4 Fakta Wisata Curug Cigentis Karawang Dari Lokasi Hingga Mitos

Wisata Curug Cigentis – Untuk kalian yang sedang merencanakan liburan bersama keluarga atau teman-teman di provinsi Jawa Barat, ada Curug Cigentis yang bisa kalian jadikan pilihan wisata kali ini.

Provinsi Jawa Barat merupakan kawasan yang memiliki tempat wisata air terjun paling banyak di Indonesia dengan segala keindahannya. Salah satu lokasi wisatanya yaitu Curug Cigentis, berada di kawasan Gunung Sanggabuana jaraknya sekitar 44 km dari pusat kota Karawang. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter.

Curug Cigentis sendiri memiliki daya tarik pesona keindahan alam yang dapat memanjakan mata kalian. Disekitar air terjun banyak ditumbuhi tanaman paku hijau, selain itu terdapat juga bebatuan alam disekitar curug yang menambah keasrian yang membuat suasana terasa nyaman dan tenang. Dibawah Curug Cigentis terdapat juga sebuah kolam kecil yang biasanya dipakai oleh wisatawan untuk berendam dan berenang.

Baca Juga  Mengenal Terminal 4 Changi Airport di Singapura

Rute Lokasi Wisata Curug Cigentis

gambar curug cigentis

Lokasi wisata Curug Cigentis ini sendiri berada di Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kalian bisa gunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor dengan jarak tempuh sekitar 2 jam dari pusat kota.

Fasilitas Di Curug Cigentis

penginapan di curug cigentis
Instagram.com

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Curug Cigentis terbilang sudah cukup lengkap. Terdapat beberapa warung atau restoran disekitar curug, yang dapat memuaskan para penggunjung setelah lelah melakukan perjalanan menuju lokasi air terjun. Menyediakan juga toilet umum, ruang ganti, mushola dan shelter mobil untuk parkir kendaraan pribadi para pengunjung.

Pengelola juga menyediakan berbagai macam penginapan murah yang bisa kalian pilih untuk bermalam disekitar kawasan wisata ini. Ada juga waterboom mini yang memiliki beberapa wahana permainan air yang bisa kalian nikmati bersama keluarga. Selain itu di sekitar Curug Cigentis ini juga bisa menjadi ajang untuk bersepeda santai sambil menikmati pemandangan alam di sekitar kawasan wisata alam ini.

Fasilitas lain yang bisa kalian temukan di sini adalah area outbound yang bisa digunakan oleh para pengunjung untuk bersenang-senang sambil menguji adrenalin kalian di area outbound ini.

Baca Juga  Cobain Yuk, Ada Resto Menu Italia Halal Di Singapura

Harga Tiket Masuk Curug Cigentis

harga tiket masuk curug cigentis karawang

Harga tiket masuk kawasan wisata Curug Cigentis kalian hanya perlu membayar sebesar Rp 15.000 per orang, dengan biaya parkir untuk mobil sebesar Rp 7.000 dan untuk motor sebesar Rp 5.000. Tempat wisata curug ini mulai buka jam 08.00 pagi dan tutup jam 17.00.

Mitos dan Cerita Legenda Curug Cigentis

Sejarah ditemukannya Curug Cigentis memang terdapat beberapa versi cerita. Ada yang menyatakan bahwa air terjun tersebut adalah tempat mandi puteri cantik bernama Nyi Geuntis sehingga air terjun tersebut diberi nama Curug Cigentis.

Ada juga cerita versi lain menyatakan bahwa sejarah air terjun merupakan tempat berwudhu para Wali Songo ketika menyebarkan agama islam di Karawang, salah satunya adalah dengan menyinggahi kawasan Curug Cigentis tersebut.

Hal ini telah diungkapkan oleh banyak pihak dan menjadi salah satu legenda yang sangat populer dikalangan masyarakat Karawang. Namun pastinya kondisi Curug Cigentis sudah menjadi tempat terbaik dan memberikan manfaat sebagai salah satu mata air masyarakat.

Baca Juga  Ke Manila, Jangan Lupa Naik Jeepney Yang Cukup Murah

Di kawasan gunung Sangga Buana yang berjarak sekitar 5 km dari Curug Cigentis, terdapat banyak makam yang sering diziarahi ketika bulan Maulud. Tapi hal tersebut sangat mengherankan karena di puncak gunung tersebut tidak ada perkampungan dan hanya ada kumpulan banyak makam.

Jadi dapat disimpulkan bahwa puncak tersebut pernah digunakan sebagai perkampungan zaman dahulu oleh nenek moyang masyarakat Karawang. Misteri mengenai banyaknya makam di puncak gunung, tentunya menambah kesan mistis di area tersebut, sehingga menimbulkan beberapa mistos di lingkungan masyarakat.

 

4 Fakta Wisata Curug Cigentis Karawang Dari Lokasi Hingga Mitos
5 (100%) 6 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.