Beli JR Pass, Untung Atau Rugi Kah?

Travelerstars, Item biaya terbesar jika berkunjung ke Negeri Sakura yakni ongkos transportasi lokal. Untuk travelers dari luar Jepang yang tidak hanya menginginkan melihat tujuan wisata menarik di Tokyo tetapi juga ke kota lain di Jepang, ada kemudahan untuk menghemat biaya yakni membeli JR Pass.

JR Pass atau Japan Rail Pass merupakan sebuah kartu yang bisa digunakan pada transportasi yang dikelola Japan Railways. JR Pass memiliki pilihan masa pakai.  Ada pilihan 7 hari, 14 hari dan 21 hari, serta ada pilihan green dan ordinary.

Masing-masing pilihan memiliki konsekuensi harga, untuk tiket green lebih mahal dibanding ordinary. Sebagai contoh untuk tiket ordinary 7 hari nation wide (seluruh Jepang) dewasa dijual 29.110 yen (Rp 3.780.000), sedangkan untuk green dewasa dengan masa pakai sama dijual 38.800 yen (Rp 5,04 juta).

Apakah dengan tiket seharga itu mahal?

Ya sangat tergantung dengan kebutuhan travelers.  Tiket JR Pass bisa jadi sangat mahal jika, travelers hanya berada di satu kota tujuan saja. Misalnya, hanya mengunjungi Tokyo atau Osaka saja. Tetapi, jika travelers bepergian ke beberapa kota tujuan wisata, maka JR Pass bisa jauh lebih menghemat dari sisi biaya.

Baca Juga  Tak Usah Khawatir Lagi, Ini Restaurant Halal di Bandara Narita

Sebagai contoh, jika itinerary travelers mengunjungi kota seperti Tokyo, Osaka, Kyoto bahkan hingga ke Hiroshima, maka membeli JR Pass bisa jadi lebih murah. Sebab, dengan masa pakai 7 hari, maka pilihan yang pas untuk traveling ke kota tersebut dengan menggunakan kereta cepat Shinkansen.

Tiket Shinkansen ini tergolong mahal. Untuk sekali jalan saja, Tokyo-Osaka dijual 14.200 yen (Rp 1,8 juta). Jika pulang pergi maka travelers harus membayar Rp 3,6 juta. Jika lanjut lagi ke kota lain tentu akan semakin murah jatuhnya JR Pass ini.

Dengan masa pakai 7 hari ini, travelers bisa menggunakan sesuka hati kemana pun. Untuk perjalanan lokal dengan bus dan kereta pun masih bisa dilakukan dengan menggunakan JR Pass. Syaratnya, jaringan transportasi yang dipakai adalah di bawah Japan Railways.

NASKAH/FOTO: Travelerstars

Beli JR Pass, Untung Atau Rugi Kah?
Rate this post

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.