Hua Hin, Surga Pantai Thailand Nomor satu

TravelerstarsCoba lupakan Pattaya yang sudah sangat tenar. Kini coba simak soal Hua Hin, satu destinasi yang menyajikan keindahan pantai dengan hamparan pasir pantai yang putih serta luasnya lautan Cina Selatan yang hijau.

Lokasi enggak terlalu jauh dari Bangkok, sekitar 200 kilometer selatan Ibu Kota Thailand itu. Luas wilayahnya 911 kilometer persegi dengan penduduk lokal sebanyak 63.091 orang. Area yang tadinya perkebunan kelapa ini mulai ‘ditemukan’ ketika tahun 1911.

Pangeran Purachatra yang jadi Direktur Perkeretaapian Kerajaan Thailand kala itu membangun jaringan kereta api berikut hotel yang berdekatan dengan pantai.

Sejurus kemudian sejak tahun 1920-an lokasi itu menjadi tempat resmi keluarga kerajaan dalam menjalani liburan ala musim panas. Hingga kemudian dibangunlah satu istana Phra Ratchawang Klai Kangwon (Istana Yang Tenang). Istana itu pada periode 2004-2006 menjadi kediaman resmi mendiang Raja Bhumibol Adulyadej.

Baca Juga  5 Restoran Halal Terenak di Bangkok

Hotel di Hua Hin Thailand

hotel di hua hin thailand

Dibandingkan Pattaya, Hua Hin memang jauh lebih tenang dengan ketersediaan fasilitas yang berkelas. Selain itu, sebenarnya distinasi wisata ini lebih dahulu dijadikan tujuan wisata keluarga kerajaan dibandingkan Pattaya.

Tak heran kalau, sebut saja, fasilitas hotelnya seepti wisata kuliner memang lebih mewah dibandingkan Pattaya. Meskipun penginapan kelas guest house yang harganya miring tetap tersedia. Sehingga enggak usah khawatir kalau berlibur di sana akan butuh biaya besar.

Paling tidak tersedia 150 hotel di Hua Hin dengan berbagai kelas, mulai yang dilabeli harga per malam Rp 150 ribuan sampai yang menyodorkan harga di atas Rp 4 jutaan semalam. Belum termasuk ratusan villa serta kondomonium yang juag bisa disewa Traveler.

Baca Juga  10 Tempat Belanja di Bangkok Thailand

Taman Nasional Khao Sam Roi Yot

cara ke hua hin dari bangkok

Kalau sudah begitu, apakah hanya pantai yang jadi atraksi utama Hua Hin? Jelas tidak, Taman Nasional Khao Sam Roi Yot merupakan titik persinggahan tak kurang dari 300 spesies burung dari Asia Timur dan Australia. Taman nasional ini bisa disambangi dengan taksi dari pusat kota dengan ongkos sekitar 1.500 Baht (sekitar Rp 64 ribu).

Kalau sudah berada di taman nasional ini jangan sampai tidak menghampiri lokasi ‘rapat’ anggota kerajaan yang dibangun tahun 1890 semasa Raja Rama V.

Ada satu lagi taman nasional yang bisa dikunjungi. Kaeng Krachan, merupakan taman nasional terbesar di Thailand. Jaraknya 35 kilometer dari pusat kota.

Di Kaeng Krachan, merupakan lokasi berkembang biak berbagai spesies kupu-kupu liar, aneka kera, dan kalau beruntung Traveler bisa mendengar auman harimau di kejauhan.

Kalau mau main kayak juga bisa karena ada sejumlah sungai yang bisa dimanfaatkan. Atau mau naik gajah untuk mengitari sejumlah rute buat menikmanti pemandangan hotan tropis yang alami.

Menikmati bangunan kuno seperti kuil juga masih bisa dilakukan. Silakan mengunjungi Phetchaburi yang berdiri berbagai kuil yang sejarahnya sudah muncul sejak abad ke-12. Khususnya komplek kuil Wat Mahathat Worawihan yang didominasi warna putih.

Bisa juga mengunjungi situs kuno peninggalan dinasti Khmer di lokasi yang tak jauh dari komplek kuil tersebut. Lokasi-lokasi tersebut bisa didatangi dengan menumpang bus umum yang ongkosnya sekitar 40 Baht (sekitar Rp 17 ribuan).

Baca Juga  Nikmati Durian Monthong, Yuk Ke Suphahattra Land, Agrowisata Keren di Thailand

Perkebunan Anggur

Wisata Hua Hin Vineyard

Nah, satu lokasi yang juga pantang terabaikan saat berkunjung di Hua Hin adalah area perkebunan anggur. Dengan bus khusus untuk program tur satu hari  berbiaya 300 Baht (sekitar Rp 129 ribuan) bisa menuju ke satu lokasi perbukitan sejauh 45 kilometer dari pusat kota.

Di sana ada lokasi perkebunan anggur yang sudah direkayasa sedemikian rupa sehingga punya musim tumbuh yang serupa dengan area perkebunan anggur di Perancis ataupun Italia.

Beberapa restoran menyajikan sajian khas Thailand dengan minuman wine yang berkelas. Sebuah perpaduan Timur dan Barat yang unik. Tak ketinggalan jika inggin membeli oleh-oleh wine tersedia satu toko yang buka dari pukul 10.30-15.00.

Berminat?

Hua Hin, Surga Pantai Thailand Nomor satu
5 (100%) 10 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.