaan istana tersebut terlarang bagi rakyat biasa.  Bahkan apabila larangan memasuki kompleks istana itu dilanggar, hukuman mati pun tak akan segan diterapkan.

Baca Juga  5 Rekomendasi Kuliner Enak di Kota Batu Malang

Forbidden City buka dari jam 8.30 sampai 16.00 waktu setempat. Untuk masuk ke sana, pengunjung cukup merogoh kocek 40 yuan ( Rp 86 ribu). Lokasi Forbidden City tak jauh dari Lapangan Tiananmen.

  1. Tembok China

tempat wisata di beijing Tembok cina Badaling

Inilah salah satu obyek wisata paling terkenal di China. Tembok China termasuk dari 7 keajaiban dunia. Panjang keseluruhan tembok tersebut adalah 5.500 mil atau 8.851 km.

Pembangunan tembok ini memakan waktu lebih dari 2 ribu tahun. Bagian pertama tembok dibangun pada awal abad ke-8 SM. Dan sisanya, menghabiskan waktu berabad-abad.

Pada titik yang paling luas, Tembok China memiliki lebar 9,144 m dan tinggi 3,65 meter. Namun titik tertinggi dari tembok ini atas Menara Jam adalah sekitar 26 kaki (7,92 m).

Dari kota Beijing ada 2 titik masuk termudah yaitu Badaling dan Mutianyu.

Namun Travelerstars menyarankan masuk melalui Badaling dengan alasan lokasinya paling dekat dan mudah dijangkau. Untuk public bus bisa naik bus nomor 800(inner-loop) dari Beijing South railway station ke Deshengmen lalu lanjut naik bus nomor 919 ke Badaling Great Wall.

  1. Jingshan Park

tempat wisata di beijing jingshan park 2

Lokasi Jingshan Park masih berdekatan dengan Lapangan Tiananmen dan Forbidden City. Jika travelers masuk dari bagian selatan, maka keluar melalui gate sebelah utara Forbidden City. Di depan pintu keluar sebelah utara, terdapat lokasi wisata Jingshan Park.

Jingshan park semulanya taman bagian dari Forbidden City, namun sekarang terpisah jalan. Di dalamnya ada bukit buatan setinggi 45,7 meter yang dibangun pada era kaisar Yongle dari Dinasti Ming. Jingshan park terdiri dari 5 puncak, dan pada masing-masing puncak terdapat semacam pavilion.

Baca Juga  Nikmati Segarnya Alam di Ueno Park Jepang

Untuk masuk ke Jingshan Park, tiketnya 2 yuan sekitar Rp 4.000 per orang Dari atas terlihat hampir keseluruhan Forbidden City dan sebagian kota Beijing.

Dan yang paling menarik adalah kesempatan memakai baju permaisuri kaisar China di salah satu pavilion Jinshan dengan membayar 25 yuan (Rp 53 ribu).

  1. Temple of Heaven

tempat wisata di beijing temple heaven

The Temple of Heaven Park berlokasi di Chongwen District, Beijing. Awalnya, ini tempat kaisar Dinasti Ming (1368 – 1644) dan Dinasti Qing (1644 – 1911) menggelar Ibadah Upacara Surga.  Temple of Heaven dibangun pada tahun 1420, tahun ke-18 dari pemerintahan Kaisar Yongle dari Dinasti Ming (1368-1644).

Temple of Heaven diperbesar dan dibangun kembali selama pemerintahan kaisar Ming Jiajing dan Qing Kaisar Qianlong. Pada tahun 1988, Temple of Heaven dibuka untuk umum sebagai taman, simbol filsafat kuno, sejarah dan agama. Gaya arsitektur dan budaya yang mendalam memberikan wawasan peradaban Timur kuno.

Temple of Heaven  memiliki luas 2.700.000 meter persegi. Temple of Heaven lebih besar dari Kota Terlarang. Temple of Heaven ini tertutup oleh dinding panjang.

Untuk menuju Temple of Heaven, travelers bisa naik subway jalur 5 turun di Tiantan Dongmen Station. Harga tiket Temple of Heaven sebesar CNY 15 (Rp 30 ribu)

PENULIS : TRAVELERSTARS

FOTO  : National China Tourism Office

7 Tempat Wisata di Beijing China Saat Musim Panas dan Dingin
5 (100%) 10 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.