Ini 4 Destinasi Menarik Di Brunei Darussalam

Travelerstars – Brunei Darussalam, negara seluas 5.765 kilometer persegi itu pasti enggak asing bagi Traveler. Minimal namanya teringat sebagai negara yang kaya raya dari hasil minyak bumi dan gas alam. Secara budaya juga tak berbeda dibandingkan kebanyakan warga Indonesia.

Lokasinya juga persis di ‘atas’ Tarakan, penerbangan langsung dari Jakarta ke Bandar Seri Begawan memakan waktu sekitar dua jam tiga puluh menit. Apalagi tiket juga terbilang terjangkau, untuk penerbangan dengan maskapai Garuda Indoensia ataupun Royal Brunei Airlines untuk sekali penerbangan dihargai sekitar Rp 2 jutaan.

Jika anda ingin pergi ke tempat wisata di Brunei, anda bisa memilih maskapai seperti Air Asia bisa lebih murah, harga tiket antara Rp 1,6 sampai Rp 1,7 jutaan. Meskipun penerbangan ini akan transit di Kuala Lumpur.

Baca Juga  Ini 4 Destinasi Menarik Di Brunei Darussalam

Nah pertanyaannya adalah apa saja lokasi wisata di negara dengan jumlah penduduk kurang dari setengah juta orang itu?

  1. Taman Nasional Ulu Temburong

lokasi tempat wisata Taman Nasional Ulu Temburong di brunei

Ada lokasi yang lagi happening, Taman Nasional Ulu Temburong. Lokasinya sekitar 71 kilometer dari Bandar Seri Begawan, kalau mau paling ekonomis bisa naik bis yang jadwalnya sehari sekali.

Perjalanan yang akan transit sekitar 3 jam itu akan dikenai biaya sekitar 1 dolar Brunei atau setara Rp 9.600. Bus akan berangkat pukul 06.30 waktu setempat dan akan kembali ke Ibu Kota Brunei itu pada pukul 18.00 waktu setempat.

Di luar opsi itu hanya ada pilihan naik taksi yang biayanya sekitar 85 dolar Brunei (sekitar Rp 820 ribu) dengan biaya tambahan per harinya 100 dolar Brunei (sekitar Rp 960 ribuan).

Pemandangan hutan tropis akan jadi mayoritas santapan visual selama di perjalanan.

Kalau mau perjalanan yang lebih eksotis bisa memanfaatkan motor boat dari Bandar Seri Begawan. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit, berangkat pukul 06.15 dan akan kembali pukul 17.00 waktu setempat. Biayanya sekitar 7 dolar Brunei atau sekitar Rp 67 ribuan.

Di hutan tropis yang perawan itu bisa dibayangkan bagaimana Kalimantan jika hutannya lebat. Di pegunungan dengan ketinggian 1.800 dari permukaan laut itu beragam koleksi flora maupun fauna bisa ditemui. Sebut saja, burung Rangkong, kupu-kupu hutan, sampai kera Mueller yang hewan endemik.

Kalau mau menginap juga bisa karena ada Ulu-Ulu Resort yang biaya per malam 163 dolar Brunei (sekitar Rp 1,5 jutaan). Biaya itu sudah termasuk tur ke satu titik paling populer yaitu ‘payung hutan’ dimana Traveler bisa melihat sebagian area hutan secara lepas. Hutan lindung itu total luasnya 550 kilometer persegi.

  1. Kampong Ayer

harga tiket masuk wisata di brunei Kampong Ayer

Oleh banyak orang Barat ini disebut sebagai “Venice of The East”. Merupakan pemukiman penduduk yang sejarahnya sudah dihuni sejak 1.300 tahun silam. Totalnya terdiri dari 42 desa dengan estimasi jumlah penduduk sebanyak 30 ribu orang.

Sekilas, kampung ini tak jauh beda dengan kampung terapung di Kalimantan atau kampung suku Bajo di Maluku dan Sulawesi. Yang membedakan adal soal sanitasinya.

Kampong Aer tertata secara apik, bersih, dan penduduknya punya strata ekonomi yang baik. Terbukti saat berada di tepian kampong itu dimana banyakj terparkir kendaraan bermotor bermerek.

  1. Masjid Omar

lokasi Masjid Omar brunei darussalam

Di Bandar Sri Begawan ada dua masjid yang wajib disambangi, Masjid Omar Ali Saefudin dan Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah. Masjid yang pertama berada di pusat kota, di sisi barat alun-alun dan tak jauh juga dari Kampong Aer.

Masjid Omar didirikan pada tahun 1958,  namanya diambil dari nama Sultan Brunei ke-28. Masjid yang kubahnya konon berlapis emas murni itu ini diarsiteki Cavaliere Rudolfo Nolli yang berasal dari Italia. Makanya paduan gaya bangunannya bercampur antara gaya bangunan Islam moderen, Mughal, dan Italia tentu saja.

Paling asyik mengunjungi masjid ini saat sore hari. Lembanyung senja akan membuat siluet masjid jadi lebih indah dipandang.

Sementara itu, masjid Bolkiah berdiri tahun 1994. Silakan Traveler menikmati landscape masjid yang dikelilingi taman-taman dan air mancur. Lokasi masjid ini di jalan Jame Asr.

Tetapi waktu bukannya tidak bisa setiap saat, hanya hari Senin sampai Rabu. Bukanya juga pukul 08.00 waktu setempat dan pukul 18.00 sudah tutup. Akan ditutup setiap waktu menjelang waktu sholat lima waktu.

  1. Pasar Gadong

rute perjalanan ke Pasar Gadong brunei

Kalau mau keramaian di Bandar Seri Begawan silakan Pasar Gadong. Berada di jalan Simpang, buka dari pukul 15.00 hingga 24.00 waktu setempat.

Ini merupakan lokasi yang pas buat mengusir ‘sepi’ selama di Ibu Kota Brunei. Di sana akan bisa ditemui berbagai kudapan ringan hingga makan berat.

Menunya bisa berupa ikan bakar ataupun kue ringan khas Melayu seperti Roti Boyan, Babu Cantik, sampai yang makan berat seperti Nasi Katok. Harga menu bisa dimulai dari 1 dolar Brunei.

Ini 4 Destinasi Menarik Di Brunei Darussalam
5 (100%) 10 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.