Travelerstars– Jumlah kunjungan wisata dari Indonesia ke Korea Selatan (Korsel) terus bertambah. Dari data Kedubes Korea Selatan di Jakarta, tahun ini saja pihaknya telah mengeluarkan 44.286 visa sementara pada tahun 2017 berada di angka 138.473 visa.

Cara Membuat Visa Korea 2018

Kalau dilihat dari angkanya memang naik terus. Namun sebenarnya pengajuan visa ke Korsel termasuk tidak mudah. Itu karena setiap pemohon harus menyertakan rekening di bank selama tiga bulan, ditambah lagi harus dilengkapi SPT PPH 21. Belum lagi proses pengajuan visa terbilang lama.

Namun Travelers nasional kini bisa mendapatkan sejumlah kemudahan dalam pengajuan visa ke Korsel. Ya, sejak tanggal 18 April 2018 ada kebijakan untuk memudahkan sekaligus mempercepat pengajuan visa.

Pihak Kedubes Korsel kini memudahkan pengajuan multiple visa bagi WNI. Visa jenis ini bisa digunakan beberapa kali untuk masuk ke sebuah negara dalam rentang waktu yang sudah ditetapkan pihak Korsel.

Untuk WNI, dalam pengajuan multiple visa, berlaku selama lima tahun. Tiap kunjungan bisa dilakukan maksimal 30 hari. Jenis visa ini secara umum termasuk sulit diperoleh.

Proses pengajuan visa ini masih bisa dilakukan seperti biasa. Pemohon tinggal datang ke Kedubes Korsel di Jakarta dan mengisi berbagai formulir, melengkapi dokumen yang diperlukan, dan membayar biaya visa.

Pembayaran visa kini dilakukan bank Korsel, KEB Hana Bank, yang berada di gedung consular Korsel yang masih satu kompleks dengan Kedubes.

Baca Juga  Survey Berhadiah TIKET PESAWAT PROMO KE SINGAPURA (PP) SENILAI masing-masing Rp. 1.5jt.

Biaya Visa Korea

Nah, berapa biaya pengajuan multiple visa ke Korsel? Silakan siapkan dana 90 dolar AS atau sekitar Rp 1,2 juta per pemohon. Sedangkan untuk single visa biayanya 40 dolar AS atau setara Rp 550 ribu.

Khusus soal rekening bank yang harus dimiliki setiap pemohon, tidak ada angka minimalnya. Tetapi Travelers harus bisa memastikan bahwa besaran dana yang tersedia cukup untuk membiayai seluruh agenda perjalan selama di Korsel.

Persyaratan Visa Korea

Persyaratan yang harus dipenuhi dalam pengajuan multiple visa sebagai berikut;

1. Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia, pegawai perusahaan BUMN Indonesia dengan persyaratan dokumen surat keterangan kerja.

2. Pejabat perusahaan penerbangan tertentu yang melayani rute Korea Selatan dengan syarat menyertakan surat keterangan kerja.

3. Orang yang pernah mengunjungi Korea Selatan dibuktikan dengan kunjungan di paspor.

4. Pemegang visa negara OECD (Austria, Belgia, Denmark, Prancis, Jerman, Yunani, Islandia, Irlandia, Italia, Luxembourg, Belanda, Selandia Baru, Norwegia, Portugal, Spanyol, Swedia, Swiss, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Finlandia) yang masih berlaku dibuktikan dengan kunjungan di paspor.

5. Orang yang nilai laporan pembayaran pajaknya di atas US$8.000 dibuktikan SPT PPH 21 1721-A1/A2.

6. Pekerja profesional seperti dokter, pengacara, dosen. Dibuktikan dengan sertifikasi sesuai keahlian.

7. Orang yang lulus dari universitas di Korea Selatan dibuktikan dengan ijazah atau sertifikat kelulusan.

8. Pasangan sah, anak di bawah umur dan orangtua dari pemegang visa multiple.

Selain multiple visa, pihak Kebudes Korsel juga memudahkan pengurusan group visa. Opsi ini juga membuat biaya pengurusan visa jadi lebih murah. Traveler tinggal mengumpulkan pemohon untuk berkunjung ke Korsel minimal sebanyak lima orang dengan biaya 15 dolar AS atau sekitar Rp 210 ribu.

Baca Juga  Survey Berhadiah TIKET PESAWAT PROMO KE SINGAPURA (PP) SENILAI masing-masing Rp. 1.5jt.

Hal yang sedikit berbeda, pengajuan group visa harus dilakukan melalui 33 agen perjalanan yang bekerja sama dengan pihak Kedubes Korsel.

Untuk mendapatkan keterangan awalan soal dua jenis visa ini Travelers bisa mengunjungi situs resmi Kedubes Korsel;  http://overseas.mofa.go.kr/id-id/index.do.

 PENULIS : TRAVELERSTARS
Bikin Visa Ke Korsel Makin Mudah
5 (100%) 11 votes

Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.