6 Lokasi Kunjungan Wajib Di Phnom Penh Kamboja

Travelerstars, Kamboja sejatinya merupakan negara yang patut dipertimbangkan buat disambangi Travelers yang menginginkan suasana klasik. Tempat wisata di phnom phen ini merupakan salah satu wisata yang masih punya banyak koleksi bangunan tempo dulu. Hal itu masih bisa diluhat mulai dari pusat kota Phnon Penh maupun di kota-kota kecil seantero Kamboja.

Seperti diketahui negara ini juga satu ikon yang termasuk keajaiban dunia, sebagaimana Indonesia dengan Borobudurnya, yaitu komplek kuil dan bekas istana yang bernama Angkor Wat.

Tempat Wisata di Phnom Phen

Berada di provinsi Siem Reap, butuh perjalanan sekitar 5 jam dari Phnom Penh. Angkor Wat sendiri sebenarnya berarti kota kuil. Bangunan ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Suryawarman II di abad ke-12.

Secara keseluruhan kompleks ini luasnya sekitar 162,6 hektar. Bangunan ini usianya lebih muda dari candi Borobudur yang dibangun pada abad ke-9. Namun kedua candi yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai keajaiban dunia itu

Baca Juga  Woow! Ini 3 Wisata Alam Keren Malaysia

Tentu saja, meski memang dahsyat, Kamboja tak hanya punya Angkor Wat yang patut dikunjungi. Apalagi kalau yang tersedia bagi Traveler hanya sebatas city tour. Berikut sejumlah lokasi tempat wisata di kamboja yang asyik buat didatangi.

  1. Royal Palace (Istana Kerajaan)

royal palace phnom phen

Dibangun pada 1866, hingga kini masih jadi lokasi kediaman resmi Raja Kamboja, Norodom Sihamoni. Hanya saja, kini sisi sebelah selatan dan tengah dari istana yang dibuka buat umum. Sisi utara jadi komplek kediaman keluarga kerajaan yang tak bisa dibuka setiap saat.

Kalau sudah sampai di istana, jangan lupa buat melihat Pagoda besar berwarna keperakan yang berjuluk Wat Ubosoth Ratanaram atau Wat Preah Keo Morakot, karena termasuk tempat menarik di phnom penh cambodia.

Paling tidak pagoda itu diselimuti 9.000 berbagai batu mulia. Disarankan untuk mengunjunginya saat petang atau malam karena istana ini sangat indah pula saat disinari lampu-lampu.

  1. Wat Phnom

Ini merupakan kuil Budha, dibangun tahun 1372 dengan tinggi 27 meter sehingga disebut sebagai rumah ibadah tertinggi di Kamboja.

Baca Juga  7 Tempat Wisata di Taiwan

Di dalam kuil bisa dilihat juga sejumlah stupa yang merupakan simbol dari raja-raja di Kamboja serta para pengawalnya. Ada juga satu patung khas Budha yang diceritakan sebagai ‘Nenek Moyang Penh’ yang merupakan awal dari kota Phnom Penh.

Komplek kuil ini juga terdapat sejumlah pedagang yang menjajakan sejumlah souvenir.

  1. Monumen Kemerdekaan

Dibangun tahun 1958, lokasinya di pertemuan Norodom Boulevard and Sihanouk Boulevard. Persis di tengah kota, menggambarkan kebangaan bangasa Kamboja yang merdeka dari Prancis di tahun 1953.

  1. Central Market 

central market kamboja

Nama aslinya Phsar Thmei. Ini merupakan salah satu bangunan terbesar di Phnom Penh. Dibangun tahun 1935-1937, souvenir hingga perhiasan diperdagangkan di pasar yang buka dari pukul 07.00-18.00 ini.

Bagi penikmat desain arsitektur, karakter art-deco yang dominan jelas pantang diabaikan. Yang jelas pasar ini juga menyediakan kesempatan bagi Traveler buat unjuk kemampuan dalam hal menawar harga.

  1. Russian Market

Phsar Toul Tumpong merupakan nama asli dari pasar yang identik dengan barang murah ini. Ya barang murah dari merek ternama seperti Nike ataupun Zara, dan itu bukan barang palsu atau imitasi. Karena yang dijual merupakan produk yang di Indonesia disebut ‘sisa ekspor’ atau ‘barang reject’.

Baca Juga  10 Makanan Khas Thailand Yang Wajib Dicoba

Kalau menjelajah lebih dalam dari pasar ini, Traveler akan mendapati produk souvenir baik yang baru maupun lawas. Berbagai barang antik dengan karakter khas Indochina mudah ditemui di sana.

  1. National Museum

Berlokasi di jalan Preah Ang Eng, merupakan museum terbesar di Kamboja. Disinilah tempat disimpannya berbagai temuan bersejarah yang terbaik bagi bangsa Khmer ataupun Indochina berupa gerabah sampai karya pahatan.

Hanya saja perlu diperhatikan bahwa mengabadikan produk-produk di dalam museum adalah hal terlarang. Hanya diperkenankan memotret koleksi yang ada di luar ruangan museum.

Jangan lupa, di sisi belakang museum pada petang hari (Senin-Sabtu), setiap pukul 19.00, akan ada sejumlah pagelaran seni khas Kamboja yang memikat.

6 Lokasi Kunjungan Wajib Di Phnom Penh Kamboja
5 (100%) 8 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.