6 Tips Pengalaman Menggunakan JR Pass

Bagi temen temen yg kmrn dpt promo gledek ke jepang pakai JAL atau ANA, mungkin dpt membantu kedepannya.

Saya suka bingung, klo ada yang tanya tiba tiba tanpa menginfokan itinerary, butuh JR pass tidak?

Jepang memang beda dg negara lain dalam hal transportation, terdapat banyak pass dan Kartu transportasi baik yg berlaku nasional, regional wilayah, dan pass masing masing kota itu sendiri. Berikut tips yg mungkin bs dijadikan acuan

  1. Pass

  • a). JR pass (berlaku nasional)

Kapan butuh pass ini, jika pesawat pp di satu tempat dan kitanya mengunjungi beberapa kota berjauhan sekaligus. Contoh pp dr Narita, tp Kita main ke hokaido, Osaka, Kyoto, Hiroshima,. Krn yg buat Mahal transport jepang adalah lintas daerah.

Jika kita sdh buat itinerary maka kita Akan tahu badget yg kita butuhkan.

  • b). Subway pass

Pass ini cocok, yg kejepang berkunjung ke Tokyo saja dan Jika Dalam waktu singkat, contoh hanya berkunjung ke jepang, buat shopping area tokyo Kota saja, dan tdk mlipir kluar. Cukup Beli Subway pass 3 Hari 1500 yen, saya jamin ke jepang cuma butuh 5 juta jk pesawat 3 jutaan.

Jangkau wilayah seperti, asakusa, ueno, Shibuya, Shinjuku, Harajuku, pokoknya area Dalam Kota.

  • c). Subway pass + Tokyo wide pass

Gabungan pass ini cocok bagi yg berkunjung ke jepang Dalam durasi 4-6 hari tp hanya wilayah kanto (Tokyo dan sekitar ya). Jika anda ingin Tokyo city tour tapi juga pengen mlipir ke pinggir ke ibaraki (Hitachi seaside park), Nikko, gala yuzawa, Kawaguchiko, tateyama, gotemba, dll (lihat gambar) maka gabungan pass ini yg sesuai.

  • d). Hokuriku arch pass + tokyo subway pass + OAP + buss pass Kyoto

Pass ini cocok bagi yg jepang 8-10 Hari. dan ingin mengunjungi kota-kota di daerah Kansai seperti Osaka, Kyoto, Nara, dan Kobe. Juga tempat-tempat wisata di Tokyo, sambil mencoba menjelajahi daerah-daerah baru seperti Nagano, dan Kanazawa (jalur termudah ke Shirakawago) atau Toyama (Tateyama Kurobe Alpine). Selama di Tokyo Kota bs pakai subway pass, ketika ke jalur alpine route, shirakawago, osaka, Kyoto baru mulai aktifkan Hokuriku pass. Saat Di Osaka pakai OAP biar gratis tempat wisata, di Kyoto Dalam Kota bs pakai buss pass

  • e). Kansai pass + OAP + buss pass kyoto

Cocok bagi yang mengunjungi jepang 6-7 Hari tp hanya area, Kobe, Osaka, Kyoto, Nara. Dan penginapan di satu tempat misal di Osaka jd mlipirnya pp. Kansai pass mengcover kreta Antar kotanya, OAP mengcover wisata, subway , bus di Osaka, di Kyoto pakai bus pass.

  • f).Kansai Hokuriku pass + OAP + Kyoto bus pass.

Gabungan pass ini cocok bagi yg ingin mengunjungi jepang 7-10 Hari pp dr kansai airport tapi ingin mlipir ke tateyama kurobe alpine (alpine route), shirakawago, kanazawa smpe nagoya.

  • g). Subway pass + TWP + bus Malam + OAP + Kyoto bus pass

Ini cocok bagi yg multicity flight, dtg Tokyo plg lewat kansai (Osaka/kyoto) Atau sebaliknya.

Tokyo (4-6 Hari) Dan ingin mlipir ke pinggir jd pakai subway pass Dan TWP

Tokyo-Osaka/kyoto : pakai bus Malam

Osaka (2hari) : pakai OAP

Kyoto (2 Hari ) : pakai bus pass

Jika pengen ke Nara atau Kobe, bs Beli ticket ketengan di mesin stasiun.

Baca Juga  Mudah Kok! Ini Lho Tahapan Bikin Visa Jepang
  1. Bus Antar Kota

Salah satu pilihan hemat transportasi Antar Kota bagi traveller model kayak saya, bus Malam adalah pilihan. Tp Ada hal yg pelu diperhatikan. Hindari Hari jumat, Sabtu , minggu harga bus osaka/Kyoto ke Tokyo atau sebaliknya akan berada Di harga maximum ny kisaran 6000 yen ke atas. Berpindahlah di Hari weekdays mk harga bus Malam bs berkisar 1800 yen – 3300 yen (kosokubus.com) tp klo itin terlanjur jadi ya sdh.

  1. Escalator

– tokyo : saat Di Tokyo saat Naik escalator kita mepet ke Kiri

– Osaka : saat Di Osaka Kita justru harus mepet ke kanan.

  1. Hostel

Saya pribadi justru menghindari stasiun besar kayak ueno, atau Shinjuku berdasarkan pengalaman justru lebih enak di deket statiun yg lebih kecil.

Contoh utk kawasan asakusa, utk subway saya lebih suka di deket statiun tawamarachi line drpd asakusa station

Utk jalur yamanote line (atau jalur JR) saya lebih suka deket stasiun nippori, sugamo dll pokoknya yg station kecil, krn klo stasiun besar masuk nyari platform Dan exitnya lebih rempong (ngabisin waktu muter cari platform di dlm station kretanya) beda sama station kecil dia biasanya cuma ada satu pintu masuk satu exit. Meski ntr harus transit atau ganti jalur ke shinkasen, tp entahlah rasanya lebih mudah menghafal jalurnya.

  1. Jangan lupa memastikan jalur exit kita benar

Bagi pemegang pass seperti JR pass, TWP. Pass yg bentuknya buku saku, jalur masuk dan kluar kreta kita adalah lewat pinggir yg ada petugasnya. Beda Sama OAP atau buss pass atau subway pass yg bentuknya kayak kartu masuk mesin.

Saya setiap mau masuk atau kluar mesti sdh yakin di line yg bener selalu ty petugas, memastikan jalur benar. Terutama Di Osaka, station yg g begitu sukses saya takhlukkan justru namba, shin Osaka dan umeda. Krn di Google map tdk muncul exit berapanya, jd setiap kluar saya mesti ty ke petugas.

Di Osaka exitnya pakai nomor nomor gtu pokokny. Mk better ty petugas saja. Klo saya asal nodong org lewat, ini juahat sebenarnya krn saya tahu mereka selalu mendahululan kepentingan org lain, saya suka asal nodong org dan tara mereka akan mengantar kita ke jalan yg benar. 

  1. Pengandal WiFi gratisan

Bagi pengandal WiFi gratisan, Di setiap statiun dan tempat wisata wisata dijepang selalu Ada WiFi gratisan jd tenang, tp tdk dg yg mlipir ke pinggir pinggir. Jd pastikan sudah screenshot jdwal Dan rute jalur tandai di map.

Begitu juga pass pass masing masing kota yg lain. Jd mari belajar bertanya dg bener. Jangan asal lempar pertanyaan butuh JR pass atau tidak.

Sumberhttps://www.facebook.com/groups/1468005403448997/

Baca Juga  7 Hal Penting Persiapan Travel ke Jepang
6 Tips Pengalaman Menggunakan JR Pass
5 (100%) 9 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.