Tempat Wisata di Sri Lanka – Boleh jadi Traveler lebih masih lebih mengenal tujuan wisata di Asia Selatan kalau bukan India atau Nepal maka Maladewa yang lebih mudah diutarakan.

Kalau begitu sepatutnya sudah memasukkan Sri Lanka ke tujuan wisata Traveler. Negara penduduk lebih dari 20 juta jiwa itu bisa disebut juga sebagai India dalam bentuk yang lebih kecil.

Mayoritas penduduknya bersuku Sinhala, lalu ada suku Tamil, ada juga suku Melayu dan Arab, bahkan ada suku Burgher yang berdarah Eropa. Terakhir, meski sudah menyusut drastis masih ada suku Vedda yang merupakan golongan pertama yang mendiami wilayah negara dengan Ibu Kota Sri Jayawardenapura Kotte itu.

Dari bandara Soekarno-Hatta (CGK) menuju ke Kolombo (CMB) sebagai kota terbesar akan ditempuh dengan penerbangan langsung yang lamanya sekitar 4 jam.

Penerbangan langsung tersebut akan dilayani maskapai Srilankan. Biayanya sekitar Rp 6 jutaan sekali terbang.

Maskapai lain yang punya rute ke Sri Lanka masih ada Garuda Indonesia, Air Asia, Singapore Airlines, dan juga Malaysia Airlines. Karena masih butuh jadwal transit dan stop over maka penerbangan akan memakan waktu antara 6-9 jam.

Biayanya antara Rp 5 jutaan sampai Rp 20 jutaan untuk sekali penerbangan.

Nah, di negara seluas 65.610 kilometer persegi itu akan bisa dilihat apa saja? Berikut sejumlah lokasi yang bisa dieksplorasi bagi Travaler yang pertama kali ke Srilanka.

  1. Kolombo

tempat wisata di sri lanka kolombo

Ini adalah kota yang paling besar di Sri Lanka, Kolombo sering disalah persepsikan sebagai Ibu Kota negara yang selama periode kolonial Inggris disebut sebagai Ceylon.

Baca Juga  Nikmati Segarnya Alam di Ueno Park Jepang

Kota ini merupakan kota yang bertaburan bangunan bergaya klasik khas Inggris. Hal itu ditambah banyaknya rumah ibadah dari pemeluk agama yang ada di Sri Lanka, seperti masjid, gereja, wihara, dan juga kuil.

Praktis Kolombo memang sudah banyak bersolek dalam 10 tahun terakhir. Apalagi pemerintah Sri Lanka memang punya niat besar buat menarik Traveler buat datang melancong.

  1. Kandy

tempat wisata di Kandy sri lanka

Kandy merupakan sebuah kota suci dimana Traveler bisa jumpai gigi Budha pada salah satu candinya, yaitu Candi Sri Dalada Maligawa. Candi yang satu ini memiliki nama lain “The Temple of the Sacred Tooth Relic”.

Sebenarnya waktu kunjungan terbaik ke Kandy adalah bulan Agustus. Itu bertepatan dengan dihelatnya festival tahunan bernama “Esala Perahera”. Pada perayaan ini akan dipenuhi oleh banyak penari serta beragam atraksi. Hadir pula parade gajah yang dihias dengan aneka macam atribut.

Ini merupakan perayaan untuk meperingati khotbah pertam Sang Budha pertama kalinya. Perayaaan selama dua minggu itu dipercaya pula awal dari musim hujan atau disebut Vasanna.

Perjalanan menuju Kandy dari Kolombo dengan transportasi darat, butuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

  1. Sigiraya

tempat wisata di Sigiraya sri lanka

Sigiriya merupakan sebuah kerajaan yang letaknya ada di bukit batu cukup besar. Pembangunan Sigiriya sendiri dilakukan oleh Raja Kaspaya. Raja Kaspaya sendiri sebelum berada di tampuk kekuasaannya harus membunuh sang Ayah demi mendapatkan kekuasaan.

Namun, masih menurut kisah yang sama, setelah ia mendapatkan kekuasaan kehidupan Raja Kaspaya tidaklah tenang. Ia selalu dibayang-bayangi rasa bersalah. Kemudian ia pun lari ke dalam hutan dan membangun sendiri kerjaannya di atas sebuah bukit batu.

