Travelerstars- Turki, tidaklah berlebihan, kalau bisa dijadikan sebagai satu negara yang ‘must visit’ oleh Traveler.  Negara ini merupakan titik temu budaya Eropa dan Asia, bikin banyak hal yang bisa dilihat sekaligus dinikmati.

Salah satunya mengunjungi Grand Bazaar di kota Istanbul. Ini pasar yang besar yang didalamnya begitu banyak pedagang yang menawarkan berbagai produk.

Tapi karena secara fisik memang besar dan termasuk rumit begitu masuk di dalamnya, ada sejumlah hal yang patut diketahui Traveler:

  1. Jangan Takut Tersesat

belanja murah di istanbul turki

Pastikan Traveler ingat di pintu gerbang mana yang dimasuki. Bukan apa-apa, pasar ini bisa diakses melalui 21 pintu gerbang dengan desain jalan berliku. Tidak usah bingung juga untuk mencari produk yang diincar, sebab semua pedagang sudah dikelompokkan berdasarkan komoditasnya.

  1. Santai saja kalau belum tukar uang

Karena kondisinya yang memang jadi salah satu tujuan kunjungan turis mancanegara maka Grand Bazaar juga bisa ditemui money changer. Enggak usah ragu dengan kurs yang ditawarkan, sebab tempat penukaran uang di situ secara tradisi menawarkan kurs yang terbaik di seantero Istanbul.

  1. Dilarang merokok!

Meski pasar, suasana Grand Bazaar terbilang nyaman bagi pengunjung meski kadang harus berdesakan. Salah satunya karena dilarangnya semua yang ada di dalam area itu untuk merokok. Oya, jangan lupa menyiapkan daftar belanjaan sebelum masuk pasar. Itu supaya Traveler enggak lapar mata sehingga kebanyakan belanja. Karena ada ribuan pedagang maka akan banyak kesempatan buat dapat barang incaran dengan harga maupun mutu lebih oke.

  1. Datanglah di saat ramai terutama akhir pekan

Incarlah barang yang benar-benar menjadi ciri khas budaya Turki. Untuk harga terbaik biasanya akan terjadi pada saat akhir pekan. Itu bersamaan dengan banyaknya pelancong yang akan hadir. Para pedagang umumnya akan buka harga lebih tinggi saat kondisi sepi pengunjung. Oya, jangan naik darah kalau menemui penjual yang meninggikan suaranya kalau Traveler menawar terlalu rendah atau tidak jadi membeli.

Baca Juga  Mudah Kok! Ini Lho Tahapan Bikin Visa Jepang
  1. Tawar setengah harga

Mencari toko yang jauh dari  lorong utama akan berujung pada murahnya harga buka, paling tidak Traveler makin mudah menawar barang incara. Tentu saja juga pwrlu membandingkan harga antar toko. Jika sudah ketemu barang yang dicari tawarlah harga dari harga buka si penjual minimal separuhnya. Sering kali pedagang akan memberikan ‘harga turis.’ Hal itu terjadi di gerai besar maupun kecil, bahkan ketika ada barang yang disebut g=harganya pas bukan lalu enggak bisa ditawar juga.

  1. Semoga jadi pembeli pertama

tips belanja di istanbul turki

Pedagang Turki umumnya percaya soal pelaris, berharap saja itu terjadi pada Traveler. Pembeli pertama ketika toko baru dibuka akan membuat harga yang ditawarkan lebih murah dari biasanya. Mereka percaya pembeli pertama bakal bawa hoki sepanjang hari. Lagi pula pedagang di Turki rata-rata jujur sehingga enggak bakal menyodorkan barang palsu.

Inilah 6 Tips Belanja di Grand Bazaar Istanbul
5 (100%) 6 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.