11 Destinasi Wisata di Kuching, Malaysia Paling Unik

Travelerstars – Malaysia enggak hanya identik yang ada di Semenanjung Malaya, masih ada juga berbagai destinasi wisata yang bisa disambangi di wilayah yang ada di pulau Kalimantan.

Dari Jakarta paling tidak ada tiga maskapai yang punya jadwal penerbangan ke Kuching. Sebut saja, Lio Air, Scoot, dan Batik Airlines. Umumnya tidak ada penerbangan langsung, dan Kuala Lumpur menjadi tujuan transit sebelum dilanjutkan dengan penerbangan menuju Kuching.

Sekali penerbangan, yang paling cepat akan membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Biayanya mulai Rp 800 ribuan sampai Rp 1,9 jutaan.

Di Kuching boleh disebut Traveler akan mengalami suasana seperti mengunjungi kota-kota di Kalimantan. Tentu saja dengan iklim yang lembab. Kalaupun ada yang bisa dianggap berbeda adalah suasana kota yang lebih tertata serta kebersihannya terjaga.

Tempat Wisata di Kuching Yang Wajib di Kunjungi

Nah, biar enggak bingung berikut ada sejumlah disetinasi yang bisa disambangi Traveler.

  1. Tugu Kuching

Jangan lewatkan kesempatan buat ambil gambar di depan Tugu Kuching. Lokasinya ada di jalan Tunku Abdul Rahman, ditepian sungan Serawak.

Tugu itu untuk mengenang asal dari penamaan nama kota ini. Konon nama Kuching bukanlah berawal dari nawan kucing melainkan pohon yang disebutkan sebagai buah mata kucing alias kelengkeng. Tanaman ini merupakan tumbuhan endemik di Bukit Mata Kucing yang ada sungai Kuching yang alirannya sampai ke Sungai Serawak.

  1. Masjid Agung Kuching

tempat wisata masjid agung kuching

Sebagai negara muslim, untuk satu negara bagian di Malaysia alias privinsi akan berdiri masjid di pusat kota. Masjid Agung Kuching adalah Masjid Agung lama yang menjadi ikon negara bagian Serawak.

Baca Juga  Ini 8 Tempat Belanja Murah di Singapura

Masjid Agung yang baru ada di Putra Jaya, tak jauh dari Kuala Lumpur.

Dibangun tahun 1852, di halaman masjid besar dengan desain bangunan ala Kisah 1001 Malam itu terdapat ribuan nisan kuno. Itu merupakan makam warga setempat yang wilayahnya bernama Kampong Air.

  1. Museum Kuching

Museum yang berada di wilayah Petra Jaya (North City Hall) berisi lebih dari 4.000 koleksi lukisan dan artefak yang berkaitan dengan kucing. Dan karena lokasinya diperbukitan akab bisa dilihat juga pemandangan sekitar yang masih asri dan tenang.

Di museum yang akan dikenai retribusi 3 Ringgit Malaysia (sekitar Rp 10 ribu) jika memotret dengan kamera dan 5 Ringgit Malaysia (sekitar Rp 18 ribuan) untuk pemakaian kamera video itu bisa juga dilihat koleksi kucing modern seperti Hello Kitty sampai Garfield.

  1. Museum Serawak

tempat wisata Museum Serawak

Di jalan Tun Haji Openg ada juga Museum Serawak yang berdiri tahun 1891 dan merupakan museum tertua di negara bagian Serawak. Di dalamnya terdapat koleksi etnologi dan sejarah lengkap mengenai Serawak. Diantaranya terdapat model Rumah Panjang Serawak, alat musik tradisional sampai perahu tradisional yang sering digunakan masyarakat Kuching jama dulu.

  1. Klenteng Tua Pek Kong

Ini klenteng tertua di Serawak, destinasi ini boleh disebut instagramable alias punya banyak titik yang tepat buat diabadikan.

Baca Juga  9 Destinasi Menakjubkan di Pulau Hokkaido

Terletak di Jalan Tunku Abdul Rahman merupakan bangunan bersejarah yang terawat dengan baik hingga sekarang.

  1. Esplanade

tempat wisata Esplanade di malaysia

Terletak di pusat kota Limbang, yang juga berada di kawasan tepi Sungai Serawak. Esplanade merupakan tempat yang ramai dikunjungi di kala senja. Lingkungan sekitar Esplanade tertata dengan rapi menuju arah barat, arah matahari terbenam.

Bisa juga menyewa perahu berkapasitas 2-3 orang seharga RM 30 (sekitar Rp 100 ribuan) untuk menjelajahi kawasan ini.

  1. Astana Kuching

tempat wisata astana

Sepanjang menyusuri Sungai Serawak, Traveler bisa melihat bangunan Astana Khucing yang merupakan sebuah istana sekaligus tempat tinggal resmi Gubernur Serawak.

Bangunan unik ini terdiri dari 3 gedung yang terpisah, namun ketiganya dihubungkan dengan jembatan. Di depan istana yang tidak dibuka untuk umum ini Traveler dapat menemukan sebuah menara jam yang cantik. Meski tidak dibuka untuk umum, dengan luasan tamannya tetap bisa dinikmati sembari menyusuri Sungai Serawak.

  1. Fort Margherita

Ini merupakan sebuah benteng tua yang dibangun oleh Raja Serawak, Charles Brooke pada tahun 1879. Benteng ini dibangun oleh sang raja untuk hadiah pada istrinya, Margaret Alice Lili de Windt. Benteng yang dibangun diatas bukit dulunya berfungsi untuk memata-matai perampok dan bajak laut.

Berada di tepian Sungai Serawak atau tepatnya Petra Jaya (Kampong Boyan), bangunan yang berbentuk unik dan pemandangan kot aKuching dari ketinggian jangan sampai terlewatkan.

  1. Kuching Waterfront

tempat wisata Kuching Water Fronttempat wisata Kuching Water Front

Kucing Waterfront berlokasi di jalan Tunku Abdul Rahman. Traveler akan mendapati sebuah lapangan terbuka di tepi Sungai Serawak yang sejuk dan jauh dari hiruk pikuk kota. Ini merupakan lambang dari modernisasi kota tanpa menghilangkan pesona warisan leluhur dan kecantikan alamnya.

  1. Kampung Melayu

Pada dasarnya, Kampung Melayu terdiri dari kawasan Boyan, Gersik, dan Sourabaya. Wajar jika penamaan daerah disini mirip dengan Indonesia, karena posisi Kota Kuching berbatasan langsung dengan Pontianak, Kalimantan Barat.

Baca Juga  5 Tempat Belanja di Serawak & Kuching Malaysia

Nah, disinilah Traveler bisa menemukan banyak pedagang kue lapis khas Serawak yang berwarna-warni.

  1. Siniawan Night Market dan Top Spot Foodcourt

Ada dua lokasi berburu kuliner khas Serawak. Pertama Siniawan Night Market mirip dengan Pasar Hongkong di Singkawang. Tampilannya meja dan kursi berjajar di sepanjang jalan yang dihiasi lampion merah. Ada lebih dari 200 warung makan disini.

Meskipun Traveler muslim patut mencermati kedai yang menjual sajian halal. Karena tidak semuanya menjual produk halal.

Kedua, sama seperti namanya, Top Spot Foodcourt, terletak di lantai dua di bilangan Alan Padungan. Kawasan ini merupakan surga bagi para pecinta seafood dengan beragam cara pengolahan.

11 Destinasi Wisata di Kuching, Malaysia Paling Unik
5 (100%) 5 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.