Baca Juga  Islandia, Surga dan Keajaiban Dunia

Tinggi bukit batunya sekitar 200 meter. Raja Kaspaya yang merasa kian tertekan dengan rasa bersalah di hatinya pada akhirnya memutuskan untuk bunuh diri.

Dibalik cerita pilu tersebut Sigiriya tetaplah peninggalan sejarah yang menakjubkan. Akan ditemui dinding di dalam gua berisikan berbagai lukisan yang sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

  1. Galle

tempat wisata di Galle sri lanka

Galle merupakan sebuah kota benteng kuno peninggalan masa pnedudukan Belanda dan Portugis. Di wilayah Selatan Sri Lanka akan banyak dijumpai pula sosok bangunan masa kolonial tersebut.

Salah ikon yang pantang terlewatkan adalah mercusuar yang dibangun pada masa kolonial Belanda.

Travaler bisa memilih sisi sebelah atas dari benteng tersebut. Dari situ bisa dinikmati, jika cuaca sedang bersahabat, atmosfir saat matahari terbenam yang indah.

  1. Unawatuna

pantai Unawatuna di sri lanka

Sebagai negara pulau tentu saja Sri Lanka juga punya garis pantai. Salah satu yang populer adalah Pantai Unawatuna. Pantai ini berpasir putih dengan paduan ombak yang besar. Khusus ombak, Traveler perlu waspada karena ombak di Sri lanka terkenal besar karena negara ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Pantai Matara, Pantai Hikkaduwa, dan sebagainya.

  1. Dambulla

tempat wisata Dambulla Temple di sri lanka

Travaler bisa juga mempertimbangkan untuk datang ke gua  Dambulla. Di situ ada candi dalam sebuah batu besar, termasuk sejumlah patung Budha dengan berbagai pose.

Di dinding gua pun ada lukisan-lukisan kuno yang masih bisa dilihat secara jelas detailnya meski sudah ratusan tahun usianya. Itu karena di dalam gua yang tidak terlalu terang itu sirkulasi udaranya juga cukup baik.

Di lokasi yang sama sebenarnya ada lima gua yang bisa didatangi. Gua yang pertama bernama Deva Raja Viharaya, lalau ada Maha Raja Viharaya, kemudian gua Maha Alut Viharaya, gua Paschima Viharaya, dan gua Dambulla yang merupakan gua utama.

  1. Polonnaruwa

tempat wisata di Polonnaruwa sri lanka

Ini adalah kota kuno paling besar kedua yang ada di Sri Lanka setelah Anuradhapura. Pollnaruwa relatif lebih mudah dijelajahi karena luas wilayahnya tidak sebesar Anuradhapura. Mudah saja untuk menjelajah sampai ke sudut-sudut kota yang bertebaran sisa bangunan sisa kerajaan-kerjaan klasik Sri Lanka dengan mengendarai sepeda atau tuk-tuk.

Baca Juga  Cobain Yuk, Ada Resto Menu Italia Halal Di Singapura

Disarankan, kalau Traveler pergi ke Polonnaruwa perlu punya persediaan air putih cukup. Itu karena kondisinya di sana termasuk gersang sehingga cuaca panas harus diantisipasi agar tidak dehidrasi.

  1. Nuwara Eliya

tempat wisata Nuwara Eliya di sri lanka

Sri Lanka merupakan negara tropis yang juga punya dataran tinggi yang berudara sejuk. Salah satunya adalah Nuwara Eliya yang sejalan dengan jalur kemuju Kandy.

Jika perjalanan ditempuh dengan kereta api maka perjalan menuju stasiun Nanu Oya akan berisi pemandangan pemandangan alam yang indah. Karena jalur kereta itu melewati lembah-lembah hijau segar serta perkebunan teh. Termasuk begitu banyak air terjun indah.

Di Nuwara Eliya sendiri yang merupakan salah satu sentra perkebunan teh Sri Lanka akan dilihat berbagai tempat menyesap teh. Sebab the sejak jaman kolonial merupakan komoditas utama di atas beras sekalipun.

Tak heran kalau di Sri Lanka masih ada tradisi tea break yang setiap pukul 10.00 dan 15.00.

Tertarik?

8 Tempat Wisata di Sri Lanka
4.8 (96%) 5 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.