9 Tempat Wisata di Laos Yang Paling Favorit

Tempat wisata di Laos – Laos merupakan negara di Asia Tenggara banyak memiliki candi. Negara yang terkurung daratan dan berbatasan dengan lima negara seperti Vietnam, China, Myanmar, Kamboja dan Thailand ini memiliki banyak festival, terutama festival keagamaan seperti pada bulan April merayakan Tahun Baru Lao.

Boun Bang – Fay, festival menghormati kelahiran, pencerahan, dan kematian Sang Buddha yang dilakukan ketika bulan purnama di bulan Mei. Khao Vassa yang dilakukan dibulan Juli. Ho Khao Slak merupakan perayaan seperti Natal untuk anak – anak Laos pada musim gugur.

Menarik bukan?? Berikut tempat wisata paling populer di Laos yang telah Travelstars rangkum buat kalian.

  1. Pha That Luang

tempat wisata candi emas di laos

Pha That Luang merupakan sebuah candi budha berlapis emas dengan ukuran yang cukup besar. Pha That Luang Berada di pusat kota Vientiane. Candi ini dibangun pada abad ke – 3 dan sempat mengalami beberapa kali renovasi, seperti pada tahun 1930.

Pha That Luang merupakan stupa yang seluruh bagiannya ditutupi dengan emas murni seberat 500 kg.

  1. Wat Xieng Thong

candi Wat Xieng Thong di laos

Masih berbicara tentang candi, Wat Xieng Thong dibangun pada tahun 1559 oleh Raja Setthatirath dan terletak di ujung utara Semenanjung Luang Prabang yang tepatnya berada di pertemuan antara sungai Nam Khan dan Sungai Mekong. Candi ini menjadi simbol semangat agama serta seni tradisional.

  1. Buddha Park

wisata Buddha Park di laos

Wat Xieng Khuan berisi lebih dari 200 buah patung hindu dan budha yang dibuat oleh Luang Pu Bunleua Sulilat pada tahun 1958. 

  1. Wat Si Saket

Wat Si Saket di laos

Wat Si Saket dibangun pada tahun 1818 atas perintah dari Raja Anouvong (Setthatirath V). Selain keindahan arsitektur yang dindingnya terbuat dari perak dan keramik, candi ini pun punya museum di bagian dalam.

Wat Si Saket terletak di jantung kota Vientiane.

  1. Phu Chi FA

wisata favorit di laos Phu Chi FA

Phu Chi Fa merupakan gunung serta hutan taman nasional yang terletak di perbatasan negara Laos dan Thailand. Banyak wisatawan yang datang untuk melihat kabut seperti lautan yang menutupi gunung – gunung di sekelilingnya.

Tinggi Pu Chi Fa antara 1200 – 1600 mdpl dengan suhu sekitar 20OC. Pu Chi Fa mempunyai 3 musim, yaitu musim hujan, panas dan musim dingin yang dipengaruhi oleh angin muson tropis.

Baca Juga  Masjid Camii, Masjid Terbesar dan Terindah di Tokyo
  1. Bolaven Plateau

harga tiket masuk wisata di laos Bolaven Plateau

Bolaven Plateau merupakan sebuah dataran tinggi yang memiliki ketinggian berkisar 1000 – 1350 mdpl. Letak Bolaven Plateu yaitu diantara Pegunungan Annamite yang ada di perbatasan negara Laos dengan Vietnam.

Daya tarik dari tempat wisata ini adalah adanya sungai dan air terjun yang jumlahnya tidak sedikit. Air terjun yang paling terkenal di Bolaven Plateau ini bernama Air Terjun Tad Lo dan memiliki beraneka macam tanaman di sekitarnya.

  1. Patuxai

alamat wisata di laos Patuxai

Selanjutnya ada Patuxai. Patuxai atau Victory Gate (Gerbang Triumph) merupakan monumen perang yang berlokasi di Vientiane. Monumen ini dibangun pada tahun 1957 – 1968 yang bertujuan mengenang jasa para pahlawan dan orang – orang yang turut berjuang merebut kemerdekaan Laos dari penjajahan Perancis.

Daya tarik dari  Patuxai adalah adanya air mancur yang bergerak seiring alunan musik dan kalian juga bisa mendaki puncak Patuxai untuk melihat keindahan yang ada di sekitar lokasi Patuxai.

  1. Museum Lao

lokasi wisata Museum Lao di laos

Berkunjung ke  museum selalu Travelstars anjurkan. Karena museum menjadi tempat bersejarahnya suatu tempat, seperti Museum Lao ini. Museum Lao berlokasi di Kota Vientiane. Museum ini menceritakan tentang sejarah revolusi pada tahun 1970an. Dulunya bangunan ini diperuntukkan sebagai tempat tinggal Gubernur Perancis.

  1. Sungai Mekong

foto wisata di laos Sungai Mekong

Sungai Mekong adalah sungai terpanjang se Asia Tenggara dan menjadi tempat yang paling diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Laos. Sepanjang sungai Mekong, para wisatawan akan disuguhkan dengan panorama yang indah mulai dari Kawasan Huay Xai hingga ke Kota Luang Prabang.

Sekian artikel tentang tempat wisata di Laos yang dapat Travelstars bagikan kali ini. Jangan lupa untuk like dan  share artikel ini dan tambahkan bintang. Terima Kasih.

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.