Mudah Kok! Ini Lho Tahapan Bikin Visa Jepang

Travelerstars,  Berkunjung ke Jepang, Selain tiket pesawat dan akomodasi ada hal yang sangat penting lainnya. Benar! Travelers wajib membuat visa Jepang. Bagaimana cara membuat Visa Jepang?

Visa merupakan rekomendasi yang diberikan kepada warga negara asing untuk dapat masuk ke negara tertentu, dalam hal ini Jepang.

Berdasarkan info yang diberikan situs resmi kedutaan Jepang di http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html, ada beberapa jenis visa.  Seperti misalnya visa kunjungan sementara untuk berbagai tujuan. Di antaranya kunjungan keluarga, kunjungan teman, kunjungan wisata dengan biaya sendiri, kunjungan sementara berkali-kali (wisata), tujuan bisnis, visa Kunjungan sementara untuk tujuan bisnis. Ada juga visa khusus untuk tinggal sementara dalam jangka waktu lama seperti bekerja dan melanjutan pendidikan.

Kali ini Travelerstars akan membahas visa kunjungan sementara wisata dengan biaya sendiri. Travelerstars pernah mengajukan visa ini dalam kunjungan ke Jepang pada tahun ini.

Cara Membuat Visa Jepang

Di situs Kedutaan Jepang lengkap sekali panduan untuk pembuatan visa ini. Adapun dokumen yang perlu dilengkapi dalam mengajukan permohonan visa adalah Paspor, Formulir permohonan visa.

  1. Untuk mendapatkan formulir ini bisa di download di situs Kedutaan Jepang,
  2. Pasfoto terbaru dengan ukuran 4,5 X 4,5 cm dengan latar belakang putih,
  3. Fotokopi KTP,
  4. Fotokopi Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar,
  5. Bukti pemesanan tiket,
  6. Jadwal Perjalanan bisa didownload,
  7. Fotokopi dokumen yang bisa menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti kartu keluarga, akta lahir dan dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan dibuktikan dengan fotokopi bukti keuangan, seperti rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir.
Baca Juga  Sim Internasional, Begini Prosedur Pembuatannya

Panduan dan Syarat Untuk Membuat Visa Jepang

Dalam pengalaman Travelerstars meski tidak diminta, untuk menyakinkan Travelerstars menyertakan bukti booking penginapan selama di Jepang. Untuk bukti booking ini, Travelers bisa membuat booking sementara di situs penyedia layanan hotel.

Beberapa situs tersebut bahkan tidak mewajibkan pemesan membooking menggunakan kredit card. Sehingga, jika ingin mencancel pemesanan akan lebih mudah.

Satu hal lagi, jika Travelers memiliki profesi tertentu seperti aparat sipil negara, atau bekerja di perusahaan milik Jepang dibuktikan dari lembaga yang bersangkutan, ada dispensasi tidak perlu menyertakan bukti ketersediaan dana berupa fotokopi bukti keuangan.

Setelah semua dokumen lengkap, silakan Travelers ajukan pembuat visa melalui Japan Visa Application Center (JVAC) yang terletak di Lotte Shopping Avenue lantai 4 (samping Studio XXI), Kuningan, Jakarta Selatan.

Biaya Pembuatan Visa Jepang

Untuk biaya pengurusan visa jepang, dikenakan Rp 360 ribu untuk visa single entry dan Rp 720 ribu untuk multiple entry. Jika Travelers menggunakan e-paspor ada keuntungan lain, visa yang didapat dinamakan waiver, berlaku hingga 3 tahun lama dan dapat dipergunakan berulang kali selama paspor masa berlakunya belum habis.

Baca Juga  Tips Pakaian Saat Winter

Naskah: Travelerstars

Foto:  Travelerstars (WA)

Mudah Kok! Ini Lho Tahapan Bikin Visa Jepang
5 (100%) 7 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.