Sim Internasional, Begini Prosedur Pembuatannya

Travelerstars – Bagi sebagian Travelers, jalan-jalan membawa mobil di luar negeri dengan menyewa di car rental punya keasyikan tersendiri. Di antaranya, memiliki fleksibilitas waktu, mudah menjangkau lokasi wisata tertentu yang sulit diakses transportasi umum, untuk kasus tertentu bisa lebih irit. Ini dia cara membuat sim internasional

Travelerstar punya pengalaman nyetir sendiri saat liburan bersama keluarga ke Australia. Saat hendak mengambil mobil rental, bagian administrasi perusahaan rental meminta International Driving Permit (IDP).

Baca Juga  Canberra, Kota Kecil Yang Jarang Disinggahi

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi Travelers untuk mendapatkan IDP ini. Menurut situs NTMC Korlantas Polri ada 5 persyaratan yang harus dibaca saat mengajukan pembuatan IDP yang biasa dikenal dengan SIM Internasional ini.

  1. SIM yang masih berlaku
  2. KTP asli dan fotokopi
  3. Paspor asli dan fotokopi
  4. Materai Rp 6.000
  5. Pas Foto 4×6 3 lembar terbaru. Untuk pria berdasi dan wanita menggunakan Blazer dengan latar belakang photo berwarna biru.

Untuk biaya pembuatan IDP ini, berdasarkan PP 50 Tahun 2010 tentang PNBP untuk IDP Baru dikenakan biaya Rp 250.000 sedangkan untuk perpanjang dikenakan biaya Rp 225.000.

Yang perlu dipahami juga oleh Travelers yakni soal katagori IDP ini. Pada SIM nasional, dikenal dengan SIM A untuk mobil dan Sim C untuk motor. Pada IDP atau SIM Internasional ini katagori A untuk motor sedangkan katagori B untuk mobil.

Baca Juga  Promo Tiket Emirat Ke Eropa Rp 12 Jutaan Hingga 31 Maret

Masa berlaku Internastional Driving Permit ini adalah 3 tahun. Untuk pembuatannya Travelers wajib hadir ke Korlantas Polri yang beralamat di Jl. Letjen Haryono, MT Kav 37-38, Jakarta Selatan. Untuk waktu pembuatan enggak lama kok, kalau tidak antri prosesnya tak lebih 20 menit.

Sim Internasional, Begini Prosedur Pembuatannya
Rate this post

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.